Kabar Terbaru

Aplikasi

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling untuk SMA

panduan konseling sma
Pada kesempatan kali ini Blog Guru Madrasah akan membagikan saebuah berkas Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (Bimbingan dan Konseling) SMA Tahun 2018. Anda dapar mendownload file format .pptx Microsoft PowerPoint. Dan perlu diketahu bahwa berkas ini adalah Bahan Sosialiasi Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lebih jelasnya silakan bisa Anda ikuti topik pembahasannya berikut ini.

POP BK PADA SATUAN PENDIDIKAN
Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BK-PDPM) menjadi dasar menyusun Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA (POP BK di SMA)

TUJUAN POP BK
  1. memandu guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam memfasilitasi dan memperhatikan ragam kemampuan, kebutuhan, dan minat sesuai dengan karakteristik peserta didik/konseli
  2. memfasilitasi guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melakukan tindak lanjut.
TUJUAN POP BK (LANJUTAN)
  1. memberi acuan guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling secara utuh dan optimal dengan memperhatikan hasil evaluasi dan daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki
  2. memfasilitasi memandu guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam menyelenggarakan bimbingan dan konseling agar peserta didik/konseli dapat mencapai perkembangan diri secara optimal, mandiri, sukses, sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya 
  3. memberi acuan bagi pemangku kepentingan penyelenggaraan bimbingan dan konseling.
PENGGUNA POP BK
  1. Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling berdasarkan panduan.
  2. Kepala Sekolah mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  3. Kepala Dinas Pendidikan memberikan kebijakan yang mendukung penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah.
  4. Pengawas pendidikan mensupervisi dan membina penyelenggaraan bimbingan dan konseling sebagai bagian dari program pendidikan di sekolah. 
PENGGUNA POP BK (LANJUTAN)
  1. Lembaga pendidikan yang menyiapkan guru bimbingan dan konseling atau konselor hendaknya mengembangkan kurikulum yang memfasilitasi perkembangan kompetensi lulusan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan (SKL) yang diharapkan Organisasi profesi memberikan dukungan dalam Pengembangan Keprofesian guru bimbingan dan konseling atau konselor .
  2. Komite Sekolah memberikan dukungan penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMA.
  3. PPPPTK Penjas dan BK menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan memperhatikan panduan operasional.
Daftar Isi pada Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (Bimbingan dan Konseling) SMA ini antara lain:

BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
BAB 3 PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
BAB 4 PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
BAB 5 EVALUASI, PELAPORAN, DAN TINDAK LANJUT

    Download Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (Bimbingan dan Konseling) SMA

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (Bimbingan dan Konseling) SMA ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Unduh File:


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (Bimbingan dan Konseling) SMA. Semoga bisa bermanfaat khususnya buat guru Bimbingan dan Konseling.

    Artikel Rekomendasi :

    Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah, Jika ada link yang rusak silakan bisa hubungi kami di Contact Form DISINI :