Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Beasiswa Japanese Studies 2020 untuk Mahasiswa S1 (FULL Scholarship)

Ada tawaran menarik bagi kamu mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang yang ingin merasakan kuliah di Jepang selama satu tahun. Program Beasiswa Japanese Studies 2020, kembali ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Tekno…

Beasiswa Japanese Studies 2020 untuk Mahasiswa S1 (FULL Scholarship)
Ada tawaran menarik bagi kamu mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang yang ingin merasakan kuliah di Jepang selama satu tahun. Program Beasiswa Japanese Studies 2020, kembali ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Program yang rutin ditawarkan setiap tahunnya ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh (full scholarships).

Beasiswa Japanese Studies untuk Mahasiswa S1 (FULL Scholarship)

Program Beasiswa Japanese Studies 2020 merupakan program non-gelar yang akan dilaksanakan selama satu tahun di universitas yang ada di Jepang. Para pelamar yang terpilih akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan September 2020 dan di akhir program pelamar akan mendapatkan sertifikat.

CAKUPAN PEMBIAYAAN:
  1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama di Jepang.
  2. Tunjangan hidup senilai ± 117.000 Yen (± Rp 14,9juta) per bulan.
  3. Tiket pesawat pulang pergi Indonesia ↔ Jepang.
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.
  6. Tanpa ikatan dinas.
PERSYARATAN:
  1. Merupakan mahasiswa aktif minimal semester 3 jenjang D4 / S1 jurusan Sastra / Pendidikan / Budaya / Bahasa Jepang.
  2. Menguasai bahasa Jepang.
  3. Berusia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2020 (lahir antara 2 April 1990 sampai 1 April 2002).
  4. Sehat jasmani dan rohani (memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang tidak mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang).
  5. Mendapatkan rekomendasi dari institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.
  6. Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun pada saat telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  7. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah program beasiswa selesai.
  8. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa ini (Lihat Persyaratan Kondisi).

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
  1. 1 (Satu) Lembar Surat Pengantar dari Ketua Jurusan berisi daftar mahasiswa yang direkomendasikan oleh Ketua Jurusan. Surat dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris.
  2. 4 (Empat) Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online yang berisi nomer ujian pelamar.
  3. 1 (Satu) Rangkap Dokumen Asli + 3 (Tiga) Rangkap Fotocopy Application Form 2020 yang HARUS diisi dalam bahasa Jepang. Application Form bisa diisi dengan diketik atau tulis tangan menggunakan tinta hitam. Sertakan juga pasfoto berwarna (4 lembar) dengan warna background bebas ukuran 3,5cm x 4,5cm (atau ukuran 3×4 cm). Pasfoto harus ditempel pada Formulir Pendaftaran. Foto formal, diambil dalam 6 bulan terakhir.
  4. 1 (Satu) Rangkap Dokumen Asli + 3 (Tiga) Rangkap Fotocopy Placement Preference Application Form 2020 yang diisi dalam bahasa Inggris atau Jepang. Formulir bisa diisi dengan diketik atau tulis tangan menggunakan tinta hitam. Pilih maksimal 3 universitas yang terdapat dalam Course Guide of Japanese Studies Program 2020.
  5. 1 (Satu) Rangkap Dokumen Asli + 3 (Tiga) Rangkap Fotocopy Transkrip Nilai dari semester satu sampai saat ini. Transkrip nilai diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau Inggris dan dilegalisasi/cap basah oleh pihak universitas.
  6. 1 (Satu) Lembar Dokumen Asli + 3 (Tiga) Lembar Fotocopy Surat Keterangan Mahasiswa yang menerangkan bahwa pelamar merupakan mahasiswa dari jurusan dan universitas tersebut. Surat harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir mahasiswa, dan dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris. Satu surat untuk satu mahasiswa.
  7. 1 (Satu) Lembar Dokumen Asli + 3 (Tiga) Lembar Fotocopy Surat Rekomendasi dari Ketua Jurusan atau Dosen Pembimbing yang ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris. Format bebas atau dapat menggunakan form yang telah tersedia.
  8. 4 (Empat) Lembar Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT (jika ada).

NOTE:
  1. Format dokumen nomer 3, 4, dan 7 dapat diunduh pada link berikut: DOWNLOAD.
  2. Seluruh dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4.
  3. Untuk dokumen pada poin 1 (Surat Pengantar dari Ketua Jurusan), satu institusi cukup melampirkan 1 lembar saja.
  4. Dokumen selain poin 1 dibuat sesuai dengan jumlah yang diminta. Disusun sesuai urutan di atas (poin 2 sampai 8).
  5. Dokumen selain dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang tidak akan diterima.
  6. Harap melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Beasiswa Japanese Studies 2020, pelamar dapat melakukan registrasi online pada link berikut: http://register.beasiswamext.or.id (Link pendaftaran online sedang dalam proses persiapan, silakan cek link tersebut secara berkala).

Setelah melakukan registrasi online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang diterima. Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas, dan ajukan kepada pihak jurusan atau institusi/perguruan tinggi asal. Karena pengiriman berkas harus dilakukan secara kolektif, bukan perorangan disertai dengan rekomendasi dari institusi/perguruan tinggi yang bersangkutan. Pihak institusi/perguruan tinggi dapat mengirimkan seluruh berkas dokumen pendaftaran kepada:

Kedutaan Besar Jepang
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350


Tulis kode “Japanese Studies 2020” pada bagian kanan atas amplop. Berkas pendaftaran sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 13 JANUARI 2020.


TIMELINE PENDAFTARAN & SELEKSI:
  1. Waktu Pendaftaran Beasiswa Jepang: 12 Desember 2019 s/d 13 Januari 2020
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 28 Januari 2020
  3. Ujian Tulis: 6 Februari 2020
  4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 17 Februari 2020
  5. Ujian Wawancara: 24 s/d 25 Februari 2020
  6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: 2 Maret 2020
  7. Pengumuman Final dari MEXT: Juli 2020
  8. Berangkat ke Jepang: September 2020
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengecek website resminya secara berkala.

Jika ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kontak berikut:
Kedutaan Besar Jepang
Nomer telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Sumber informasi resmi: www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

Demikian informasi mengenai Beasiswa Japanese Studies 2020 untuk Mahasiswa S1 (FULL Scholarship). Silakan bagikan informasi ini pada rekan yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

sumber : https://indbeasiswa.com/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.