2017-04-16

Latihan Soal Ujian Sekolah UASBN SD/MI Tahun 2017
Ujian sekolah (US) untuk jenjang SD/MI dan sederajat pada Tahun Pelajaran 2016/2017 akan digelar mulai tanggal 8 sampai 12 Mei 2017. Ujian akhir yang dulunya dikenal dengan Ujian Nasional (UN) ini tetap mengujikan tiga mata pelajaran utama, yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan untuk jadwal ujian sekolah (US) susulan bagi siswa yang berhalangan hadir akan dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai 19 Mei 2017. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal, Matematika 40 soal, dan IPA 40 soal.

Soal ujian sekolah (US) SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 disusun oleh pemerintah provinsi berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota berdasarkan kisi-kisi dari Kemendikbud. Untuk bahan persiapan, biasanya akan diadakan Try Out menghadapi Ujian Sekolah (US) oleh Dinas Pendidikan.

Baca Juga : Latihan Soal dan Pembahasan Soal UN untuk SD/MI

Dan pada kesempatan ini pula Blog Guru Madrasah akan mencoba berbagi file kumpulan soal latihan Ujian Sekolah UASBN untuk SD/MI yang dapat digunakan sebagai sarana mengasah kemampuan siswa/siswi kelas 6 dalam mengahadapai USBN tahun ini. File ini dapat rekan guru unduh melalui tautan link berikut ini.

Download File :

Semoga kumpulan soal untuk latihan UASBN ini bisa bermanfaat buat rekan guru madrasah dan rekan guru lainya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan update informasi seputar aplikasi dan informasi yang bermanfaat untuk dunia pendidikan madrasah.

Syarat Sertifikasi Guru Yang Diangkat Sebelum Tahun 2016
Kemendikbud menerbitkan Permendikbud 29 Tahun 2016 tentang Sertifikasi bagi Guru yang diangkat sebelum Tahun 2016. Dengan berlakunya  Permendikbud nomor 29 Tahun 2016 ini maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.

Permendikbud nomor 29 Tahun 2016 ini ditandatangani di bulan Agustus 2016 lalu oleh Mendikbud Muhajir Effendy, jadi mereka yang mengikuti sertifikasi guru sudah berpedoman pada Permendikbud ini. Ada beberapa poin penting dalam Permendikbud nomor 29 tahun 2016 ini antara lain perihal UKG dan syarat sertifikasi guru (sergur).

Sertifikasi diikuti guru yang memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);
  2. berstatus sebagai guru CPNS, PNS, atau guru tetap;
  3. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  4. terdaftar pada Daftar Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan
  5. telah mengikuti UKG sebelum PLPG, khusus bagi guru yang diangkat setelah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen diberlakukan sampai dengan 31 Desember 2015 memiliki hasil UKG sebelum PLPG dengan nilai paling rendah 55.
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah salah satu pola sertifikasi guru yang diangkat sebelum Tahun 2016 yang memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri ini. PLPG diselenggarakan sampai dengan tahun 2019 oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Baca Juga : Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penulisan Blanko Ijasah

Guru yang memiliki nilai UKG pada awal PLPG paling rendah 80 dan memperoleh nilai PLPG paling rendah baik diberi sertifikat pendidik langsung tanpa mengikuti UKG pada akhir PLPG. Guru yang belum memperoleh nilai tersebut dapat mengikuti Ujian Ulang PLPG paling banyak 4 kali dalam jangka waktu 2 tahun tanpa melalui proses PLPG lagi.


Lebih lengkap mengenai Permendikbud Nomor 29 Tahun 2016 ini silakan bisa mengunduhnya pada tautan link berikut ini.

Download File :

Demikian informasi mengenai syarat sertifikasi guru yang diangkat sebelum tahun 2016. Semoga info ini bermanfaat. Jangan lupa like Fanspage Guru Madrasah untuk mensuport kami agar terus berkiprah menyebarkan info yang bermanfaat buat para guru Indonesia.

rpp kelas 4 sd kurikulum 2013
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Kami mencoba berbagi RPP edisi revisi kurikulum 2013 tahun 2016 yang dibuat oleh rekan-rekan guru saat pelatihan, dan tentu saja sudah mengacu pada pemetaan KI dan KD revisi terbaru maret 2016 lihat contoh RPP K13 SD berikut ini.

