Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Jadwal dan Juknis Kompetisi Sains Nasional (KSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020

Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan IPA merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan menci…

Inilah Jadwal dan Juknis Kompetisi Sains Nasional (KSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020
Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan IPA merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan pengua-saan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

Menindaklanjuti hal di atas Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan upaya peningka-tan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar atau KSN SD sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan men -cipta teknologi di masa depan.

Pelaksanaan Seleksi KSN mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional tahun 2020 merupakan tantangan bagi kita semua. Mengingat wabah pandemic covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Hal itu mengakibatkan tidak dapat dilaksanakannya KSN secara tatap muka.

Walaupun KSN SD tahun 2020 akan dilaksanakan secara daring, diharapkan dalam pelaksaanaannya tidak akan terjadi kendala dan hambatan yang berarti. Sehingga pelaksanaan KSN-SD tahun 2020 secara daring diharapkan berjalan lancar dan sukses. Semoga Jadwal dan Juknis atau Penduan Teknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional ini menjadi pedoman bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dalam mengikuti pelaksanaan kompetisi.

Jadwal Pelaksanaan KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Berdasarkan Penduan Teknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, untuk jadwal pelaksanaan tingkat kabupaten/kota diserahkan kepada kabupaten/kota masing-masing. Sedangkan untuk Kegiatan Seleksi Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) Tingkat Provinsi dilaksanakan di 34 provinsi pada tanggal 28 September 2020 secara daring, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

Jadwal Pelaksaan KSN Daring jenjang SD tingkat provini adalah tanggal 28 September 2020.
  • Wilayah Indonesia Barat mulai pukul 09.00 WIB,
  • Wilayah Indonesia Tengah mulai pukul 10.00 W IT A,
  • Wilayah Indonesia Tengah mulai pukul 11.00 WIT
Tempat pelaksanaan di rumah peserta masing-masing.

Sedangkan Jadwal Kegiatan Seleksi Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) Tingkat Nasional dilaksanakan di 34 provinsi pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2020 secara daring, dengan rincian kegiatan sebagai berikut
  • Wilayah Indonesia Barat mulai pukul 09.00 WIB,
  • Wilayah Indonesia Tengah mulai pukul 10.00 W IT A,
  • Wilayah Indonesia Tengah mulai pukul 11.00 WIT

Tempat pelaksanaan di rumah peserta masing-masing.

Download Jadwal dan Juknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional


Selengkapnya silahkan download Jadwal dan Juknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dapat anda donwload >>> DISINI

Demikian informasi tentang Jadwal dan Panduan Teknis atau Juknis KSN (OSN) Daring Jenjang SD Tahun 2020 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.