Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Dikmen dan Diksus Tahun 2020

Daftar Isi [Tampil]
Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Dikmen dan Diksus Tahun 2020
Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020
Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 November 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Direktorat GTK Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Pendidikan Khusus (Diksus) melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya webinar series dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) dengan tema "Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar" serta pemberian apresiasi kepada Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif, dan Inspiratif di masa pademi Covid-19.

Direktur GTK Dikmen dan Diksus, Dr. H. Yaswardi, M.Si., menyampaikan bahwa webinar series HGN yang dilaksanakan merupakan wadah bagi Guru dan Kepala Sekolah untuk berbagi praktik baik selama masa pandemi covid-19 serta apresiasi diberikan untuk memotivasi Guru dan Kepala sekolah agar selalu berkarya dalam menghadapi masa pandemi. Yaswardi juga menambahkan bahwa tahun 2020 merupakan tantangan baru bagi dunia pendidikan Indonesia, oleh karenanya peringatan Hari Guru Nasional (HGN) merupakan momentum kolaborasi bagi semua ekosistem pendidikan Indonesia, Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua serta warga lingkungan tempat tinggal harus bersinergi untuk kemajuan pendidikan peserta didik - Putra Putri Indonesia. Apresiasi yang sangat besar kita berikan kepada Guru dan Kepala Sekolah berdedikasi yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu, serta tidak berhenti memberikan kemanfaatan, inovasi dalam kreatifitas dan produktif dalam berkarya, melakukan kebaruan dalam pembelajaran, dan juga menginspirasi rekan sesama Guru dan Kepala Sekolah dengan berbagi praktik baik.

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Tata Kelola Sumber Daya Manusia, Dr. Renny Yunus, MM, sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Hari Guru Nasional di Direktorat GTK Dikmen dan Diksus menjelaskan pemberian apresiasi kepada Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif, dan Inspiratif melalui serangkaian proses, dimulai dari penyusunan pedoman, sosialisasi progam apresiasi, seleksi berkas administrasi, seleksi naskah, seleksi presentasi, penetapan penerima apresiasi, dan pemberian apresiasi. Antusias Guru dan Kepala Sekolah sangat besar, sebanyak 781 Guru dan Kepala Sekolah dari 34 Provinsi mengikuti serangkaian proses seleksi hingga mendapatkan 70 terbaik yang terbagi 14 kategori apresiasi. 8 kategori diberikan kepada Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif dan Inovatif untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dan 6 kategori diberikan kepada Guru dan Kepala Sekolah Inspiratifuntuk tingkat SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus (SLB dan SPP). Renny menambahkan banyak dedikasi, inovasi, dan inspirasi yang dipersembahkan oleh Guru dan Kepala Sekolah selama pandemi Covid-19, mayoritas pembelajaran digital, menghasilkan aplikasi pembelajaran, hingga pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penyelenggaraan pembelajaran pada saat pandemi Covid-i9 banyak tantangan yang dihadapi, mulai dari sarana dan prasarana pendidikan, kemampuan guru menggunakan perangkat informasi teknologi hingga motivasi belajar siswa. Untuk itu, Kemdikbud memberikan apresiasi kepada Guru dan Kepala Sekolah berdedikasi, inovasi, dan inspirasi. Harapan besar dari Yaswardi - Direktur GTK Dikmen dan Diksus - melalui program apresiasi ini dapat menumbuhkan motivasi Guru dan Kepala Sekolah untuk terus berkarya dan menjadi inspirasi bagi Guru dan Kepala Sekolah lainnya untuk melakukan hal yang serupa dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Dan juga Yaswardi berpesan kepada Guru dan Kepala Sekolah penerima apresiasi, "sampaikan salam hormat kami kepada Gubemur, Walikota, Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Kabupaten Kota, serta keluarga, atas kerjasama baiknya dalam memajukan mutu pendidikan demi anak bangsa yang kita, sayangi". Pengumuman penerima apresiasi Guru dan Kepala Sekolah dedikatif, inovatil dan inspiratif akan dilaksanakan pada Senin (23/11/2021) malam.

Adapun mengenai 70 Finalis  Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif selengkapnya dapat dilihat >> DISINI.

sumber : http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/

Tags: GTKKemdikbud
This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below. Thank you for your visit.

Posting Komentar untuk "Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Dikmen dan Diksus Tahun 2020"