Baca Juga : Aplikasi Analisis Ulangan Harian SD/MI

Pada posting kali ini kami bagikan RPP yang tersusun dari tema dan subtema serta pembelajaran yang memuat KI dan KD versi terbaru. Adapun tema pembelajaran yang akan kami bagiakan dari RPP kelas 4 SD/MI terdiri dari tema berikut :
  • RPP Kelas 4 tema 1 pembelajaran 1
  • RPP kelas  4 tema 1 pembelajaran 2
  • RPP kelas  4 tema 1 pembelajaran 3
  • RPP Kelas 4 tema 1 pembelajaran 4
  • RPP Kelas 4 tema 1 pembelajaran 5
  • RPP Kelas 4 tema 1 pembelajaran 6
  • RPP Kelas 4 tema 2 pembelajaran 1
  • RPP Kelas 4 tema 2 pembelajaran 2
  • RPP Sub tema 2 pembelajaran 3,4 & 5
  • RPP Sub tema 2 pembelajaran 6 dan sub tema 3 pembelajaran 2
  • RPP Sub tema 3 pembelajarn 1
  • RPP Sub tema 3 pembelajaran 3 
  • RPP Kelas 4 Tema 4 - Berbagai Pekerjaan
  • RPP Kelas 4 Tema 5 - Pahlawanku
  • RPP Kelas 4 Tema 6 - Indahnya Negeriku
  • RPP Kelas 4 Tema 7 - Cita-Citaku
  • RPP Kelas 4 Tema 8 - Tempat Tinggalku
  • RPP Kelas 4 Tema 9 - Makanan Sehat dan Bergizi
Untuk memudahkan rekan guru mengunduh RPP kelas 4 semua tema pembelajaran ini telah kami sediakan link dibawah ini.

Download File :

Demikian info mengenai RPP Kelas 4 SD/MI semua pembelajaran edisi revisi 2016. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan update informasi.

beasiswa dokter umy 2017
Beasiswa Dokter Muhammadiyah adalah suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada kader-kader Muhammadiyah. Beasiswa diberikan pada mahasiswa baru yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah dan Pondok Pesantren Muhammadiyah/Aisyiyah yang mempunyai motivasi dan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa yang diberikan adalah biaya selama kuliah (SPP, DPP, bantuan biaya hidup, buku dan penelitian) kepada calon mahasiswa baru program studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Persyaratan Calon Penerima

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulus Sekolah Menengah Umum dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tahun 2017, 2016 atau 2015.
  3. Pendidikan orang tua/ wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  4. Berpotensi akademik baik.
  5. Tidak buta warna.
  6. Tidak mampu secara ekonomi yang ditunjukkan oleh surat keterangan dari Kelurahan/ Desa setempat.
  7. Merupakan anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah atau Pondok Pesantren Muhammadiyah/Aisyiyah dari keluarga kurang mampu
  8. Merupakan kader Muhammadiyah

