Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Alamat Login PDSS SNMPTN untuk Siswa


 Alamat Login PDSS SNMPTN untuk Siswa
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Melalui jalur ini, siswa tidak perlu mengikuti tes atau membayar uang pendaftaran. Sebab dalam pelaksanaan SNMPTN biayanya ditanggung sepenuhnya oleh negara. Proses seleksinya pun menggunakan sistem rapor selama 5 semester. Sehingga peserta didik tidak perlu melalui tes seperti jalur masuk perguruan tinggi lainnya.

Hal itulah yang menjadikan SNMPTN sebagai jalur favorit masuk Universitas. Maka tidak heran jika setiap tahun jumlah pendaftar jalur ini terus mengalami peningkatan.

Untuk mendaftar kuliah melalui jalur ini, maka siswa harus melakukan login ke dalam website khusus. Dari situs tersebut, siswa akan mengisi data diri, verifikasi nilai dan lain sebagainya. Semua data yang ada harus diisi secara konkrit apa adanya.

Alamat Login PDSS SNMPTN Siswa

Adapun alamat website Login PDSS SNMPTN Siswa adalah sebagai berikut https://pdss.snmptn.ac.id/siswa
  1. Silahkan masukkan URL tersebut pada web browser anda, nanti secara otomatis akan muncul laman login seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  2. Masukkan NSM dan Password anda masing-masing. Untuk password silahkan berkoordinasi dengan pihak sekolah anda masing-masing. Karena password ini diberikan secara otomatis dari sistem setelah sekolah mengisi data PDSS.
  3. Setelah NISN dan Password anda isi dengan benar, selanjutnya klik Login maka anda akan masuk ke dalam dashbor PDSS SNMPTN Siswa. Namun jika ada NISN Peserta Didik yang sama dengan siswa di sekolah lain, maka anda akan diminta untuk memilih sekolah asal anda.
Demikianlah informasi mengenai Alamat Login PDSS SNMPTN Siswa yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

Artikel Terbaru :