adsvertise

Thursday, December 5, 2019

Buku Panduan (Userguide) Verval Peserta Didik Terbaru Tahun 2019

Buku Panduan (Userguide) Verval Peserta Didik Terbaru Tahun 2019



Buku Panduan (Userguide) Verval Peserta Didik Terbaru Tahun 2019
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/)

Tujuan dari verifikasi dan validasi data peserta didik (e-VerValPD) adalah untuk memadankan antara data peserta didik yang ada di DAPODIKDASMEN dengan di arsip PDSP-K sehingga satu peserta didik hanya memiliki satu NISN. Data peserta didik dari DAPODIKDASMEN yang masuk ke PDSP-K akan dicek kesesuaiannya berdasarkan NISN, nama, dan tanggal lahir. Data peserta didik yang sudah sesuai akan masuk ke referensi sedangkan data peserta didik yang belum sesuai akan masuk ke residu.

Pada tahun 2019 ini fitur perbaikan NISN mengalami beberapa perubahan yang tentunya sedikit membingungkan operator sekolah atau madrasah. Untuk itu diperlukan panduan dalam pengerjaan Verval NISN ini, dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan userguide atau panduan verval peserta didik.


Selengkapnya mengenai Userguide Verval Peserta Didik ini bisa anda unduh melelui link yang kami sediakan dibawah ini.

Simpan File:
Userguide Verval Peserta Didik Tahun 2019

Demikian informasi mengenai Userguide Verval Peserta Didik Tahun 2019 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

Baca Juga :



Copyright © 2019. Guru Madrasah - Portal Informasi Guru Madrasah Indonesia