Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pemb…

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020
Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia dalam bidang sains.

KSN SMP merupakan ajang silaturahmi para pencinta Sains tingkat SMP sekaligus wahana kompetisi bagi siswa/i SMP/MTS negeri/swasta dan yang sederajat di seluruh Indonesia di bidang studi : Matematika, IPA, dan IPS. KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi. Peserta KSN SMP Tingkat Nasional adalah siswa/i yang telah berhasil lulus seleksi untuk setiap tingkatannya.

Hadirnya KSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan suasana kompetitif, sportif, produktif dan jujur antar siswa SMP sejak dini.

Sejak KSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional.

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan buku silabus ini dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat SMP tahun 2020.

Tujuan KSN SMP 2020


  1. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, intergritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong.
  2. Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang sains.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  4. Memotivasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sains.
  5. Menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportivitas yang sehat sejak dini.
  6. Menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang sains.

Tema KSN SMP 2020


“Mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif siswa melalui Sains”

Persyaratan Peserta KSN SMP 2020

  1. Berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya.
  3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat.
  4. Kelas 7 atau 8 pada Tahun Ajaran 2019/2020, saat mengikuti seleksi KSN di tingkat Kab./Kota dan Provinsi.
  5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  6. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  7. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  9. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
  10. Setiap peserta hanya berhak mengikuti 1 (satu) bidang lomba.

Download Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 ini bisa anda unduh melalui link dibawah ini.

Unduh File:
Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020

Demikian informasi mengenai Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 yang dapat kami sampakan. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.