Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Ekonomi SMA/MA Gratis

Penelitian tindakan kelas atau yang lebih familiar dengan sebutan PTK merupakan jenis penelitian terapan (applied research). Dalam penelitian terapan, tujuan darinya adalah untuk memecahkan permasalahan praktis yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan peneli…

contoh ptk ekonomi sma
Penelitian tindakan kelas atau yang lebih familiar dengan sebutan PTK merupakan jenis penelitian terapan (applied research). Dalam penelitian terapan, tujuan darinya adalah untuk memecahkan permasalahan praktis yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan penelitian fundamental yang lebih berfokus pada permasalahan teoretis, penelitian terapan merupakan penelitian yang digunakan sebagai sarana untuk memecahkan permasalahan yang mewujud dalam keseharian.

Penelitian tindakan kelas, sesuai dengan genre atau jenis penelitiannya, dengan demikian berusaha untuk memecahkan permasalahan praktis yang mewujuda atau exsisting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Dengan demikian, terdapat dua pelaku penting dalam PTK, yaitu guru dan peserta didik.

Permasalahan belajar dan pembelajaran memang menjadi subject matter atau subjek permasalahan yang menuntut untuk diselesaikan atau diurai dan dicari solusi untuk pemecahan permasalahannya. Metode untuk memecahkan masalah tersebut tentu saja harus mengacu pada kaidah ilmiah, yaitu kaidah yang menitikberatkan kemasukakalan.

Penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mata pelajaran atau bidang studi ekonomi untuk SMA dengan demikian adalah penelitian yang dilakukan oleh guru mapel Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memecahkan masalah praktis yang terjadi dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Permasalahan pembelajaran yang muncul dapat berupa keinginan untuk meningkatkan partisipasi peserta didik, model pembelajaran yang relevan untuk menyampaikan materi tertentu, dan hal-hal lain yang dapat diidentifikasi sebagai masalah yang diharapkan apabila permasalahan tersebut dipecahkan, kualitas belajar mengajar akan meningkat.

Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ekonomi untuk SMA dan MA membutuhkan fokus dan persiapan yang cukup. Membuat penelitian bagi seorang guru berarti guru tersebut harus mengeluarkan konsentrasi ekstra untuk mengoptimalkan kualitas penelitian tindakan kelas yang dilakukannya.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh Judul Beserta Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ekonomi untuk SMA dan MA. Silahkan rekan guru bisa mengunduhnya melalui tutan link berikut.

Download File :
CONTOH PTK EKONOMI SMA/MA
Demikian mengenai Contoh Penelitian Tindakan Kelas Ekonomi SMA/MA secara gratis yang dapat blog Guru Madrasah sampaikan kepada rekan guru semua. Semoga ini bisa bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.