Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Beasiswa Doktor Bulan Mei 2019

Kementerian Agama akan membuka kembali seleksi penerima Program Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri. Pendaftaran rencananya dibuka mulai awal Mei 2019. Hal ini disampaikan Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Imam Safei dalam Rapat Koordinator Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP…

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Beasiswa Doktor  Bulan Mei 2019
Kementerian Agama akan membuka kembali seleksi penerima Program Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri. Pendaftaran rencananya dibuka mulai awal Mei 2019.

Hal ini disampaikan Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Imam Safei dalam Rapat Koordinator Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Studi di Bogor. “Sesuai kesepakatan dengan PTP mitra, pendaftaran rencananya akan dibuka pada 5 sampai 31 Mei 2019," ungkapnya, Kamis (26/04).

Kementerian Agama telah menjalin kerjasama dengan 36 PTP, terdiri dari 17 PTKIN dan 19 PTU. PTP PTKIN antara lain: UIN Yogyakarta, UIN Sunan Ampel, UIN Bandung, dan UIN Semarang. Sedang PTP dari PTU antara lain: UGM, ITS, dan Universitas Padjadjaran.

Imam Safei mengatakan, acara koordinasi antara Kemenag dengan PTP Mitra sangat penting karena terkait kelancaran dan output dari program 5000 Doktor Dalam Negeri. "Rakor PTP Mitra ini harus dimaknai pengabdian, karena kita akan sibuk mengurusi banyak hal, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, ujian tulis dan wawancara, pencairan anggaran, mengontrol studi agar tepat waktu, dan sampai komplain peserta penerima beasiswa," tuturnya.

Plt. Kasubdit Ketenagaan, Mamat S Burhanuddin menilai, dari hasil evaluasi perlu motivasi khusus agar kuantitas lulusan lebih banyak. "Sampai saat ini jumlah lulusan angkatan 2015 dan 2016 baru 25 persen. PTP perlu membuat treatment agar peserta didik cepat lulus, misalnya diadakan kelas khusus untuk penulisan disertasi atau jurnal," imbuhnya.

Leading Sector Program Adib Abdushomad berpesan kepada para calon pendaftar agar mempersiapkan berkas secara cermat. "Berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak pendaftar yang salah input berkas, untuk itu agar dipersiapkan lebih baik sesuai dengan juknis," pungkasnya.

Menurut Adib, seleksi program ini bisa diikuti oleh dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), PTKI swasta, pustakawan, laboran, ASN Ditjen Pendidikan Islam, juga dosen Pendidikan Agama Islam pada perguruan tinggi umum. Untuk mendaftar, peserta harus melakukan registrasi terlebuh dahulu melalui laman: http://5000doktor.diktis.id/registration.

sumber : https://kemenag.go.id

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.