Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Pedoman Anugerah ASN dan Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018

Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini dihadapkan pada tantangan yang berat, di satu sisi harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan makin tingginya tuntutan masyarakat, di sisi lain harus mampu beradaptasi dengan dinamika zaman sejalan dengan era industri 4…

anugerah asn 2018Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini dihadapkan pada tantangan yang berat, di satu sisi harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan makin tingginya tuntutan masyarakat, di sisi lain harus mampu beradaptasi dengan dinamika zaman sejalan dengan era industri 4.0. Dalam kondisi demikian, tugas kita bersama adalah mendorong terwujudnya ASN yang bersih, profesional dan melayani.

Ajang Anugerah ASN Tahun 2018 adalah sebuah ikhtiar untuk memilih dan mendapatkan sosok ASN panutan (role model) yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat. ASN terpilih ini kelak akan menjadi role model dan duta ASN yang mampu memotivasi dan menginspirasi ASN lainnya untuk menorehkan prestasi dalam mengemban tugas jabatan.

Anugerah ASN Tahun 2018 ini dibagi kedalam 2 (dua) kategori, yakni kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif. Untuk PPT Pratama Teladan kepesertaannya adalah para PPT Pratama dan pola pengusulannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat Berwenang (PyB). Sedangkan untuk PNS Inspiratif kepesertaanya terbuka untuk semua PNS dan pola pengusulannya dilakukan oleh instansi dan/atau warga masyarakat.

Semoga ajang Anugerah ASN tahun 2018 dapat mendorong tumbuh kembangnya pegawai ASN yang patut dicontoh, serta dapat melahirkan para pemimpin masa depan (The Future Leader) yang dapat dijadikan teladan.

Latar Belakang
Tugas pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

Sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa kepada ASN yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya dapat diberikan penghargaan.

Dalam rangka mendapatkan sosok ASN panutan yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat, diselenggarakan Anugerah ASN Tahun 2018 yang di dalamnya terdiri dari anugerah bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan anugerah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif Tahun 2018.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 adalah:
  1. Mendapatkan sosok ASN yang dapat dijadikan panutan, yakni PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif;
  2. Memberikan penghargaan kepada PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi maupun masyarakat;
  3. Mendiseminasi dan mengedukasi publik bahwa saat ini banyak sosok PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang telah memberikan pengabdian terbaiknya bagi kepentingan bangsa dan negara;
  4. Mendapatkan basis data talenta PPT Pratama dan PNS terbaik yang kapabel dan akseptabel sebagai raw input bagi talent pool nasional alternatif.

Manfaat
Manfaat penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 adalah:
  1. Adanya role model nasional PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang nantinya akan menjadi “Duta ASN”;
  2. Tumbuhnya motivasi dan inspirasi di jajaran ASN untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja, serta menjadi teladan bagi ASN lainnya maupun bagi masyarakat pada umumnya;
  3. Terbangunnya persepsi masyarakat yang positif terhadap keberadaan ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa;
  4. Adanya talent pool nasional alternatif yang dapat memperkuat sistem menajemen talenta ASN nasional.

Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Anugerah ASN Tahun 2018 adalah:
  1. Terpilihnya 10 (sepuluh) nomine Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan;
  2. Terpilihnya 15 (lima belas) nomine Pegawai Negeri Sipil Inspiratif;
  3. Terpilihnya 3 (tiga) pemenang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan;
  4. Terpilihnya 3 (tiga) pemenang Pegawai Negeri Sipil Inspiratif.
  5. Keenam PNS yang menjadi pemenang tersebut akan dinobatkan sebagai penerima Anugerah PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif Tahun 2018.

Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018 v1.0
https://siana.menpan.go.id
  1. Untuk login, silahkan ambil ID dan Sandi-nya pada Aplikasi Formasi.
  2. Masuk ke Aplikasi Formasi dengan alamat http://formasi.menpan.go.id
  3. Login Aplikasi Formasi di kelola oleh Biro Kepegawaian/Bagian Kepegawaian/BKD atau unit yang mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) pada setiap Instansi;
  4. Instansi adalah Kementerian/Lembaga/Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota;
  5. Login ke dalam Aplikasi Formasi sebagai Admin Instansi.
  6. Kemudian masuk ke dalam Menu Profil Pengguna.
  7. ID dan Sandi aplikasi si ana, berada pada bagian kanan (Pengumuman)

    Download Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN dan Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN dan Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018 ini silahkan bisa diunduh pada link di bawah ini:

    Unduh File:
    Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN dan Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018.pdf
    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN dan Panduan Teknis Aplikasi Anugerah ASN Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber: https://www.menpan.go.id

    Artikel Terkini

    © Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
    Added Successfully

    Type above and press Enter to search.