Kabar Terbaru

Aplikasi

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Kisi Kisi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI, MTs, dan MA Tahun 2018

Diposkan Oleh On May 14, 2018

kisi-kisi ksm 2018
Kisi Kisi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI, MTs, dan MA Tahun 2018 ini bersumber dari Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 575 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2018 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 29 Januari 2018.  Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2018 bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan sains madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan selalu menjunjung tinggi sportivitas serta nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Pada pelaksanaan KSM Tahun 2018 ini juga menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa Madrasah. Terlebih lagi dapat memotivasi siswa Madrasah supaya selalu meningkatkan kemampuan spiritual, intelektual, dan emosional berdasarkan nilai- nilai agama.

Berikut ini adalah bidang yang dilombakan untuk masing- masing jenjang tentu berbeda, berikut saya paparkan bidang yang dilombakan untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI, MTs, dan MA ke VI Tahun 2018 ini.
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI) bidang yang dilombakan yaitu:
  1. Matematika Terintegrasi
  2. Sains IPA Terintegrasi
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) bidang yang dilombakan yaitu:
  1. Matematika Terintegrasi
  2. IPA Terpadu Terintegrasi
  3. IPS Terpadu Terintegrasi
  • Madrasah Aliyah (MA) bidang yang dilombakan yaitu:
  1. Matematika Terintegrasi
  2. Biologi Terintegrasi
  3. Fisika Terintegrasi
  4. Kimia Terintegrasi
  5. Ekonomi Terintegrasi
  6. Geografi Terintegrasi
Tahapan KSM Satuan Pendidikan dilaksanakan Maret- April 2018, lalu tahapan KSM Kabupaten/Kota dilaksanakan 12 Mei 2018, kemudian KSM Provinsi dilaksanakan pada 25 Juli 2018, dan tahap terakhir yaitu KSM Nasional dilaksanakan di Provinsi Bengkulu pada tanggal 17-21 September 2018.

Contoh soal tentang sains terintegrasi.

Contoh untuk bidang lomba Matematika Terintegrasi MI
  • Faiz dan teman-temannya baru saja belajar ilmu tajwid di masjid Ulul Albab. Faiz mendapatkan pelajaran tentang hukum al-Syamsiyah dan al- Qomariyah. Pada malam hari, Faiz mencoba menyusun sebanyak mungkin susunan huruf Hijaiyah yang membentuk ayat pertama pada sebuah surah di Al-Quran yang arti nama surahnya adalah “demi masa” tanpa mengubah ataupun menghilangkan harakatnya. Tentukan peluang terjadinya pertemuan huruf-huruf Hijaiyah yang sesuai dengan hukum bacaan Al- Qomariyah pada percobaan yang dilakukan Faiz !
Contoh untuk bidang lomba Matematika Terintegrasi MTs
  • Setiap hari Sabtu selama 8 minggu kedepan, pak Abdullah melakukan perjalanan jauh sehingga ia harus melakukan jamak qashar sholat Dhuhur dengan sholat Ashar dan sholat Maghrib dengan sholat Isya’. Setiap hari pak Abdullah melakukan sholat Dhuha 2 rakaat dan sholat Tahajud 2 rakaat, kecuali pada saat melakukan perjalanan. Jika pak Abdullah selalu melakukan sholat Jum’at, maka tentukan jumlah rakaat wajib yang dilakukan pak Abdullah selama 8 minggu !
Unduh File :
Download Kisi Kisi KSM 2018 MI MTs MA
Demikian tadi informasi mengenai Kisi Kisi KSM 2018 MI MTs MA (Kompetisi Sains Madrasah) yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Rekomendasi :

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah, Jika ada link yang rusak silakan bisa hubungi kami di Contact Form DISINI :