Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Contoh Materi Khutbah Idul Fitri 2018 H / 1439 M Yang Menyentuh Hati

Pada kesemapatan kali ini kami akan membagikan sebuah khutbah idul fitri yang membahas tentang tanggal 1 syawal, khutbah ini bisa menjadi sebuah acuan bagi para khotib yang nanti di hari lebaran, kebagian tugas untuk memimpin shalat idul fitri, meskipun isinya sangat ringkas dan…

Pada kesemapatan kali ini kami akan membagikan sebuah khutbah idul fitri yang membahas tentang tanggal 1 syawal, khutbah ini bisa menjadi sebuah acuan bagi para khotib yang nanti di hari lebaran, kebagian tugas untuk memimpin shalat idul fitri, meskipun isinya sangat ringkas dan padat, namun mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi yang sedang mencarinya.
Khutbah Idul Fitri 2018 H / 1439 M
Jika ada kata-kata yang salah atau kalimatnya kurang berkenan, maka dengan senang hati silahkan untuk di perbaiki, atau di tambah dengan yang lebih baik. Jadi sebelum di ambil, sebaiknya di baca dan di pelajari terlebih dahulu, karena kami juga sadar, dengan keterbatasan dan kebodohan kami, tidak menutup kemungkinan jika khutbah ini banyak salahnya.


Khutbah 1 Pertama Idul Fitri

اَ لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ا للهِ وَبَرَكَاتُهْ
اَلله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ, لله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ, لله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ ,اَلله ُاَكْبَرْ
.لَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ، اَللهُ اَكْبَرْوَلِلَّهِ الْحَمْدُ، اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. لَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَعَبْدَهُ وَاَعَزَّجُنْدَهُ وَهَزَمَ الْاَحْزَابَ وَحْدَهُ، لَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَلَانَعْبُدُ اِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنِ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ.
اَلْحَمْدِلِلَّهِ الَّذِىْ جَعَلَ هَذَا الْيَوْمَ عِيْدًا وَسَعَادَةً لِلْمُسْلِمِيْنَ، وَخَتَمَ بِهِ شَهْرُ رَمَضَانَ الْمُبَارَكَ الَّذِيْ كُتِبَ فِيْهِ الصِّيَامُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ، وَأُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُداً لِلْمُتَّقِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِى سَبِيْلِهِ حَقَّ جِهَادِهِ اِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
اَمَّابَعْدُ: فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَاتَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَ نْتُم مُسْلِمُوْنَ.
قاَلَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَلِتُكْمِلُوْا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُاللهَ عَلَى مَاهَدَا كُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Saat ini kita semua sudah berada di bulan syawal yang membawa keuntungan lahir dan batin, setelah sebulan penuh membersihkan diri di bulan ramadhan. Syawal yang baru datang, yang bertepatan dengan tanggal satu hari raya idul fitri menjadi suatu hari kebahagiaan bagi seluruh umat islam. Begitu mulianya hari tersebut, bahkan bukan hanya orang islam saja yang merasakan atau mendapatkan keuntungannya, tetapi umat lain pun ikut merasakan keuntungannya bahkan lebih luar biasa lagi tetapi hanya dalam bentuk diunia saja. Oleh sebab itu kita sebagai umat bertauhid yang berpedoman terhadap al-quran dan sunnah rosul, jadikan lah bulan syawal ini menjadi hari keuntungan untuk dunia dan akhirat. Jangan sampai seperti kebanyak orang-orang yang tidak beriman yaitu mereka-mereka yang rugi dunia dan akhiratnya.

Mari kita cermati bersama-sama dengan sebenar-benarnya. Yang di maksud dengan kerugian keakhiratan seperti banyak dari bangsa ini yang mengaku umat islam tapi jarang melaksanakan shalat, bahkan ada yang sama sekali tidak pernah melaksanakannya, Puasa di tinggalkan apalgi zakat serta banyak lagi yang lainnya. Sementara yang di maksud dengan kerugian dari sisi dunia seperti tidak sedikit sehabat bahkan kerabat kita yang secara percuma-cuma menghambur-hamburkan hartanya hanya untuk sebuah hal yang tidak bermanfaat, yang akhirnya bukan keuntungan yang di dapat namun hutang semakin bertambah.

الله اكبر ×٣ ولله الحمد

Hadirin Yang Di muliakan allah

Mari kita sama-sama cari dan gali rahasia yang tersimpan pada tanggal 1 syawal ini. Datangnya tanggal 1 syawal ini karena sempurnanya bulan ramadhan, setelah kita selesai melaksanakan puasa selama sebulan penuh yang semata-mata karena allah, sehingga prlu kita sukuri karena selama sebulan berpuasa kita di berikan kekuatan dan kesehatan. Tanggal 1 syawal ini lah yang tepat kita jadikan sebagai waktu untuk mensukuri hal tersebut, baik itu bersukur karena tamatnya ibadah puasa, bersukur karena masih bisa melaksanakan ibadah zakat hingga bersukur karena masih di beri kesempatan untuk bersilaturami dengan kerabat (saudara) dan para guru serta orang-orang terdekat, bahkan harus bersukur karena bisa meminta maaf dan saling memafkan kepada sesama manusia.
Bahkan kita pun harus sangat bersukur dan merasa gembira karena teman-teman yang tadinya jarang terlihat shalat namun di tanggal 1 syawal ini dia terlihat kemesjid dan melaksanakan shalat, Itu merupakan sebuah bukti dari keagungan bulan syawal ini. Akan sangat rugi orang yang tidak mau ikut shalat lebaran, apalgi orang yang tidak pernah tamat puasanya, shalat 5 waktupun jarang, malah shalat yang setahun sekalipun dia tinggalkan. Mudah-mudahan jika ada di sini yang seperti itu, allah swt memberika cahaya keimanan di hatinya, sehingga setelah melaksanakan shalat idul fitri ini kedepannya dia menjadi seorang ahli ibadah, ahli shalat, ahli mesjid, ahli pengajian, dan menjadi ahli taqwa, amiin yaa rabbal 'alamiin

