Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini Tahun 2019

Advertisement

Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini Tahun 2019

Admin Guru Madrasah
Tuesday, August 27, 2019

Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini Tahun 2019
Lomba Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang diberikan kepada pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu guru Taman Kanak Kanak dan Pendidik KB/TPA/SPS atas dedikasi mereka di bidang PAUD. Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas pendidik PAUD dalam pembuatan cerita bergambar sebagai media pembelajaran bagi peserta didiknya.

Pemberian penghargaan atas prestasi yang diberikan kepada pendidik PAUD di Indonesia menjadi bagian penting dari upaya peningkatan mutu pendidik PAUD yang diharapkan dapat berimbas pada kualitas layanan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik.

Lomba Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini tidak dilaksanakan secara berjenjang. Peserta yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dapat langsung mengirim naskah kepada panitia. Penilaian naskah dilakukan melalui dua tahap:

Pertama, seleksi semua naskah menjadi dua puluh terbaik.

Kedua, 20 peserta terpilih akan diundang ke tingkat Nasional untuk membuat ulang karyanya di hadapan tim juri guna menjadi juara 1, 2 dan 3.

Kualitas dan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas (GTK PAUD dan Dikmas) harus selalu ditingkatkan, sehingga pembinaan bagi GTK PAUD dan Dikmas menjadi hal yang sangat penting. Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dit. PGTK PAUD dan Dikmas) menjalankan fungsi pelaksanaan pemberian penghargaan dan pelindungan GTK PAUD dan Dikmas. Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan adalah dengan menyelenggarakan lomba yang dapat meningkatkan kreativitas pendidik PAUD dalam pembuatan cerita bergambar bagi peserta didik.

Cerita bergambar (Cergam) adalah salah satu media untuk mengembangkan aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, dan kreativitas pada anak usia dini. Cerita yang disertai gambar/ ilustrasi akan menarik dan lebih mudah dipahami oleh anak sehingga pesan yang disampaikan akan mudah diterima.

Oleh karena itu, penting bagi pendidik PAUD untuk menggunakan cerita bergambar sebagai media belajar. Saat ini, cerita bergambar untuk anak usia dini tergolong produk yang cukup “mahal”. Salah satu alternatif solusi permasalahan ini adalah pendidik perlu memiliki keterampilan membuat buku cerita bergambar sendiri sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di lembaganya. Cerita bergambar tersebut diharapkan dapat lebih relevan karena pendidik tersebut lebih memahami karakter dan kondisi psikologis anak didiknya.

Cerita bergambar dapat menjadi media untuk menumbuhkan karakter positif pada anak usia dini, di antaranya relijius, jujur, disiplin, mandiri, bertanggungjawab, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Oleh karena itu, lomba cerita bergambar bagi anak usia dini penting untuk diselenggarakan

Download Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini


Selengkapnya mengenai Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini bisa anda download melalui link berikut ini.

Unduh File:
Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini

Demikian informasi tentang Juknis Lomba Cerita Bergambar (Cergam) Anak Usia Dini Tahun 2019 Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya