Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Perangkat Pembelajaran Yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik

Jika seorang petani pergi ke sawah tanpa membawa alat apapun tentunya ia akan bingung, apa yang harus dikerjalan. Seorang pelajar yang tiap hari pergi kesekolah tentunya membawa peralatan "tempurnya" seperti buku, pulpen dan lain-lain. Begitupun dengan seorang ten…

perangkat pembelajaran
Jika seorang petani pergi ke sawah tanpa membawa alat apapun tentunya ia akan bingung, apa yang harus dikerjalan. Seorang pelajar yang tiap hari pergi kesekolah tentunya membawa peralatan "tempurnya" seperti buku, pulpen dan lain-lain.

Begitupun dengan seorang tenaga pendidik atau guru seperti kita, juga harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang gunanya untuk melancarkan proses pembelajaran. Jika seorang tenaga pengajar hanya mengajar tanpa mempersiapkan segala sesuatunya, tentu hasil yang diharapkan tidak akan maksimal. Lalu apa saja perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang tenaga pendidik atau seorang guru? Berikut penjelasannya :

1. Silabus 
Perangkat pembelajaran ini berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Untuk mencapainya diukur berdasarkan indikator pencapaian. Silabus ibarat ringkasan dari kurikulum karena di dalamnya ada target pencapaian, media, dan lain sebagainya.

2. RPP
RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru dalam rangka pemberian pelayanan kepada peserta didik. Perencanaan yang dirancang mencangkup model, metode, pelaksanaan, evaluasi dan instrument penilaian.

3. Prota
Program tahunan atau prota merupakan batasan materi yang harus diselesaikan dengan batas waktu yang tertera jelas pada table program tahunan. Prota berisi distribusi materi selama satu tahun pelajaran yang terdiri dari dua semester, prota terbentuk dari program semester.

4. Promes
Program semester atau promes merupakan gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan SK dan KD yang telah dirumuskan dalam Standard Isi.

5. Buku Absen
Buku ini berisi sejumlah nama peserta didik dalam kelas yang kita bina. Buku ini fungsinya untuk mengontrol kehadiran peserta didik.

6. Buku Jurnal
Buku ini berisi beberapa catatan penilaian prilaku peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan sebagainya.

7. Buku Penilaian
Buku ini digunakan untuk menyimpan data-data hasil evaluasi terhadap peserta didik.

8. Bundel Portofolio
Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa dikumpulkan jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran di kelasnya.

9. Bank Soal
Ini adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.

10. Media
Dalam menyajikan pelajaran, media menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Tentang media, dibutuhkan inovasi dan kreativitas guru untuk menentukan media-media yang diperlukan dalam kaitannya dengan pokok bahasan yang diberikan.

Demikian mengenai  perangkat pembelajaran yang harus dimiliki tenaga pendidik yang dapat Guru Madrasah bagikan, semoga bermanfaat buat rekan guru semua. [sumber: sekolahdasar.net]

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.