الله اكبر ×٣ ولله الحمد

Hadirin Kaum Muslimin Yang Di Muliakan Allah

Sebulan lamanya, jasmani dan ruhani kita di latih dengan cara cara yang sangat istimewa, mudah-mudahan latihan tersebut membuahkan hasil yang bermanfaat. Selama sebulan lamanya kita sudah sanggup memerangi hawa nafsu dan menjadi orang yang tunduk dan mengenal hukum agama, mudah-mudahan hasil dari latihan tersebut menjadi bekal untuk sebelas bulan yang akan datang.

Semoga mulai hari ini kita bisa merasa lebih yakin lagi, bahwasanya sekarang kita hidup alam dunia maka hari esok atau yang akan datang sudah pasti di panggil sang maha kuasa untuk menempuh alam akhirat, dengan begitu, mulailah raga dan sukma ini isi dengan berbagai hal kebaikan, terutama isi dengan jawaban-jawaban yang berasal dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Raga dan jiwa ini asal dari mana dan lahir kedunia ini kemauan siapa.?

2. Apa tugas kita hidup di alam dunia ini?

3. Ketika nanti raga ini meninggalkan dunia, akan kembali kemana dan kepada siapa?

4. Ketika nanti kita harus pergi dari alam dunia ini, apa bekal yang akan di bawa?

Silahkan, ke empat pertanyaan tersebut, di jawab dengan jawaban yang jitu yang berarti dan berfaedah, yang mampu membawa kepada perubahan yang lebih bermanfaat. Seupamanya yang tadinya suka malas-malasan untuk beribadah, mulailah berniat untuk menjadi ahli ibadah, yang tadinya suka marah-marah mulailah berlatih kesabaran dari sekarang, yang tadinya memiliki sufat pelit mulailah kembali menjadi orang yang dermawan, yang tadinya malas mulailah giat dan jujur, yang tadinya tidak mau bergaul dengan orang shalih sekarang mulailah berkumpul dengan para ulama, biasakanlah kita untuk selelu hadir dalam berbagai acara pegajian-pengajian.

Allah swt Berfirman

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Wa 'adzalllohul-ladziina aamanuu wa'amilussolihaati lahum maghfirotuw-wa ajrun 'adziimm

Artinya : Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh[12], (bahwa) mereka akan mendapat ampunan dan pahala yang besar (surga) (QS.Al-Maidah:9)

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات و الذكر الحكيم إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Ke 2 Dua Idul Fitri

الله اكبر ( x 7 )
الله اكبر كبيرا والحمد لله كيرا وسبحان الله بكرة واصيلا لا اله الاّ الله والله اكبر.
الحمد لله الّذي جعل الأعياد بالأ فراح والسّرور. وضاعف للمتّقين جزيل الأجور. احمده سبحانه وتعالى فهو احق محمود واجل مشكور. واشحد ان لا اله الاّ الله وحده لا شريكله شحادة يشرح الله لنا بها الصّدور، واشهد انّ سيّدنا ونبيّنا ممّد عبده ورسوله الّذى اقام منار الإسلام بعد الدثور. اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى اله وصحبه صلاة وسلاما دائمين متلازمين الى يوم البعث والنّسور.
امّا بعد. فيا ايّها النّاس اتّق الله تعالى واعلموا انّ يومكم هذا يوم عظيم. فاكثروا من الصّلاة على النّبيّ الكريم. وقال تعالى فى كتابه الكريم انّ الله وملائكته وصلّون على النّبى يا ايّها الّذين آمنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما. اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد سيد المرسلين وعلى اله واصحابه والتّابعيم وتابع التّبعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدّين. وارحمنا معهم برحمتك يا ارحم الرّاحمين.
اللهمّ اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات انّك سميع قريب مجيب الدّعوات. اللّهمّ انصر من نصر الدّين، واخذل من خذل المسلمين،
ودمّراعدائك اعداء الدّين، واهلك الكفرة والمشركين. واعل كلمتك الى يوم الدّين. ربّنا اغفرلنا ولأخواننا الّذين سبقونا با لأيمان ولا تجعل فى قلوبنا غلّا للّذين آمنوا ربّنا إنّك رؤف رحيم.
ربنا آتنا فى الدّنيا حسنة وفىالأخرة حسنة وقنا عذاب النّار.
عِبَادَ الله، إِنَّ اللهَ يَعْمُرُ بِا لْعَدْلِ وَالآحْسَانِ وَأِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشًاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, فاذكروا الله العطيم يذكركم واشكروه على نعمه يذدكم واسئلوه من فضله يعتكم وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
وا لسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Itulah contoh teks khutbah idul fitri untuk tahun ini, silahkan anda jadikan sebuah referensi untuk di gunakan nanti saat tiba waktunya, semoga bermanfaat. [sumber]

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.