Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan

Inilah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan Berdasarkan kajian terhadap berbagai referensi, diskusi dengan pakar dan analisis terhadap data hasil akreditasi selama tahun 2018, disimpulkan pola akreditasi harus bergeser dari compliance base…

Inilah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan
Inilah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan

Berdasarkan kajian terhadap berbagai referensi, diskusi dengan pakar dan analisis terhadap data hasil akreditasi selama tahun 2018, disimpulkan pola akreditasi harus bergeser dari compliance based ke performance based, dalam referensi lain disebut bergeser dari rules based ke principles based. 

Dengan pergeseran ini instrumen akreditasi akan mengalami perubahan fundamental, bukan sekedar menyempurnakan butir-butir dan tahu analisis, tetapi perubahan paradigma.

Alasan di atas menjadi argumen kuat BAN-S/M di tahun 2019 untuk memprioritaskan programnya dengan menyusun Perangkat Akreditasi yang baru, atau disebut Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. 

Penyusunan Instrumen Akreditasi baru ini menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi sekolah/madrasah yaitu dari compliance menunju performance. Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik. 

Akreditasi pada akhirnya tidak bergantung pada pemenuhan aspek yang bersifat administratif, tetapi akan difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantive.

Beberapa langkah sudah dilakukan BAN-S/M antara lain menyusun naskah akademik sebagai acuan akademik penyusunan instrumen dan beberapa kali mengundang para pakar dan ahli pendidikan. 

BAN-S/M telah melakukan beberapa pertemuan dengan tim ad hoc untuk menyusun draf instrumen akreditasi sekolah madrasah (IASP) 2020.

Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan


Selengkapnya mengenai Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan ini bisa anda unduh atau download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi mengenai Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 Uji Coba Butir Kekhususan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.