Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP secara Daring Tahun 2020

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang tehnologi lainnya. Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasa…

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP secara Daring Tahun 2020

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang tehnologi lainnya. Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengede-pankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendi- dikan ke depan.

Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal melalui Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi IPA, Matematika dan IPS yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau KSN SMP sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

Tujuan


Tujuan umum Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD) Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Sedangkan tujuan khusus KSN SMP Tahun 2020 adalah sebagai berikut.
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IPS, sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.
  2. Memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
  3. Peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan atau yang sederajat.
  5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan dan menanamkan nilai nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sasaran


Peserta didik Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2019/2020 atau posisi kelas 8 dan 9 pada tahun ajaran 2020/2021 saat mengikuti babak penyisihan KSN di Kabupaten/Kota dan Nasional tahun 2020.

Ruang Lingkup


Ruang Lingkup Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 ini meliputi:
  1. Bidang yang dilombakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 adalah IPA, IPS, dan Matematika.
  2. Jangkauan wilayah sasaran: seluruh kabupaten/kota dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia.
  3. Keterlibatan penyelenggara: Puspresnas, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah.
  4. Lingkup proses:
    • Penyiapan panduan umum dan panduan teknis pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP dalam masa Pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan Covid-19.
    • Pelaksanaan kompetisi oleh peserta dari rumah dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online).
    • Pengawasan lomba oleh orang tua, sekolah, panitia pusat, dan bantuan teknologi.
    • Penilaian dilakukan oleh tim juri dari PuspresnasPusat Prestasi Nasional..
    • Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari Pusat Prestasi Nasional.

Download Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP secara Daring Tahun 2020


Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN SMP ) secara Daring Tahun 2020 ini selengkapnya dapat di unduh >>> DISINI

Demikian informasi mengenai Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN SMP ) secara Daring Tahun 2020 yang dapat Guru Madrasah sampaikan, Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.