Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar

Penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik merupakan upaya untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penulisan model penilaian formatif ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang efektif agar pencapaian belajar peserta didik optimal. Sej…

Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar
Penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik merupakan upaya untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penulisan model penilaian formatif ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang efektif agar pencapaian belajar peserta didik optimal. Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke 21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik pada setiap tahapan belajar. Pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan yang dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan penguasaan kompetensi oleh peserta didik, selain motivasi dan gaya belajar peserta didik serta aspek-aspek lain yang berpengaruh dalam proses pembelajaran. Penilaian formatif memungkinkan pendidik memperoleh informasi mengenai perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik pada setiap tahap pembelajaran yang berguna untuk mengambil tindakan-tindakan, memastikan bahwa setiap peserta didik mencapai penguasaan yang optimum.

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke 21 ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para pendidik SD dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya. Diharapkan pendidik dapat mempelajari dan melaksanakan penilaian formatif sehingga penguasaan kompetensi peserta didik tercapai.

Dalam Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk SD ini diuraikan pengertian, prinsip-prinsip, dan sejumlah metode pembelajaran abad ke-21 yang mencakup pembelajaran dengan metode ilmiah, project-based learning, peoblem-based learning, dan inquiry/discovery learning. Dalam buku ini juga diuraikan pengertian dan prinsip-prinsip penilaian formatif serta sejumlah teknik penilaian formatif. Beberapa teknik penilaian formatif disertai contoh operasional pemakaiannya di dalam kelas. Buku ini juga menguraikan proses penilaian formatif yang meliputi tahap-tahap penilaan formatif (elisitasi data/informasi, interpretasi data/informasi, dan pengambilan tindakan), perencanaan penilaian formatif, dan pemilihan teknik penilaian formatif. Buku ini diakhiri dengan penjelasan singkat mengenai umpan balik dalam penilaian formatif.

Teknik-teknik penilaian formatif yang dapat diterapkan tidak hanya terbatas pada contoh-contoh yang disajikan dalam buku ini, tetapi ada banyak teknik lainnya yang dapat digunakan. Pendidik dapat pula menciptakan teknik-teknik baru untuk menerapkan penilaian formatif di dalam kelas.

Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar ini terdiri dari 6 bab, yaitu:

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
B. Cakupan dan Sistematika Buku

BAB II PEMBELAJARAN ABAD KE 21

A. Pengertian
B. Prinsip-prinsip
C. Metode Pembelajaran Abad ke-21

BAB III PENILAIAN FORMATIF

A. Pengertian Penilaian Formatif
B. Prinsip-prinsip Penilaian Formatif
C. Kaitan antara Penilaian Formatif dan Pembelajaran
D. Teknik Penilaian Formatif

BAB IV PELAKSANAAN PENILAIAN FORMATIF

A. Proses Pelaksanaan Penilaian Formatif
B. Umpan Balik
C. Merencanakan Penilaian Formatif

BAB V PEMBERIAN UMPAN BALIK DALAM PENILAIAN FORMATIF

A. Pengertian Umpan Balik
B. Strategi Pemberian Umpan Balik

BAB VI PENUTUP

Download Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar


Selengkapnya mengenai Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar ini silahkan bisa anda unduh pada link di bawah ini:

Simpan File:
Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat dan terimaksih atas kunjungannya di blog Guru Madrasah.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.