Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Petunjuk Teknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2020

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan acara lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib berguru yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangka…

Petunjuk Teknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2020
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan acara lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib berguru yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini sanggup menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan hibrida yang sanggup berkompetisi pada olimpiade internasional.

Kegiataan OSN dilaksanakan semenjak tahun 2003. Pada periode 2003 hingga dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga semenjak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2020 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang adalah bidang IPA.

Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan keberhasilan siswa meraih medali pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia.Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN semoga terealisasi secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai referensi bagi panitia pelaksana acara tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN sanggup terselenggara secara baik

Persyaratan Peserta OSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020


Kegiatan OSN SMP/ MTS tahun 2020 terbuka untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
  2. Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat , kelas VII atau kelas VIII pada ketika mengikuti lomba.
  3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses berguru mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  4. Memiliki nilai rapor semenjak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  5. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
  7. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomb

Tahap Pelaksanaan Lomba OSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2020


Lomba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu:
  1. Tahap I : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
  2. Tahap II : Lomba tingkat kabupaten/kota
  3. Tahap III : Lomba tingkat provinsi
  4. Tahap IV : Lomba tingkat nasional

Jadwal OSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2020
  1. Seleksi / Lomba tingkat sekolah Februari 2020 ditentukan Sekolah
  2. Lomba tingkat kabupaten/ kota Maret 2020 ditentukan oleh Dinas pendidikan
  3. Lomba tingkat provinsi Mei 2020 ditentukan oleh Dinas pendidikan provinsi dengan berkoordinasi dengan direktorat Pembinaan SMP
  4. Lomba tingkat nasional 02 – 08 Juli 2020 di Pekan Baru, Provinsi Riau

Link Download Panduan Pelaksanaan OSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 silakan bisa diunduh DISINI

Demikian mengani Petunjuk Teknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2020 yang dapat kami sampaikan. Terima kasih dan mudah-mudahan bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.