SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021 - Guru Madrasah

Monday, May 11, 2020

SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021

SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021



Daftar Isi [Tampilkan]
SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu dalam kegiatan belajar mengajar selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran baru, waktu pembelajaran efektif, minggu efektif belajar, dan juga hari libur.

Permulaan tahun ajaran baru adalah waktu dimulainya kegiatan belajar di awal semester, sedangkan minggu efektif belajar merupakan jumlah minggu kegiatan belajar di setiap tahun pelajaran baru. Sementara waktu pembelajaran efektif sendiri adalah jumlah jam belajar di sekolah yang mencakup seluruh mata pelajaran atau perkuliahan.

Waktu libur merupakan waktu bebas dari kegiatan pembelajaran. Waktu libur biasanya bervariasi, dapat berupa jeda di tengah semester, jeda per semester, libur ketika akhir tahun pelajaran, hari libur khusus keagamaan, hari libur nasional, dan hari libur khusus.

Singkatnya, kalender pendidikan 2020 adalah kalender yang berisikan jadwal lengkap proses pembelajaran dari dimulainya tahun ajaran baru 2020 hingga tahun ajaran berikutnya, yakni 2021.

Kelender Pendidikan untuk RA dan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Kaldik atau Kalender Pendidikan RA/Madrasah yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 ini nantinya menjadi pedoman bagi Kanwil Kemenag, Kantor Kemenag Kab/Kota, hingga RA dan Madrasah dalam menyusun kalender pendidikan sesuai dengan daerah masing-masing.

Setelah diterbitkannya SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, biasanya masing-masing Kantor Wilayah Kemenag di setiap provinsi akan mengeluarkan pedoman penyusunan Kalender Pendidikan di wilayah masing-masing. SK Dirjen Pendis tentang Kaldik dan Pedoman Penyusunan Kaldik dari Kanwil inilah yang kemudian menjadi dasar bagi setiap Raudlatul Athfal (RA) dan madrasah untuk menyusun kalender pendidikan di lembaga masing-masing.

Download Kaldik Madrasah Tahun Pelajaran 2020-2021


Selegkapnya mengenai SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021 ini bisa anda unduh >>>> DISINI

Demikian mengenai SK Dirjen Pendidikan Islam tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021. Semoga bermanfaat..
Baca Juga :



Copyright © 2020. Guru Madrasah - Portal Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan