Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Guru Matematika Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

BAB I: BIlangan Bulat Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan ku…

buku guru kelas 6 sdBAB I: BIlangan Bulat
Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.

Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan).
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
  • Menjelaskan bilangan bulat negatif pada garis bilangan
  • Menjelaskan bilangan bulat negatif dalam konteks sehari-hari
  • Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif
  • Menjelaskan dan melakukan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif
  • Menjelaskan dan melakukan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bulat negatif
  • Menjelaskan dan melakukan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Bilangan bulat terdiri dari ..., ..., dan ....
  2. Bilangan bulat positif terletak di sebelah ... bilangan nol. Bilangan bulat negatif terletak di sebelah ... bilangan nol.
  3. Jelaskan cara mengurutkan bilangan bulat.
  4. Dua bilangan bulat dikatakan berlawanan jika ....
  5. Jelaskan cara mengurangkan bilangan bulat oleh bilangan bulat negatif.

BAB II: Operasi Hitung Campuran
Di kelas sebelumnya siswa sudah belajar tentang operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah belajar tentang operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana jika dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus.

Untuk menyelesaikan operasi hitung campuran tersebut tentu ada aturan, misalnya operasi mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Hal itu akan dipelajari dalam bab ini.

Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
  • Memahami konsep operasi hitung campuran.
  • Melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan desimal.
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran dalam kehidupan sehari-hari.
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Operasi hitung campuran melibatkan operasi pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian dan tanda kurung. Tentukan urutan operasi hitung yang didahulukan jika kamu menjumpainya secara bersama-sama dalam suatu operasi hitung campuran. 
  2. Jika dalam suatu operasi hitung campuran terdapat operasi hitung perkalian dan pembagian, yang manakah yang didahulukan? Jelaskan dengan dua kasus berikut. a. 400 × 100 : 25 b. 400 : 100 × 25.

Download Buku Guru Matematika Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018  

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013  ini silahkan unduh pada link di bawah ini:

Download File:
Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Revisi 2018.pdf
Demikian informasi mengenai Buku Guru Matematika Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat....

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.