Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2019

Advertisement

Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2019

Admin Guru Madrasah
Tuesday, April 2, 2019

Pedoman Festival dan Lomba  Seni  Siswa  Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2019
Penguatan Pendidikan Karakter dapat dijalankan melalui berbagai kegiatan, tujuannya adalah agar lulusan SMK mempunyai kompetensi kebekerjaan tinggi, dengan dimilikinya hard skills maupun soft skills. Salah satu upaya dalam mengasah soft skills adalah melalui kegiatan FLS2N.

Penguasaan kompetensi di bidang seni bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi. Melalui FLS2N akan menguatkan penguatan karakter dan kepribadian peserta didik, menjadikan peserta didik tidak hanya termotivasi untuk maju, percaya diri namun tetap menjadi pribadi yang santun, ramah, tegas dan berbudi pekerti luhur.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, menyelenggarakan FLS2N yang didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, penggiat seni dan budaya, serta praktisi maupun professional di bidang seni, serta kalangan masyarakat profesi. FLS2N jenjang SMK tahun 2019 meliputi 6 Bidang Lomba yaitu Bidang Lomba Film Pendek, Menyanyi Solo, Seni Musik Tradisi Daerah, Solo Gitar Klasik, Tari Tradisional dan Teater.

Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memperluas cakrawala pengetahuan, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, kolaborasi dan toleransi.

Dasar Hukum
Dasar pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2019, adalah:
  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Instruksi Presiden nomor 9 tahun 201 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan untuk Peningkatan Daya Saing Sumberdaya Manusia Indonesia;
  2. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tetang Penguatan Pendidikan Karakter;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan;
  4. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuh Budi Pekerti; Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang PPK;
  5. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Peningkatan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2019;

Tujuan
  1. Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa, sehingga mampu mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
  3. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni, sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
  4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  5. Mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

Hasil yang Diharapkan
  1. Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Tercapainya peningkatan kreativitas siswa dalam bidang seni dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
  3. Berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang seni dan potensi siswa dikenal oleh dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
  4. Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  5. Terjalinnya persahabatan yang erat, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda 

    Download Buku Pedoman Pelaksanaan FLS2N SMK Tahun 2019

    Dan selengkapnya mengenai  Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba  Seni  Siswa  Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2019 ini silahkan bisa rekan-rekan guru unduh pada link di bawah ini:

    Unduh File:

    Buku Pedoman FLS2N SMK 2019

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Pedoman Pelaksanaan Festival dan Lomba  Seni  Siswa  Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2019. Semoga bisa bermanfaat.

    sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id


    close