Kabar Terbaru

Aplikasi

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Buku Guru PJOK Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Diposkan Oleh On July 09, 2018

buku guru pjok kelas 9 smp
Buku Guru PJOK kelas IX SMP kurikulum 2013/K13 revisi 2018 semester ganjil satu dan semester dua atau genap ini dirancang untuk memperluas kemampuan kompetensi siswa dari sisi sikap, keterampilan serta pengetahuan. PJOK merupakan mata pelajaran yang membekali siswa tentang gerak jasmani dalam berolahraga, perilaku dalam menjaga kesehatan yang dapat mempengaruhinya.
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru Pendidikan Jasmani dalam kegiatan pembelajaran adalah seluruh peserta didik, baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat kesempatan
yang sama, pola pengelolaan pembelajaran sebagai berikut.

Kegiatan Awal
Kegiatan awal sebaiknya dikemas dengan cara berikut ini, namun apabila menurut guru ada cara lain yang lebih efektif dan efisien maka sangat diperkenankan untuk menerapkan hal tersebut.
  • Guru masuk kelas dengan ekspresi yang mendatangkan kenyamanan bagi peserta didik.
  • Mintalah ketua kelas untuk membariskan teman-teman dalam bentuk bersyaf, berbanjar atau membentuk setengah lingkaran.
  • Tugaskan satu orang peserta didik untuk memimpin doa (harapan seluruh peserta didik mendapatkan giliran untuk memimpin doa selama pembelajaran PJOK di Kelas IX ini.
  • Guru mempertanyakan kondisi kesehatan peserta didik, dan sekaligus mengecek kebersihan kuku, rambut, dan pakaian, bila menemukan yang tidak sesuai dengan aturan, nasihati anak secara santun dan tidak di depan teman-temannya.
  • Sebelum melakukan kegiatan inti, maka lakukan dulu pemanasan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik yang dianggap mampu atau guru.
  • Guru mempertanyakan tentang arti penting pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, misalnya “menurut kalian apakah perlu kita melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga” setelah peserta didik memberikan berbagai argumen, barulah guru menyampaikan tentang arti penting pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik. Harapannya peserta didik memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang arti penting melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, walaupun tanpa pengawasan dari guru.
  • Sampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat yang akan diperoleh peserta didik setelah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
  • Mintalah salah seorang peserta didik yang dikategorikan mampu untuk memperagakan gerak sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu dan peserta didik yang lainnya diminta untuk memperhatikan.
  • Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang pemainan sepak bola atau mengajukan permasalahan.
  • Peserta didik ditugaskan secara perorangan atau berpasangan untuk belajar berbagai keterampilan gerak menendang bola dengan berbagai variasi, memberhentikan/mengontrol bola bervariasi dengan berbagai bagian tubuh, menggiring bola berbagai variasi, melakukan lemparan ke dalam, dan materi lain yang dianggap penting oleh guru.
  • Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
  • Pada saat peserta didik melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan oleh peserta didik.
  • Dalam mengajarkan materi aktivitas air guru dapat memodifikasi alat pembelajaran.
Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru antara lain
sebagai berikut.
  • Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum, dan menyampaikan peserta didik yang paling baik dan yang rendah penampilan keterampilan gerak yang dipelajari pada hari itu.
  • Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada peserta didik yang belum mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik.
  • Guru melakukan tanya-jawab dengan peserta didik yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
  • Melakukan pelemasan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik yang dianggap mampu atau guru, dan menjelaskan kepada peserta didik tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
  • Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dan dikerjakan di rumah dalam bentuk portofolio atau makalah dan pada pertemuan terakhir. Dalam pemberian tugas ini jangan terlalu memberatkan bagi anak, tugas ini baiknya secara berkelompok.
  • Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh peserta didik dan guru berdoa, dan mempersiapkan diri untuk pembelajaran berikutnya.
Untuk lebih jelasnya mengenai Buku Guru PJOK kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi terbaru 2018 semester 1 dan 2 silahkan download pada link dibawah ini.

Unduh File :
Download Buku PJOK Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018
Demikian tadi mengani buku guru PJOK kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018. Semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi :

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah, Jika ada link yang rusak silakan bisa hubungi kami di Contact Form DISINI :