Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Download Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini terdiri dari berkas-berkas Silabus Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1, Prota Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, Prosem Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semes…

perangkat pembelajran akidah mts kelas 7
Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini terdiri dari berkas-berkas Silabus Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1, Prota Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, Prosem Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, Pemetaan KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, KKM Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, Rincian Pekan&Jam Efektif Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, SKL,SK-KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1&2, AKIDAH AKHLAK VII BUKU GURU, BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK VII MTs 2013.



Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qada dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:
  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
Ruang Lingkup Akidah-Akhlak
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
  1. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada-Qadar.
  2. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.
  3. Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.
  4. Aspek adab meliputi: Adab beribadah: adab Shalat, membaca Al Qur’an dan adab berdoa, adab kepada kepada orang tua dan guru, adab kepada kepada, saudara, teman, dan tetangga, adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
  5. Aspek kisah teladan meliputi: Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub, Kisah Shahabat: Abu Bakar ra, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib
Materi Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Materi pembelajaran pada Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013, antara lain:
KELAS VII, SEMESTER I
  • BAB 1: AQIDAH ISLAMIYAH
  • BAB 2: SIFAT-SIFAT ALLAH
  • BAB 3: TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT
  • BAB 4: ADAB SHOLAT DAN DZIKIR
  • BAB 5: KETELADANAN NABI SULAIMAN AS.

KELAS VII, SEMESTER II
  • BAB 1: ASMAUL HUSNA
  • BAB 2: IMAN KEPADA MALAIKAT
  • BAB 3: AKHLAK TERCELA
  • BAB 4: ADAB DOA DAN BACA AL-QURAN
  • BAB 5: KETELADANAN ASHABUL KAHFI

    Download Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 ini bisa diunduh pada link di bawah ini:

    Unduh File:

    Silabus Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1.doc
    RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 2.doc
    Prosem Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    Prota Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    Pemetaan KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    KKM Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    Rincian Pekan&Jam Efektif Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    SKL,SK-KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
    AKIDAH AKHLAK VII BUKU GURU.docx
    BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK VII MTs 2013.A.docx

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Artikel Terkini

    © Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
    Added Successfully

    Type above and press Enter to search.