Beberapa Permasalahan Verval UN di EMIS


Beberapa Permasalahan Verval UN di EMISMadrasah Kita | Berbagai Permasalahan di EMIS Verval UN - Berbagai Permasalahan Masih Menghantui EMIS Verval U - Baiklah teman-teman operator, saatnya kini menjawab semua pertanyaan rekan-rekan yang terlontar baik melalui komentar di blog maupun di sosial media yang tergabung dalam group serta fanspage Operator Sekolah. Karena banyaknya pertanyaan saya jelas tidak mampu menjawab satu-persatu, namun sekian banyak pertanyaan tersebut terkait dengan munculnya problem di emis verval un sudah saya baca semua. Saya merangkum pertanyaan-pertanyaan yang merupakan problem / permasalahan yang dihadapi oleh para operator dalam mengerjakan emis verval UN.

Sistem Emis verval UN Sebenarnya adalah sebuah sistem yang smple bagi operator. Mengapa saya katakan demikian ? Sistem ini hampir sama dengan Verval pd operator hanya cukup melakukan verval (Verifikasi dan Validasi) yaitu pengecekan terhadap data list peserta ujian nasional. Data-data tersebut seharusnya sudah disajikan oleh emis verval un karena data tersebut diambil dari data emis yang telah diupload. Namun pada kenyataanya para operator sangat mengalami kesulitan bahkan berlarut larut dalam mengerjakanya. Bukan karena sulit, bukan karena tidak bisa tapi hal ini hanya faktor kurang sempurnanya sistem emis verval un.

Permasalahan yang muncul terkait EMIS Verval UN diantaranya adalah :

  1. Server Eror. atau tidak dapat mengakses situs emis verval un ( http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/ ) hal ini dikarenakan server sedang down atau server sedang ada masalah  atau bisa juga maintance. jadi masalah bukan di operator. Solusi : Bersabar menunggu hingga server pulih kembali.
  2. Gagal Login Ke sistem padahal email dan password sudah benar. Hal ini disebabkan program mengalami eror pada bagian session register. Entah memang programnya yang ada masalah atau memang akun anda (user dan password) anda lenyap dari database, atau mungkin bisa jadi belum tersinkronkan. Solusi : bersabar Lapor ke Admin kab/kota agar segera ditindak lanjuti.
  3. Data Calon Peserta Ujian Nasional Kosong. Ini permasalahan yang juga saya alami. Mulanya data baik-baik saja namun setelah server mengalami eror kemudian server kembali normal saya cek data siswa capesun malah kososng yang muncul hanya data di kolom NIK sementera jumlah data juga menunjukan angka yang sudah benar. Mungkin ada dari teman-teman yang juga mengalami silahkan curhat via komoentar. Solusi dari permasalahan ini adalah bersabar dan laporkan ke admin kab/kota agar diteruskan ke pusat.
  4. Data Lengkap Namun setelah dicetak data di file pdf kosong. ada juga yang unik lagi yaitu data di emis verval un lengkap seolah-olah baik baik saja namun setelah dicetak capesun dan berita acara data tersebut tidak muncul alias kosong (0). Solusi : Laporkan ke admin kabupaten/kota.
  5. Data Lengkap Namun setelah dietak yang muncul siswa milik madrasah lain. ini lebih aneh lagi, data di emis verval un lengkap kemudian dicetak juga muncul datanya namun bukan data milik madrasah yang mencetak tersebut melainkan milik madrasah/lembaga lain. Solus : Bersabar dan laporkan ke admin/kab.kota.
  6. Menambahkan data siswa pindah masuk / kelas akselerasi, sudah klik simpan tapi data tetap saja tidak masuk ke list. Solusi : Bersabar sistem masih perlu dibenahi.
  7. Siswa yang pindah / keluar sudah dihapus tapi tetap saja muncul datanya di emis verval un. Solusi bersabar, sistem juga buatan manusia pasti ada kekuranganya nanti akan segera dibenahi karena saat ini teman kita di bagian perencanaan sistem pusat juga sedang bekerja keras demi lebih baiknya sistem emis verval un.
  8. Data peserta UN hilang semua dari emis verval un jadi 0. Banyak yang mengalami demikian. ini diakibatkan karena para programer masih melakukan pembenahan program. Solusi : Para operator harus bersabar dan terus membantu dengan doa agar para programer sistem emis bisa terus berjuang menyelesaikan problem yang ada.  

Demikian kira-kira berbagai pertanyaan dan keluhan yang muncul dalam pengerjaan sistem pendataan peserta ujian nasional melalui emis verval UN. Saat ini teman-teman kita para programer di pusat sedang berjuang tanpa henti membenahi sistem demi terciptanya sistem yang lebih baik, kita para operator harus bersabar dan terus berdoa agar permasalahn ini cepat selesai.