Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2019-2020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional pasal 2 ayat 1 menyebutkan bahwa Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan merupakan penilaian has…

Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2019-2020
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional pasal 2 ayat 1 menyebutkan bahwa Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan merupakan penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Pasal 3 menyebutkan bahwa ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang. Hal tersebut menegaskan bahwa satuan pendidikan diberi kewenangan untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) perlu diadakan ujian akhir jenjang pendidikan yang disebut Ujian Madrasah (UM). Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan UM, maka disusun Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah (POS UM) sebagai panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam POS Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 dijelasakan bahwa dalam pelaksanaannya, Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan metode untuk melaksanakan Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020. Metode tersebut antara lain adalah:
  1. Portofolio
  2. Penugasan
  3. Praktek
  4. Tes Tulis
  5. Dan/atau bentuk lain yang ditetapkan berdasar SNP.
Sedangkan untuk Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020, ketentuannya adalah sebagai berikut:
  1. Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 disusun oleh Satuan pendidikan.
  2. Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 disusun berdasarkan standar pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
  3. Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 disusun oleh Guru Satuan Pendidikan.

Untuk Mata pelajaran yang diujikan pada penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 pada tingkat Madrasah Ibtidaiyan (MI) adalah seluruh mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Sedangkan untuk MTs MA dan MAK adalah seluruh mata pelajaran yang diujikan pada UAMBN tidak lagi diujikan secara tertulis pada Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020.

Persyaratan Peserta Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020


Peserta Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 harus memenuhi kriteria-kriteria berikut ini:

1. Persyaratan Peserta Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Terdaftar pada tahun terakhir pada MI.
  • Memiliki laporan lengkap Penilaian Hasil Belajar (Raport) mulai kelas IV semester 1 s/d kelas VI semester 1.
2. Persyaratan Peserta MTs MA dan MAK
  • Terdaftar pada tahun terakhir pada MTs MA dan MAK.
  • Memiliki laporan lengkap Penilaian Hasil Belajar (Raport) mulai Semester 1 tahun pertama s/d semester 1 tahun terakhir.
  • Memiliki laporan lengkap Penilaian Hasil Belajar (Raport) mulai Semester 1 tahun pertama s/d semester 5 untuk siswa MTs/MA penyelenggara sistem kredit semester (SKS)


Persyaratan Madrasah Penyelenggara Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020


Madrasah yang dapat menyelenggarakan Ujian Madrasah (UM) Tahun pelajaran 2019-2020 adalah sebagai berikut:
  • Terareditasi oleh BAN-SM.
  • Ujian Madrasah (UM) di Madrasah yang belum terakreditasi dilaksanakan oleh Madrasah yang sudah terakreditasi pada jenjang pendidikan yang sama.

Download POS Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020


Selengkapnya mengenai POS Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 ini bisa anda unduh atau download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Simpan File:
POS Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020

Demikianlah informasi tentang Download POS Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.