Mengisi Liburan Anak Agar Bermanfaat dan Tidak Membosankan


mengisi liburanMengisi Liburan Anak Agar Bermanfaat dan Tidak Membosankan | Liburan adalah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pelajar dimanapun dan dalam jenjang apapun. Tentulah setelah mereka disibukan dengan pelajaran dan tugas-tugas rutin selama berada disekolah, liburan ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu mereka, terutama anak-anak yang duduk di sekolah dasar dan menengah. Oleh Karena itu, liburan sekolah menjadi momen penting bagi anak-anak untuk melepas segala penat.

Liburan merupakan sarana untuk penyegaran serta pembaharuan setelah melakukan kegiatan-kegiatan rutin setiap harinya. Liburan ditujukan untuk membuat seseorang terhindar dari perasaan jenuh dan menurunnya semangat ketika harus berhadapan kembali dengan rutinitas yang sama. Namun tentunya liburan bukanlah saatnya berhenti dari segala aktifitas.

Saat liburan anak-anak memiliki waktu luang yang lebih banyak sehingga mereka juga memiliki waktu lebih banyak untuk bersantai-santai dirumah. Namun terkadang waktu luang yang tersedia tidak bisa dimanfaatkan anak dengan maksimal sehingga banyak waktu liburan yang terbuang sia-sia tanpa adanya kegiatan positif yang telah dilakukan oleh anak.

Kebanyakan anak-anak saat ini mengisi liburannya dihabiskan di depan televisi atau asyik dengan gadget-gadget bermerk yang diberikan orang tua mereka sehingga waktunya habis hanya untk bermain game dan sesuatu yang tidak penting lainnya. Padahal sangat disayangkan jika mereka hanya menghabiskan liburan dengan rutinitas yang demikian.

Nah agar menjadikan liburan sekolah tetap bermanfaat untuk anak-anak, maka pada kesempatan kali ini Sekolah Kita akan membagikan beberapa tips dalam mengisi liburan sekolah. Lalu kira-kira hal positif apa sajakah yang bisa mengisi liburan sekolah sehingga memberikan dampak yang baik bagi seorang siswa yang melakukannya, berikut beberapa tipsnya:

1. Pergi Ketempat Hiburan Atau Wisata

Tempat hiburan merupakan tujuan yang biasanya pertama kali dituju ketika masa liburan tiba. Saat bermain ditempat hiburan, dalam sejenak anak akan melupakan segala kejenuhan serta kepenatan aktivitas belajar yang setiap hari dilakukannya. Bermain ke tempat hiburan atau tempat ekresai entah itu di pantai, mall, taman bermain atau yang lainnya akan membantu anak menyegarkan kembali pikiran serta tubuhnya.

2. Bersepeda Santai Bareng Keluarga

Bersepeda santai bisa dijadikan sarana liburan sekaligus olahraga bagi anak. Selain untuk menyegarkan pikiran dengan bersepeda santai tubuh anak bisa menjadi lebih bugar karena terus menggerakan tubuhnya. Namun tentunya hal ini tidak bisa dilakukan tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu di saat liburan saja. Bersepeda santai tentunya tidak asyik jika dilakukan sendiri-sendiri sehingga disarankan dengan anggota kelaurga lainnya, seperti kakak, Ayah, Ibu atau lainnya.

3. Memuaskan Hobbi Anak

Setiap anak tentunya punya hobbi dan kesenangan masing-masing yang kadang kala tidak sempat tersalurkan karena kesibukan sekolahnya. Sehingga saat liburan merupakan salah satu waktu yang tepat untuk dimanfaatkan sebagi waktu untuk penyaluran hobbi. Saat inilah waktu yang tepat untuk memupuk bakat anak melalui hobbi-hobbinya sehingga menjadikan liburan mereka menyenangkan dan tidak membosankan karena diisi dengan kesenangan mereka.

4. Murojaah Al-Qur’an atau Membaca Buku

Saat ini banyak lembaga pendidikan terutama Pondok Pesantren yang mencetak para hafizh Qur’an, mereka saat di pesantren tentunya disibukkan untuk menghafal dan memperlancar hafalan mereka. Sehingga saat liburan adalah saat yang rawan untuk mereka karena dikhawatirkan ketika berada dirumah lupa dengan hafalannya. Maka para orang tua hendaknya memonitor segala kegiatan anak-anaknya. Hal lain adalah dengan mengisi liburan dengan membaca buku, mungkin walaupun terkesan mebosankan tapi membaca buku memang dapat membuat seseorang menjadi lebih santai. Dibandingkan membuang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting maka membaca buku-buku kesukaan merupakan alternatif liburan paling mudah.

5. Membantu Membersihkan Rumah

Mungkin ini hal yang jarang dilakukan oleh anak-anak, namun mengisi liburan dengan membersihkan rumah adalah momen yang bisa jadi menyenangkan bagi mereka. Salah satunya adalah jika anda punya kolam ikan, ini dapat menjadi ide tersendiri untuk mengisi liburan yang menyenangkan bagi mereka. Ajak anak untuk mengenal seluk beluk rumah dan latih dia untuk merasa memilikinya.

Mungkin anak akan enggan melakukan pada awalnya. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan membuat perlombaan atau kompetisi. Misalnya, siapa yang dapat membersihkan kamar tercepat atau siapa yang dapat menghias kamarnya seindah mungkin akan diberikan reward yang menarik.

Demikian beberapa hal yang dapat mengisi liburan sekolah untuk anak-anak agar liburan mereka menjadi lebih bermanfaat dan menyenangkan. Namun itu semua tergantung dari kondisi dan situasi keluarga masing-masing, karena tentunya tiap keluarga dan punya tips liburan yang sesuai dengan lingkungan dimana mereka tinggal.