Cara Mendaftar

Cara mendaftar Beasiswa Dokter Muhammadiyah sebagai berikut :
  1. Mengisi formulir pendaftaran Beasiswa Dokter Muhammadiyah yang dikeluarkan oleh Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY
  2. Melampirkan surat keterangan dari Panti Asuhan/Pondok Pesantren bahwa yang bersangkutan tinggal di Panti Asuhan/Pondok Pesantren minimal selama 2 tahun;
  3. Melampirkan surat keterangan dari Pimpinan Cabang atau Pimpinan Daerah Muhammadiyah;
  4. Melampirkan Surat Pernyataan Kesediaan mengabdi di Amal Usaha Muhammadiyah bidang Kesehatan di seluruh Wilayah Indonesia;
  5. Melampirkan fotokopi ijazah SMA yang dilegalisir (Bagi yang lulus tahun 2016 dan 2015);
  6. Melampirkan fotokopi raport SMA dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 (6 semester) yang dilegalisir (Bagi yang lulus tahun 2016 dan 2015);
  7. Melampirkan fotokopi raport SMA dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 (5 semester) yang dilegalisir (Bagi yang lulus tahun 2017);
  8. Melampirkan Surat keterangan tentang prestasi/ peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain (Jika ada);
  9. Melampirkan fotokopi Kartu keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  10. Menyerahkan pasfoto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (Foto sebaiknya sama dengan foto dalam ijazah);
  11. Surat Keterangan tidak mampu dari Kelurahan atau Kecamatan;
  12. Surat Keterangan Gaji Orang Tua dari tempat kerja orang tua atau surat keterangan penghasilan dari Kelurahan/Desa setempat;
  13. Bagi pendaftar yang sudah yatim/piatu/yatim piatu, dapat melampirkan fotokopi surat/akta kematian orang tua dari Desa/ Kelurahan setempat;
  14. Melampirkan Profil atau Program Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah oleh Pimpinan Muhammadiyah setempat;
  15. Foto rumah/tempat tinggal keluarga tampak depan, samping, dan dalam (dicetak dan ditempel di kertas).
Demikian informasi mengenai beasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Aplikasi Analisis Ulangan Harian Untuk SD/MI
Pada kesempatan ini admin Guru Madrasah akan berbagi sebuah aplikasi yang tentunya sangat membantu rekan guru dalam proses belajar mengajar di sekolah atau madrasah. Aplikasi ini adalah untuk menganalisis nilai ulangan harian yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk meringankan sebagian pekerjaannya dalam materi terkait. Aplikasi ini diperuntukkan untuk sekolah tingkat dasar SD/ MI dan pastinya beberapa instrumen  penilaian bisa dikerjakan lebih cepat dan tepat.

Aplikasi yang dimaskusud kegunaanya tidak usah diragukan lagi, karena diambil dari sumber terpercaya, dan sudah melalui beberapa proses, menggunakan format Microsoft Office Excel yang akan mempermudah dalam pengoprasian Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian ini. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah digunakan di sekolah-sekolah atau madrasah yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Program Kerja Ujian Nasional dan Sekolah/Madrasah

Setelah guru melakukan proses ini (Analisis nilai Ulangan Harian) diharapkan guru tersebut bisa memiliki gambaran, tingkat kompetensi dan daya serap yang kuat untuk menyikapi hal tersebut. Setelah semuanya terkonsep dan mengetahui nilai analisis, guru diharapkan juga dapat menyusun sebuah rencana tindakan remedial untuk berkelanjutan

Bagi yang memerlukan Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian SD/ MI rekan-rekan guru madrasah bisa langsung mendownlaodnya via tautan yang sudah admin sediakan dibawah ini.

Link Download:

Demikian yang bisa admin sajikan mengenai Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian. Mudah-mudahan artikel/ aplikasi yang sudah admin baikan bisa dijadikan referensi atau kata kunci utama untuk permasalahan analisis nilai ulangan siswa.

Contoh Program Kerja Ujian Nasional
Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat dalam mendidik, pada kesempatan kali ini admin Guru Madrasah akan mencoba berbagi file berkas Contoh Program Kerja Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2016-2017. Download file dalam format .docx Microsoft Word. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Kepanitiaan pelaksana Ujian Nasional atau Madrasah.

Berikut ini adalah susunan Daftar Isi dan Daftar Lampiran dari Contoh Program Kerja Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) yang mungkin bisa membantu rekan guru semua dalam menyusun program kerja serupa dan disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing. Contoh program kerja ini juga bisa digunakan untuk madrasah. Berikut susnan program kerja dan lampirannya :
  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar 
  • Program Kerja Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Keputusan Kepala Disdikpora Kabupaten Tentang Sekolah Penyelenggara Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Pernyataan Pengawas Ruang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Pembentukan Panitia Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penyusunan Naskah, Pengawas dan Pemeriksa Ujian Sekolah dan Ujian Praktek Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Tim Penyusunan Naskah Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017

