Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018

Pada kesempatan kali ini blog Guru Madrasah akan membagikan sebuah file berupa Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 yang dapat rekan-rekan downlaod secara gratis pada akhir postingan kali ini. Adapun isi dari buku Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar…

Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018
Pada kesempatan kali ini blog Guru Madrasah akan membagikan sebuah file berupa Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 yang dapat rekan-rekan downlaod secara gratis pada akhir postingan kali ini.

Adapun isi dari buku Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut, pada BAB I adalah pendahuluan, BAB II adalah penerapan pembelajaran dengan metode kepramukaan, BAB III menyusun dan menerapkan metode blok, BAB IV menyusun dan menerapkan model aktualisasi dan BAB V adalah Penilaian ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.

Kompetensi peserta didik yang utuh, terintegrasi, dan menyeluruh dapat digunakan peserta didik dalam menjalani kehidupan secara nyata. Kelak dewasa, peserta didik akan lebih siap dalam menghadapi perkembangan dunia dengan senjata kompetensi utuh yang dimilikinya. Hal tersebut merupakan harapan Indonesia sebagai bangsa yang mengedepankan pendidikan bagi generasi muda agar kelak mampu mengisi kehidupan yang berkarakter kuat, berkebangsaan Indonesia yang kokoh, dan berkecakapan yang mantap.

Untuk itulah, diperlukan penanganan pendidikan yang berkualitas melalui aspek kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler dalam Kurikulum 2013. Salah satu aspek tersebut adalah ekstrakurikuler, yang perlu diimplementasikan secara nyata. Ekstrakurikuler dilaksanakan melalui dua pola yang berkaitan, yakni pola wajib dan pilihan. Semua peserta didik wajib mengikuti ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan dan peserta didik bebas memilih ekstrakurikuler pilihan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan dalam pelaksanaannya perlu diatur dan dipandu agar dapat dengan mudah dijalankan di sekolah.

Buku Panduan ini diharapkan dapat (1) memberikan gambaran Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan secara nyata agar dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemangku pendidikan, baik unsur Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan; (2) memberikan pedoman yang jelas dan mudah dijalankan; (3) merupakan acuan bagi pelaksana Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan.

Pada buku ini, hanya pola Blok dan Aktualisasi yang dikembangkan secara rinci termasuk contoh-contohnya. Untuk pelaksanaan pola Reguler, terdapat Buku Panduan Penerapan tersendiri yang khusus membahas kepramukaan di Gugus Depan sekolah dasar dan pelaksanaan pendidikan kepramukaan yang sesuai dengan aturan Gerakan Pramuka.

Untuk lebih jelasnya mengenai Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 ini bisa Anda unduh melalui tautan link yang kami sediakan berikut ini.

Unduh File :
Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 DISINI
Demikian lah artikel kami hari ini Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018. Semoga bermanfaat khususnya buat para pembina pramuka di masing-masing sekolah..

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.