adsvertise

Saturday, December 21, 2019

Contoh RPP 1 Lembar K-13 SD Sesuai Arahan Mendikbud

Contoh RPP 1 Lembar K-13 SD Sesuai Arahan Mendikbud



Contoh RPP 1 Lembar K-13 SD Sesuai Arahan Mendikbud
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP 1 halaman / lembar yang santer menjadi diskusi hot praktisi pendidikan baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pengamat pendidikan maupun pembina pendidikan lainnya. RPP menjadi 1 lembar / halaman bukanlah perintah ataupun peraturan. Admin mendasarkan pendapat ini pada Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam edaran yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia ada 4 (empat) hal yaitu:
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran , langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajar an (KKG/ MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Jadi dari belasan Komponen RPP, kini mendikbud telah merubahnya menjadi 3 Komponen inti saja yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asesmen (Penilaian Pembelajaran.
Mendikbud mengatakan bahwa yang penting dalam RPP bukan hanya Penulisannya saja. Sebenarnya esensi RPP atau Lesson Plan adalah proses refleksi daripada guru itu.

Pada saat guru tersebut menulis RPP dan diajarkan di kelas dan dia kembali kepada rpp itu untuk melakukan refleksi apakah sudah tercapai atau belum. Nah dari situlah pembelajaran terjadi.

Contoh RPP K13 1 Lembar

Menurut mendikbud seluruh pengawas harus mengkoordinasikan perubahan rpp ini kepada sekolah agar dalam penyusunan RPP guru tidak merasa tebebani. Apalagi hanya untuk administrasi saja.
Mendikbud nantinya akan memberikan berbagai macam conton rpp yang singkat tapi berkualitas. Jadi rpp cukup satu halaman saja.

Dan berikut ini adalah contoh RPP SD yang telah diedit menjadi 1 lembar. format Ini hanya referensi saja, silahkan di sesuaikan dan dikembangkan sendiri oleh bapak dan ibu guru dan pada akhir postingan ini juga kami sertakan link download RPP berupa file doc yang dapat Bapak Ibu Guru edit sesuai kebutuhan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : .................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1 : Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN
1. Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3. Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Menyanyikan Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan memberikan stimulus, ide, dan gagasan kepada siswa melalui gambar yang berisi tentang kepedulian terhadap lingkungan. Kemudian, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
· Siswa mengamati berbagai gambar pada buku Siswa
· Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan pada buku
· Siswa mampu menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Berdiskusi
· Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.
· Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
  • Setelah siswa membaca teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia, guru dan siswa membahasnya sebentar
· Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.
· Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Renungkan
· Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)
· Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung dalam bentuk tulisan (Creativity and Innovation)
Kerja Sama dengan Orang Tua
· Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
· Siswa juga menanyakan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh keluarga untuk memaknai kemerdekaan yang diraih pahlawan.
Kegiatan Penutup
· Siswa diminta menyampaikan hasilnya kepada guru dan teman di sekolah. (Mandiri)
· Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan


Download RPP K-13 SD 1 lembar sesuai arahan Mendikbud

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin filenya dalam format word bisa mendownloadnya melalui tautan atau link dibawah.

Simpan File :
RPP Kurikulum 2013 SD format 1 halaman DOC


Demikianlah informasi tentang Format RPP 1 Halaman Kurikulum 2013 sesuai arahan Mendikbud yang dapa tkami sampaikan. Semoga bermanfaat...
Baca Juga :



Copyright © 2019. Guru Madrasah - Portal Informasi Guru Madrasah Indonesia