Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Contoh RPP dan Silabus Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013

Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang senantiasa terus semangat mengabdikan untuk pendidikan madrasah, sebagai seorang guru tentunya sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yah itulah RPP. Namun tidak ada salahnya jika blog Guru Madrasah sebelum membagikan contoh-conto…

contoh rpp dan silabus kurikulum 2013 smp-mts
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang senantiasa terus semangat mengabdikan untuk pendidikan madrasah, sebagai seorang guru tentunya sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yah itulah RPP. Namun tidak ada salahnya jika blog Guru Madrasah sebelum membagikan contoh-contoh RPP,ada baiknya menjelaskan sedikit apa itu RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

RPP harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas
dalam mendampingi  peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Soal UTs dan UAS Otomatis

Rekan guru dimanapun berada, kali ini Guru Madrasah[dot]com akan mencoba berbagi contoh RPP Kurikulum 2013 untuk beberapa mata pelajaran, namun untuk MTs/SMP. Jika RPP Kurikulum 2013 SD/MI yang ada perubahan dan bersifat tematik, maka pada Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 juga terdapat perbedaan. Dan perubahan ini diharapkan berdampak pada efektif dan efisiennya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Berikut ini adalah link download Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 yang dapat rekan guru madrasah download sebagai bahan alternatif pembuatan RPP :
Dan untuk silabus materi-materi diatas bisa rekan guru madrasah download pada tautan berikut ini :
Walaupun Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang tersaji dalam posting ini tidak untuk keseluruhan mata pelajaran dan kelas karena tidak adanya materi-materi PAI,namun setidaknya bisa menjadi gambaran penyusunan RPP untuk materi pelajaran yang lainnya tinggal merubah dan memodifikasi sesuai dengan mata pelajarannya sesuai dengan sistematika dan konten atau isi RPP. Sehingga akan membantu mempermudah rekan-rekan guru madrasah untuk menyusun RPP.

Demikian Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang dapat Guru Madrasah bagikan kepada rekan guru sekalian, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat.


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.