Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI Tahun 2018

Pembelajaran dengan pendekatan tematik dalam SILABUS KURIKULUM 2013 ini mencakup kompetensi mata pelajaran yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dn Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kesehatan. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama…

silabus kurikulum k13 sd-mi
Pembelajaran dengan pendekatan tematik dalam SILABUS KURIKULUM 2013 ini mencakup kompetensi mata pelajaran yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dn Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kesehatan. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk mata pelajaran dalam tematik. Pembelajaran tematik dilaksanakan di semua kelas di SD baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA serta IPS yg berdiri sendiri namun muatan IPA serta IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.  Untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kesehatan dilakukan secara tematik hanya sampai dengan kelas III, untuk kelas IV, V, serta VI diajarkan sebagai mata pelajaran yng berdiri sendiri.

Integrasi SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 sebagai suatu pengelolaan pembelajaransekitar problem dn isu di masyarakat, sehingga diperlukan kolaborasi oleh guru dan siswa tanpa memandang pada mata pelajaran.  Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran  mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Penentuan tema  dijadikan sebagai ide besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dn kompetensi yg ingin dicapai oleh siswa.

Pendekatan dalam SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 dimaksudkan agar siswa tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yg utuh pada siswa seperti tercermin pada berbagai tema yg tersedia.  Tema yng pilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal dialami siswa.  Pembelajaran tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi yaitu integrasi intradisipliner, multi-disipliner inter-disipliner, dan trans-disipliner. Muatan-muatan dapat diintegrasikan dalam pembelajaran merujuk pada aktivitas besar yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu kemaritiman, agraris, dan niaga/jasa. 

Oleh karena itu, dalam SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 kontekstual pendidikan perlu dipersiapkan pada peserta didik agar dapat hidup di masa depan & beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah melalui kemampuan berfikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi dn kolaborasi.  Selain itu peserta didik juga disiapkan dengan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan sebagai suatu keterampilan dalam kehidupan sehari-hari sebagai aplikasi dari kemampuan baca tulis, berhitung, literasi sains, literasi informasi teknologi ,komunikasi, literasi keuangan, serta literasi budaya serta kewarganegaraan.  Terpenting dari semua itu, pendidikan diarahkan untuk membangun kecintaan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yg merepresentasikan kebhinekaan agama, suku bangsa, bahasa, sosial, ekonomi, dan budaya masyakarat Indonesia. Peserta didik juga diharapkan menjadi warga negara yg bertanggung jawab dengan memahami hak dn kewajiban sebagai warga negara Indonesia juga dibatasi oleh hak & kewajiban warga negara lainnya.  Untuk itu pembelajaran diarahkan untuk membangun empati, demokratis, dan memberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta menerima pendapat orang lain.

SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 merupaan silabus tematik yng dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.  Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Selain itu, bagi guru yg ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan Silabus Mata Pelajaran di SD/MI yng terpisah dari dokumen ini.

B. Karakteristik Mata Pelajaran di SD dalan SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,          (SD/MI) TAHUN 2018 .
Kurikulum 2013 memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru sertapenerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dn warga negara yg beriman, produktif, kreatif, inovatif, serta afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dn peradaban dunia.  Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan siswa saat ini dan di masa depan yang dinamis ditengah pengaruh globalisasi dn kemajemukan masyarakat Indonesia.  

Memperhatikan konteks global dn kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi & orientasi kurikulum 2013 tertuangkan dalam  SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar siswa memiliki kompetensi diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini serta di masa mendatang. Kompetensi dimaksud meliputi tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan sikap spiritual serta etika sosial tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Kompetensi sikap spiritual , sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dn budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan serta pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung,  dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Mata pelajaran yang diajarkan secara tematik di SD adalah:
1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
2. Bahasa Indonesia
3. Matematika
4. Ips
5. Ipa
6. Pjok
7. Sbdb

C. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu dalam silabus kurikulum 2013 meliputi
        Pembelajaran tematik terpadu memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat          dengan kehidupan peserta didik.
3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan                  berbagai konsep, keterampilan dan sikap.
4. Sumber belajar tidak terbatas pada buku.
5. siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan            yng dilakukan
6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi siswa              memiliki perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dn ketertarikan terhadap suatu topik.
7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri.
8. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa(direct experiences) dari hal-hal yang konkret menuju ke abstrak.
9. Pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan Pembelajaran, melainkan bentuk Pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru dapat melakukan penyesuaikan.


D. Pengembangan Silabus Tematik
SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 tematik di SD dikembangkan menggunakan model jaring laba-laba (webbed).  Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk Materi Pokok menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan Pembelajaran merupakan gabungan Pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran diikat dalam tema/subtema tersebut.
Alokasi waktu pembelajaran dalam satu minggu sebagaimana yang tercantum dalam struktur kurikulum untuk SD adalah sebagai berikut.

Kelas I II III IV V VI
Jumlah jam pelajaran per minggu 30 32 34 36 36 36

E. Pembelajaran dan Penilaian  dalam SILABUS KURIKULUM 2013 ini adalah

1. Penilaian
Penilaian Hasil Belajar adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran siswa dalam ranah sikap sosial, pengetahuan, serta keterampilan dilakukan secara terencana & sistematis, selama /atau setelah proses belajar, pada  satu kompetensi, satu semester, satu tahun untuk suatu muatan/mata pelajaran. Menurut Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil belajar oleh Pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dn perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk tes, pengamatan, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dn tingkat perkembangan peserta didik.  Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dapat dilakukan sebagai berikut.

a. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, serta pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas.  
b. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dn penugasan sesuai dengan kompetensi yg dinilai.  
c. Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi dinilai; 

F. Kontektualisasi Pembelajaran
Pembelajaran pada  SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1,2,3,4,5,6,(SD/MI) TAHUN 2018 ini hanya merupakan model. Pembelajaran pada silabus ini dapat disesuaikan dn diperkaya dengan konteks daerah atau satuan pendidikan, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dn sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.

Berlandaskan prinsip ini, pembelajaran tematik perlu dikontekstualkan dengan tema-tema yang dekat dengan lingkungan siswa, mengenal keragaman masyarakat, dn daerah maritim, agribisbis, dan jasa/niaga  sehingga siswa mampu beradaptasi dengan perubahan sosial berlangsung di masyarakat. Selain itu siswa akan memiliki kepekaan dn kepedulian terhadap lingkungan sekitar, juga diharapkan memberikan kontribusi pada perkembangan dan kemajuan masyarakat. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI Tahun 2018 ini bisa Anda unduh melalui tautan link yang kami sediakan berikut ini.

Unduh File :
Demikan yang dapat Blog Guru Madrasah sampaikan mengenai Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI Tahun 2018. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.