Inilah Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Kemdikbud di TVRI - Guru Madrasah

Friday, May 1, 2020

Inilah Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Kemdikbud di TVRI

Inilah Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Kemdikbud di TVRI



Daftar Isi [Tampilkan]
Inilah Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Kemdikbud di TVRI

Pengantar

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Agar tayangan dalam program BDR dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan yang menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan, terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Tujuan

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

PANDUAN UNTUK ORANG TUA DAN SISWA


Panduan untuk PAUD dan Sederajat

Panduan ini untuk dipraktikkan orang tua saat mendampingi anak melihat tayangan Jalan Sesama dan/atau sesudahnya.

Kurang lebih 10 menit sebelum program Jalan Sesama ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang tayangan Jalan Sesama, tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan. orang tua juga perlu menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika mendampingi anak melihat tayangan Jalan Sesama yang tujuannya untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dengan anak melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan karakter positif, dan dapat juga menguatkan konsep pengetahuan yang disampaikan pada tayangan Jalan Sesama.

Kegiatan bersama anak ini tidak harus langsung dikerjakan serentak dan dalam waktu singkat, tetapi bisa dikerjakan secara fleksibel. Alternatif kegiatan yang dapat lakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut:

Gerak dan Lagu


Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama. Gerak dan lagu dilakukan secara santai dan menyenangkan, tidak harus sama persis, yang penting anak senang dan berlatih motorik kasar.

Berdialog dengan Anak


Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama, misal (saat melihat tayangan tentang sayuran sehat): “Wah, ternyata wortel itu enak dan sehat, ya. Bagaimana menurut kamu?” Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan. Misal: “ Nah, sekarang Mama yang jadi dokter seperti dokter Susan. Coba beritahu, terlihat atau tidak huruf dan angka yang mama tunjuk, dan sebutkan namanya ya!” (sambil menunjukan kalender dalam jarak yang agak jauh).

Setelah selesai melihat tayangan Jalan Sesama, orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut:

Membacakan Buku Cerita ke Anak


Kegiatan membacakan buku cerita dapat menggunakan buku cerita anak apa saja yang menarik dan mengandung pesan moral positif.
Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.

Anak Menggambar


Orang tua menyediakan kertas kosong atau dapat menggunakan bagian belakang kalender bekas dan pensil atau krayon, kemudian mengajak anak untuk menggambar bebas yang dia suka.

Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.

Membuat Kolase


Alternatif kegiatan lain ialah membuat kolase atau mozaik menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah. Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.

Berkebun


Kegiatan lain yang dapat dikerjakan bersama anak adalah berkebun, misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll.

Sesuaikan waktu kegiatan dengan kondisi dan usia anak. Dalam melakukan aktivitas bersama anak yang diutamakan adalah proses pengerjaan kegiatan dimana anak merasa senang, tidak terbebani, terjalin kelekatan dan komunikasi yang baik dengan anak, dan ada nilai-nilai moral yang terbangun.

Download Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah (KEMDIKBUD)

Selengkapnya mengenai Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah (KEMDIKBUD) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah -  Kemdikbud.pdf

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah (KEMDIKBUD). Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/
Baca Juga :



Copyright © 2020. Guru Madrasah - Portal Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan