Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Jadwal Pelaksanaan SNMPTN Tahun 2018

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, pada hari sabtu, 13 Januari 2018. Untuk mendukung program ini, pemerintah telah menyiapkan A…

jadwal snmptn 2018
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, pada hari sabtu, 13 Januari 2018.

Untuk mendukung program ini, pemerintah telah menyiapkan Aplikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan siap diakses besok pagi oleh siswa dan sekolah yang akan mengikuti SNMPTN pada tahun 2018 ini.

Jalur SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Nasir mengingatkan pada para kepala sekolah untuk berhati-hati dalam memasukan data siswa dan sekolah.

SMA, SMK, maupun MA yang dapat mendaftarkan siswanya harus memenuhi syarat. Sekolah yang berakreditasi A dapat mendaftarkan 50 persen siswa terbaik di sekolahnya. Sedangkan sekolah berakreditasi B dapat mendaftarkan 30 persen terbaik di sekolahnya. Adapun sekolah  berakreditasi C bisa mendaftarkan 10 persen siswa terbaik di sekolahnya.  Sekolah yang tidak berakreditasi A, B, maupun C dapat mendaftarkan 5 persen  terbaik di sekolahnya.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN Tahun 2018 :
  • Pengisian dan verifikasi PDSS pada 13 Januari -10 Februari,
  • Pendaftaran pada 21  Februari-6 Maret, 
  • Pengumuman hasil seleksi pada 17  April 2018, 
  • Pendaftaran ulang peserta yang  lulus di perguruan tinggi negeri masing-masing pada 8 Mei  2018. Daftar ulang tersebut dilakukan bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN.
Adapun jumlah peserta SNMPTN 2018 akan ditingkatkan dari tahun lalu. Sekolah Peserta SNMPTN 2017 berjumlah 14.397 dengan 130.854 orang siswa. Jumlah perguruan tinggi negeri  yang menerima mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN tahun ini berjumlah 86.

Demikian informasi mengenai Jadwal Pelaksanaan SNMPTN Tahun 2018. Semoga bermanfaat [sumber]

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.