Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Nasional Tahun 2020

Kompetisi di bidang debat merupakan salah satu kegiatan ajang talenta yang menarik bagi para peserta didik SMA untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam berdebat. Kegiatan-kegiatan talenta seperti ini di PUSPRESNAS jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di berbagai bidang dan …

Juknis LDBI dan NSDC Nasional Tahun 2020

Kompetisi di bidang debat merupakan salah satu kegiatan ajang talenta yang menarik bagi para peserta didik SMA untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam berdebat. Kegiatan-kegiatan talenta seperti ini di PUSPRESNAS jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di berbagai bidang dan jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Untuk menjamin pengelolaan yang tertib dan terkontrol dengan baik, diperlukan panduan-panduan yang memuat norma, aturan main dan prosedur pelaksanaan kegiatan.

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentangtentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan kebijakan PSBB, penduduk dilarang untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, sehingga mempengaruhi penyelengaraan kompetisi LDBI dan NSDC. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Puspresnas untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan. Puspresnas tidak ingin menutup hasrat dan motivasi para peserta didik untuk berprestasi di bidang debat.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, buku Panduan Teknis Pelaksanaan kompetisi debat telah selesai disusun dan segera dapat disebarkan ke daerah. Sosialisasi melalui buku panduan juga menjadi bagian penting agar pemerintah daerah, terutama satuan pendidikan dan peserta didik, mendapatkan acuan yang jelas dan lengkap untuk dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya. PUSPRESNAS akan terus mengupayakan penyempurnaan atau pengembangan panduan panduan seperti ini, sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan tuntutan, serta dinamika orientasi pengembangan talenta di masa mendatang.

Pimpinan PUSPRESNAS mengucapkan terima kasih kepada tim penulis dan kontributor lainnya yang telah bekerja sungguh-sungguh menyusun dan menerbikan buku panduan ini. Selanjutnya, buku Panduan Teknis kompetisi debat diharapkan dapat segera disebarkan ke daerah sehingga mereka dapat segera mempersiapkan diri dan melakukan koordinasi seperlunya. Semoga kegiatan kompetisi debat dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal.

Download Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Nasional Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Petunjuk Pelaksanaan atau Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Nasional Tahun 2020 ini bisa anda download pada link dibawah ini.


Demikian mengenai Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Nasional Tahun 2020 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

sumber : https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.