Kabar Terbaru

Aplikasi

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 MTs Lengkap

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 MTsKompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Saat ini setiap sekolah dan madrasah sudah mulai menerapkan Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2013. Untuk itu, bapak dan ibu guru harus menyesuaikan diri dengan kurikulum terbaru ini. Sebab dalam K13 sangat berbeda dengan kurkulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP.

Perbedaan yang paling mendasar ialah diubahnya istilah Standar Kompentensi dan Kompentensi Dasar (SK KD) dengan istilah baru yaitu Kompentensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Perubahan ini tidak hanya dalam istilah saja, melainkan juga dalam isinya. Antara SK KD KTSP dengan KI KD K13 itu sangat berbeda. Kendati keduanya diperuntukkan bagi jenjang pendidikan yang sama. Maka tidak mengherankan, jika ada sekolah/madrasah yang materi ajarnya berbeda. Hal itu dikarenakan kurikulum yang dipakai juga berbeda.

Dan setiap guru wajib memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Sebab dokumen ini yang menjadi dasar materi yang akan kita ajarkan kepada peserta didik. Tanpa mengerti KI KD, maka guru akan kebingungan dengan materi yang akan diajarkan di dalam kelas nantinya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami dari admin Guru Madrasah akan membagikan Komptenesi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 MTs Lengkap. KI KD ini diperuntukkan bagi kelas 7-9 jenjang MTs. Di dalamnya sangat lengkap, sebab memuat semua mapel Kurikulum 2013 yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah.

Download Komptenesi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 MTs Lengkap

Adapun Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang MTs bisa anda unduh pada link di bawah ini:
Demikianlah informasi mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 MTs yang bisa Guru Madrasah sampaikan. semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi :

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah, Jika ada link yang rusak silakan bisa hubungi kami di Contact Form DISINI :