Draf Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK Tahun 2020 - Guru Madrasah

Saturday, February 1, 2020

Draf Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK Tahun 2020

Draf Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK Tahun 2020



Daftar Isi [Tampilkan]
Draf Instrumen Akrteditasi Satuan Pendidikan
Akreditasi adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Tahapan proses visitasi:

  1. Temu awal
  2. Observasi
  3. Dokumen/Wawancara/FGD
  4. Kompromi
  5. Temu Akhir

Sasaran Wawancara:

  1. Kepala Sekolah
  2. Guru
  3. Karyawan
  4. Siswa
  5. Ortu/Komite Sekolah
  6. Stake holder

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020

ASUMSI UTAMA PARADIGMA IASP 2020:

  1. Pergeseran dari compliance ke performance; dari rules ke principles dengan tetap mempertimbangkan standar nasional pendidikan.
  2. Penekanan diberikan kepada kompetensi lulusan dan proses pendidikan, mutu guru, dan manajemen sekolah.
  3. Kompetensi lulusan merupakan hasil dari proses pembelajaran, mutu guru, yang didukung oleh manajemen sekolah yang efektif dan efisien.

CONTOH BUTIR IASP 2020:

Komponen:
Manajemen sekolah /madrasah

Sub-Komponen:
Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Indikator:
Menerapkan pengelolaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien

Pernyataan:
Sekolah / madrasah menerapkan sistem pengelolaan sumber daya manusia guru dan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien melalui kegiatan seleksi, penugasan, pengembangan SDM, penilaian kinerja, kompensasi, dan penghargaan/hukuman.

Kriteria dan Rubrik:

Level 4:
Sekolah menerapkan sistem pengelolaan sumber daya manusia yang komprehensif, efektif dan efisien melalui kegiatan seleksi, penugasan, pengembangan SDM, penilaian kinerja, dan kompensasi yang dilaksanakan secara konsisten dan akuntabel. Tingkat kepuasan SDM sekolah tinggi.
Level 3:
Sekolah menerapkan sistem pengelolaan sumber daya manusia yang komprehensif, efektif dan efisien melalui kegiatan seleksi, penugasan, pengembangan SDM, penilaian kinerja, dan kompensasi yang dilaksanakan secara konsisten

Level 2:
Sekolah menerapkan secara parsial sistem pengelolaan sumber daya manusia melalui kegiatan seleksi, penugasan, pengembangan SDM, penilaian kinerja, dan kompensasi

Level 1:
Pengelolaan SDM di sekolah masih fokus pada pemenuhan ketersediaan tenaga guru dan tenaga kependidikan

PROSES PENGEMBANGAN IASP-2020:

  1. Penyusunan naskah akademik IASP-2020
  2. Penyusunan kerangka kerja (framework) IASP-2020
  3. Penyusunan draf IASP-2020 oleh Tim Ad Hoc dari berbagai latar belakang keahlian
  4. Reviu instrumen oleh kepala sekolah, pengawas, dan konsultan
  5. Uji publik terbatas sasaran/pengguna perangkat IASP-2020
  6. Ujicoba instrumen dan uji publik IASP-2020
  7. Penetapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Sosialisasi IASP-2020

Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen:

Definisi

  1. Visi adalah pernyataan kehendak yang ideal tentang sekolah yang ingin dicapai di masa depan. Visi hendaknya menantang namun memungkinkan untuk dicapai.
  2. Indikator adalah ciri yang dapat diamati yang menunjukkan tercapainya visi tersebut.
  3. Misi adalah bidang penugasan yang dilakukan oleh sekolah untuk mencapai visi.
  4. Tujuan adalah apa yang ingin dicapai untuk mewujudkan visi. Tujuan dinyatakan dalam bentuk yang mudah diukur pencapaiannya.
  5. Penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah adalah proses merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah dengan melibatkan pemangku kepentingan sekolah khususnya guru dan tenaga kependidikan, siswa, pengurus komite sekolah/orang tua siswa.
  6. Sosialisasi adalah kegiatan menyebarluaskan informasi tentang visi, misi, dan tujuan sekolah kepada pemangku kepentingan sekolah khususnya guru dan tenaga kependidikan, siswa, pengurus komite sekolah/orang tua siswa.
  7. Evaluasi pencapaian adalah penilaian terhadap pencapaian visi, misi, dan tujuan atau perencanaan sekolah yang dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif yang didokumentasikan dalam bentuk laporan tertulis.

Pembuktian Kinerja:

  1. Menelaah dokumen perencanaan sekolah, proses penyusunannya, media sosialisasi, dan evaluasi pencapaian visi, misi, tujuan atau perencanaan.
  2. Melakukan wawancara terhadap kepala/wakil kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa tentang proses penyusunan dan implementasi visi, misi, tujuan sekolah/madrasah.

Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen:

Definisi :

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik adalah: pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran tertentu untuk meningkatkan kinerja peserta didik.
  • Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih tema dan mengembangkan sub tema.
  • Langkah kedua melakukan analisis SKL, KI, KD dan membuat Indikator menghasilkan produk berupa tabel analisis SKL, KI, KD dan membuat Indikator.
  • Langkah ketiga membuat hubungan pemetaan antara KD dan indikator menghasilkan yang dapat berupa tabel keterhubungan KD dan indikator.
  • Langkah keempat membuat jaringan KD. Pada tahap keempat ini selain mengembangkan jaringan KD juga mengembangkan jaringan indikator yang akhirnya menghasilkan produk jaringan KD dan Indikator.
  • Langkah kelima yaitu menyusun silabus yang menghasilkan silabus, dan langkah terakhir menyusun RPP yang menghasilkan RPP. Pada langkah penyusunan RPP terdapat tahap untuk mengembangkan materi, memilih strategi pembelajaran yang relevan, penggunaan media yang tepat, penggunaan penilaian autentik dan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar.

Pembuktian Kinerja:

  • Menelaah dokumen RPP (untuk beberapa orang guru)
  • Melakukan wawancara terhadap kepala/wakil kepala sekolah/madrasah, dan beberapa orang Guru

Petunjuk Telaah Dokumen

Lakukan telaah dokumen RPP (untuk beberapa orang guru) dan deskripsikan hasil telaah yang mencakup: kelengkapan komponen RPP, ketepatan indikator, ketepatan pemilihan strategi/metode pembelajaran untuk proses pembelajaran.

Download Draf Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD-MI SMP-MTs SMA-MA dan SMK Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Draf Instrumen Akreditasi IASP SD-MI SMP-MTs SMA-MA dan SMK Tahun 2020 ini silahkan bisa Anda unduh pada link di bawah ini:

Download File:
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Draf Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :