Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar (SD) Tahun 2019

Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya pembinaan mutu Sekolah Dasar untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi. Lomba difokuskan…

Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar (SD) Tahun 2019
Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya pembinaan mutu Sekolah Dasar untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi. Lomba difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup:
1) Manajemen Berbasis Sekolah, 
2) Pembelajaran, 
3) Ekstrakurikuler, 
4) Perpustakaan, dan 
5) UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan usaha kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kegiatan Lomba Budaya Mutu (LBM) Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam membangun mutu sekolah. Agar pelaksanaan LBM dapat mencapai hasil yang lebih optimal, maka perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku pendidikan.

Lomba dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada seluruh kabupaten/kota di Indonesia untuk mengirimkan sekolah terbaiknya, yang kemudian akan dipilih melalui empat tahapan yaitu, 
(1) seleksi administrasi online (daring), 
(2) seleksi dokumen (portofolio), 
(3) Visitasi lapangan, dan 
(4) presentasi dan wawancara. Keseluruhan proses tahapan seleksi akan digunakan untuk menetapkan sekolah berbudaya mutu tingkat nasional.

Panduan Umum Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019

Selengkapnya mengenai Panduan Umum Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Simpan File:
Panduan Umum LBM (Lomba Budaya Mutu) SD Tahun 2019

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.