Skip to main content

User Guidebook Tata Cara Penggunaan Aplikasi E-Data Kemenag

User Guide Book Tata Cara Penggunaan Aplikasi E-Data Kemenag
Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas aplikasi dan manifestasi yang telah diberikan kepada penyusun. Berkat-Nya user guide book atau buku panduan pengguna untuk Aplikasi E-Data dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Penyusun haturkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada para pihak yang telah memberikan dukungan formil maupun materiil selama proses produksi.

Sejatinya, konsep data terbuka (open data) memang telah menjadi hal yang menginspirasi banyak pihak, termasuk badan publik. Hal ini digalakkan untuk menjawab segala kebutuhan informasi bagi masyarakat. Konsep ini juga telah diusulkan sejak tahun 2016 melalui penggalakan suatu acara bergengsi, yaitu hacking marathon (hackathon) se-Asia bertajuk open data yang didukung penuh oleh Data Science Indonesia. Melalui acara ini, mata dunia akhirnya menyadari bahwa open data menjadi inti yang penting bagi kejayaan sebuah instansi. Dengan mempertimbangkan serta memperhitungkan berbagai hal, Biro Humas, Data, dan Informasi akhirnya melakukan inisiasi untuk mengembangkan Aplikasi E-Data sebagai portal utama dalam melakukan penelusuran data termutakhir. Aplikasi ini juga terkonjungsi langsung dengan basis data besar milik Kementerian Agama RI, yang terdiri dari Data Pendidikan Agama dan Keagamaan, Data Haji dan Umrah, Data Tata Kelola,dan Data Agama.

Tiada gading yang tak retak, tentu penyusun masih memiliki banyak kekurangan dalam melakukan kepenulisan user guide book ini. Demi menunjang kesempurnaan penyusunan di masa yang datang, sudilah kiranya para pembaca yang budiman untuk memberikan saran dan kritik melalui email pinmasdata@kemenag.go.id.

Download Manual Book For E-Data Kemenag


Untuk lebih jelasnya mengenai User Guide Book Tata Cara Penggunaan Aplikasi E-Data Kemenag dapat anda unduh melalui link berikut ini.

Simpan File :
Manual Book For E-Data Kemenag
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai User Guide Book Tata Cara Penggunaan Aplikasi E-Data Kemenag. Semoga bermanfaat...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar