Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Instrumen Supervisi Pengawas Raudlathul Athfal (Monev RA)

Fungsi utama supervisi merupakan pendidikan yang ditujukan pada perbaikan atau peningkatan kualitas pengajaran. Untuk yang mengidentifikasikan kebutuhan guru, kemudian untuk dapat meningkatkan kemampuannya atau juga selanjutnya membimbing guru supaya ia benar-benar akan be…

Instrumen Supervisi Pengawas Raudlathul Athfal (Monev RA)
Fungsi utama supervisi merupakan pendidikan yang ditujukan pada perbaikan atau peningkatan kualitas pengajaran. Untuk yang mengidentifikasikan kebutuhan guru, kemudian untuk dapat meningkatkan kemampuannya atau juga selanjutnya membimbing guru supaya ia benar-benar akan berusaha menerapkan keahliannya untuk meningkatkan suasana belajar-mengajar dengan murid-muridnya,yang diperlukan adalah kegiatan-kegiatan tertentu, cara-cara tertentu yang khusus atau terarah, agar masing-masing tujuan akan tercapai yang sebaik-baiknya.Berikut ini fungsi-fungsi supervisi sebagai berikut yakni:
  • Mengatur semua usaha sekolah
  • Memperlengkap kepemimpinan sekolah
  • Memperluas pengalaman guru-guru
  • Menstimulasi usaha-usaha sekolah yang kreatif
  • Memberikan fasilitas dan penilaian terus-menerus
  • Menganalisis situasi belajar-mengajar
  • Memadukan dan menyelaraskan tujuan-tujuan pendidikan

Tujuan Supervisi

tujuannya merupakan pertumbuhan situasi belajar maupun mengajar yang lebih baik lagi. Jadi pengawasan yang akan bertujuan untuk mengadakan evaluasi, yakni untuk pengukuran kemajuan sekolah.

Perbaikan atau perkembangan proses belajar mengajar secara total, ini akan berarti tujuan supervisi tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga akan membina perkembangan profesi guru dalam arti yang luas, termasuk yang di dalamnya pengadaan fasilitas-fasilitas, pelayanan kepemimpinan atau pembinaan human relation yang sangat baik kepada semua pihak yang juga terkait.

Supervisi Pengawas RA (Raudlatul Athfal) kepada Kepala RA dan Guru RA merupakan kegiatan evaluasi dan monitoring yang bertujuan sebagai perbaikan. Dalam konteks pendidikan perbaikan tersebut dapat berupa perbaikan akademik dan non akademik.

Lembar Instrumen Supervisi Kepala RA (Raudlatul Athfal) dan Guru Kelas RA yang dilaksanakan oleh Pengawas RA mengacu pada standar nasional Pendidikan (SNP) yang telah ditetapkan.

Supervisi merupakan kegiatan evaluasi dan monitoring yang direncanakan secara baik untuk tujuan perbaikan oleh pengawas (supervisor) kepada Kepala Madrasah dan Guru RA dalam segala aspek pendidikan.

Supervisi membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya melalui proses pembelajaran dan tercapai tujuan pembelajaran. Supervisi dilakukan pada pekerjaan yang sudah dilaksanakan.

Dalam hal ini meliputi proses menilai dan bila perlu mengoreksi agar pelaksanaan pekerjaan tersebut dengan rencana semula.

Supervisi kepala RA dan Guru RA merupakan kegiatan pemberian pengarahan dan bantuan, dengan cara membimbing secara langsung untuk meningkatkan kemampuan dan mengurangi kelemahan guru RA dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan.

Instrumen Supervisi Pengawas RA (Monev RA) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang tercakup kedalam beberapa lembar supervisi, antara adalah sebagai berikut:

  • Standar Isi Dan Standar Kompetensi Kelulusan
  • Standar Proses
  • Standar Penilaian
  • Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran
  • Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran
  • Supervisi Pembinaan Kepala Raudlatul Athfal

Download Instrumen Supervisi Pengawas RA (Monev RA)


Selengkapnya contoh Instrumen Supervisi Pengawas RA (Monev RA) kepada Kepala RA dan Guru RA bisa anda unduh melalui tautan berikut ini:

Unduh File :

Demikianlah informasi tentang Instrumen Supervisi Pengawas Raudlathul Athfal (Monev RA), semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.