Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kumpulan Materi PKP bagi Guru SMP/MTs 2019/2020 Semua Mapel

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembela…

Kumpulan Materi PKP bagi Guru SMP/MTs 2019/2020 Semua Mapel
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berfikir tingkat tinggi adalah proses berfikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktifitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan KompetensiPembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini. 

Download Kumpulan Materi PKP bagi Guru SMP/MTs 2019/2020 untuk Semua Mapel


Berikut adalah kumpulan materi peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) berbasis zonasi tahun 2019/2020 untuk semua mata pelajaran bagi guru SMP/MTs. File dapat didownload secara gratis.

Untuk meningkatkan kualitas dan mutu guru, Kemendikbud menerbitkan Materi PKP berbasis zonasi untuk para guru SMP. Hal ini bertujuan agar para guru nanti dapat memahami apa yang diharapkan dari sistem pembelajaran dan zonasi yang diselenggarakan.

Berikut adalah kumpulan materi PKP bagi Guru SMP 2019/2020 untuk semua mata pelajaran:
  • Materi PKP Bahasa Indonesia SMP (Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur).pdf, Unduh
  • Materi PKP Bahasa Inggris SMP (Teks Khusus).pdf, Unduh
  • Materi PKP Bimbingan Konseling (BK) SMP (Kemampuan Belajar).pdf, Unduh
  • Materi PKP Informatika SMP (Berpikir Komputasional).pdf, Unduh
  • Materi PKP IPA SMP (Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup).pdf, Unduh
  • Materi PKP IPS SMP (Manusia, Tempat, dan Lingkungan).pdf, Unduh
  • Materi PKP Matematika SMP (Pembelajaran Bilangan Rasional).pdf, Unduh
  • Materi PKP PJOK SMP (Bola Voli).pdf, Unduh
  • DMateri PKP PPKn SMP (Pancasila).pdf, Unduh
  • Materi PKP Seni Budaya SMP (Pemeranan).pdf, Unduh

Demikian mengenai Kumpulan Materi PKP bagi Guru SMP/MTs 2019/2020 untuk Semua Mapel. Semoga bermanfaat untuk pengunjung Blog Guru Madrasah...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.