Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Online Level 6 untuk Kelas 11 dan 12 SMA

Contoh Soal AKM Online Level 6 untuk Kelas 11 dan 12 SMA Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis dan mempublikasikan contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum versi daring seba…

Contoh Soal AKM Online Level 6 untuk Kelas 11 dan 12 SMA
Contoh Soal AKM Online Level 6 untuk Kelas 11 dan 12 SMA

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis dan mempublikasikan contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum versi daring sebagai gambaran dan persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional yang rencananya akan mulai dilaksanakan tahun 2021.

Kumpulan soal AKM daring semua level pembelajaran dan jenjang dapat sahabat edukasi akses melalui laman resmi Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang beralamat di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.

Soal-soal yang terdapat pada level 6 untuk kelas 11 dan 12  ini  terdiri dari materi pembelajaran Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi.


Berikut ini akan kami bagikan contoh soal AKM level 4 kelas 8 SMP dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tujuan agar informasi tentang latihan soal AKM daring ini dapat tersebar ke berbagai penjuru Indonesia. Dengan demikian diharapkan rekan-rekan guru, sahabat edukasi, dan siswa/siswi dapat mengaksesnya dengan baik dan mudah.

Berikut ini contoh latihan soal AKM daring level 6 kelas 11dan 12 SMA.

SOAL LITERASI FIKSI


A. Menemukan Informasi


1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

B. Memahami


1. Memahami teks secara literal

Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (5 Soal)
Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

C. Mengevaluasi dan merefleksi


1. Menilai format penyajian dalam teks

Mengevaluasi penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam teks sastra sesuai jenjangnya,
Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Menilai dan mengkritisi elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta otentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya.

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 Soal)

SOAL LITERASI INFORMASI


A. Menemukan Informasi


1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal)

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

B. Memahami


1. Memahami teks secara literal

Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

C. Mengevaluasi dan merefleksi


1. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak


Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (3 Soal)
Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

2. Menilai format penyajian dalam teks

Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)
Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal)
Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

3. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya.

Demikianlah informasi tentang contoh soal AKM Online Level 6 Kelas 11 dan 12 SMA yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

sumber: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.