Kabar Terbaru

Aplikasi

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Buku Guru dan Siswa PAI dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Kurtilas Revisi 2018

buku pai kelas 12 sma
Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qurãn bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Nabi Muhammad saw. Bersabda,”Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR.Abu Daud dan Imam Ahmad). Nabi Muhammad saw. juga bersabda,”Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya”(HR.Imam Ahmad). Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada akhlak yang mulia dan kepada pembentukan peserta didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesama muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta.

Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII ini ditulis dengan semangat seperti tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang berhubungan dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur hubungan antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.

Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, materi buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh peserta didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan ajaran agamanya.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Adapun mengenai isi materi pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 ini antara lain:

Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
C. Periode Hari Akhir
D. Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
E. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
F. Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi

Bab 2 Menyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qurān 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qadā dan Qadar
C. Kaitan antara Beriman kepada Qadā dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
D. Hikmah Beriman kepada Qadā dan Qadar
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi

Download Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018

Dan untuk lebih lengkapnya mengenai Buku PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Budi Pekerti untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 ini silahkan bisa Anda unduh pada link di bawah ini:

Download File:

Demikian yang bisa Guru Madrasah sampaikan mengenai Buku Guru dan Buku Siswa Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Budi Pekerti SMA/MA dan SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di Blog Guru Madrasah...

Artikel Rekomendasi :

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah, Jika ada link yang rusak silakan bisa hubungi kami di Contact Form DISINI :