Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Modul Pendalaman Materi PPG Guru MI Kementerian Agama

Pada modul ini Anda akan mempelajari dan mengkaji teori dan konsep tentang pedagogik untuk pendidikan dasar secara umum. Materi pada modul ini merupakan pengembangan untuk menyiapkan guru Sekolah dasar dalam mempersiapkan diri sebagai guru professional. Materi yang harus and…

Modul Pendalaman Materi PPG Guru MI Kementerian Agama
Pada modul ini Anda akan mempelajari dan mengkaji teori dan konsep tentang pedagogik untuk pendidikan dasar secara umum.

Materi pada modul ini merupakan pengembangan untuk menyiapkan guru Sekolah dasar dalam mempersiapkan diri sebagai guru professional. Materi yang harus anda kuasai dalam modul 1 ini tebagi dalam empat kegiatan belajar, yaitu:
  1. Teori Belajar dan Pembelajaran
  2. Karakteristik Pembelajaran Tematik
  3. Model Pembelajaran Tematik
  4. Pengembangan Pembelajaran Tematik
Buku Modul ini disusun berdasarkan materi di atas. Materi dalam modul Pedagogik memiliki cakupan cukup luas yang meliputi kajian tentang teori hingga aplikasi dalam pembelajaran di kelas.

Melalui pembahasan secara integratif tematik maka diharapkan guru kelas SD dapat memamahi pedagogik seorang guru Sekolah Dasar secara utuh untuk dapat diajarkan kepada peserta didik.

Untuk menguasai kompetensi pedagogik, seorang guru diantaranya harus dapat menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Menurut Hudoyo (1988) belajar merupakan suatu usaha yang berupa kegiatan hingga terjadi perubahan tingkah laku yang relatif lama dan tetap.

Kegiatan yang dimaksud itu dapat diamati dengan adanya interaksi individu dengan lingkungannya. Di sekolah, perubahan tingkah laku itu ditandai oleh kemampuan siswa mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilannya.

Adapun teori merupakan prinsip umum yang didukung oleh data dengan maksud untuk menjelaskan sekumpulan fenomena.

Proses pembelajaran PPG 2018 pada modul Pendalaman Materi Pedagogik yang sedang Bapak/Ibu ikuti sekarang ini, dapat berjalan dengan lebih lancar bila Bapak/Ibu mengikuti langkah-langkah belajar sebagai berikut :
  1. Pahami dulu mengenai berbagai kegiatan penting dalam PPG 2018 mulai tahap awal sampai akhir.
  2. Lakukan kajian terhadap proses pembelajaran tematik untuk sekolah dasar yang telah ada dan yang telah dilakukan di tempat kerja Bapak/Ibu, sebagai contoh atau acuan.
  3. Pelajari terlebih dahulu Kegiatan Belajar 1 dan lakukan latihan menyusun modul dengan mengambil suatu contoh modul.
  4. Keberhasilan proses pembelajaran Bapak/Ibu dalam mata diklat ini sangat tergantung kepada kesungguhan Bapak/Ibu dalam mengerjakan latihan. Untuk itu, berlatihlah secara mandiri atau berkelompok dengan teman sejawat.
  5. Bila Bapak/Ibu menemui kesulitan, silakan hubungi instruktur pembimbing atau fasilitator yang mengajar.

Download Modul Pendalaman Materi PPG Guru MI Kementerian Agama

Untuk lebih jelasnya mengenai Modul Pendalaman Materi PPG Guru MI Kementerian Agama ini, silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

Unduh File :
MODUL PPG GURU MI KEMENAG

Demikianlah informasi mengenai Modul Pendalaman Materi PPG Guru MI Kementerian Agama yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.