Lampiran-Lampiran:
  • Anggaran Penyelenggaraan Ujian Surat Pernyataan Menjaga Kerahasiaan
  • Jadwal Ujian Nasional Utama
  • Jadwal Ujian Nasional Susulan
  • Daftar Peserta Ujian Nasional
  • Denah Tempat Duduk Peserta Ujian Nasional
  • Kartu Peserta Ujian Nasional
  • Jadwal Posko Ujian Nasional
  • Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional
  • Tata Tertib Peserta Ujian Nasional
  • Jadwal Pengawas Ujian Nasional
  • Daftar Hadir Pengawas Ujian Nasional
  • Daftar Hadir Panitia Ujian Nasional
  • Berita Acara Serah Terima Naskah Soal Ujian Nasional
  • Berita Acara Serah Terima Sisa Naskah Soal Ujian Nasional
  • Berita Acara Penggunaan Naskah Soal Sisa Ujian Nasional
  • Berita Acara Serah Terima Lembar Jawab Ujian Nasional
  • Laporan Harian Pelaksanaan Ujian Nasional
  • Serah Terima Lembar Jawab Ujian Nasional SMP
  • Dan lain-lain
Lebih jelasnya mengenai Contoh Program Kerja Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) Tahun 2016-2017 ini, silakan rekan guru madrasah bisa mengunduhnya pada tautan link berikut.

Download File :

Demikian mengenai Contoh Program Kerja Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) Tahun 2016-2017 yang dapat admin blog Guru Madrasah sampaikan. Semoga file ini bermanfaat buat rekan guru semua. Jangan lupa berkunjung kembali di blog Guru Madrasah ini.

Olimpiade Qur'an Se-Indonesia Jilid 2
Lembaga Tahfizh dan Ta’lim al-Qur’an (LTTQ) adalah salah satu Lembaga yang berada di bawah naungan Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Olimpiade Qur’an (OQ) se-Indonesia Jilid 2 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang akan diikuti oleh santri dari pondok pesantren se-Indonesia. OQ kali ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, yang sebelumnya telah diselenggarakan Olimpiade Qur’an se-Indonesia Jilid 1 pada tahun 2014.

Persyaratan:
  1. Peserta adalah santri yang masih aktif di pesantren dibuktikan dengan surat aktif dari pesantren yang bersangkutan.
  2. Peserta berusia maksimal 19 tahun pada hari pelaksanaan lomba dan untuk Olimpiade Hifzh Al-Qur’an maksimal 20 tahun dibuktikan dengan Foto Copy Ijazah atau Foto Copy Akte Kelahiran atau KTP.
  3. Peserta belum pernah menjadi juara pada cabang lomba yang diikuti di MTQ tingkat Nasional. Apabila diketahui telah menjuarai cabang tersebut maka dinyatakan gugur kejuaraannya.
  4. Setiap pesantren hanya boleh mengirimkan 2 (dua) delegasi per cabang lomba.
  5. Setiap peserta hanya boleh mengikuti 1 (satu) cabang lomba.
  6. Cabang lomba yang bersifat beregu harus beranggotakan santri yang berasal dari satu pesantren yang sama.
  7. Peserta yang telah terdaftar tidak dapat digantikan oleh peserta lain, apabila sudah mendapat pengesahan dari panitia (dengan alasan apapun).
  8. Pengambilan nomor tampil peserta dilakukan pada saat Technical Meeting (Kamis, 20 April 2017).
  9. Peserta dinyatakan gugur apabila tidak memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam pedoman.

Cabang dan Golongan Olimpiade:

Ada 5 (lima) cabang olimpiade yang dilaksanakan dalam Olimpiade Al-Qur’an Jilid 2 Se- Indonesia, yaitu:
  1. Olimpiade Hifzh Al-Qur’an atau lomba menghafal Al-Qur’an, terdiri dari 2 (dua) golongan: a. Golongan 15 Juz b. Golongan 30 Juz.
  2. Olimpiade Tilawah Al-Qur’an atau lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, terdiri dari 2 (dua) golongan: a. Putra b. Putri.
  3. Olimpiade Fahm Al-Qur’an atau lomba pemahaman Al-Qur’an.
  4. Olimpiade Syarh Al-Qur’an atau lomba analisis kandungan Al-Qur’an.
  5. Olimpiade Khat Al-Qur’an atau lomba menulis indah Al-Qur’an kategori hiasan mushaf.

Lebih lengkapnya mengenai Olimpiade Qur’an Se-Indonesia Jilid 2 oleh LTTQ Fathullah ini, silakan bisa mengunduh juknisnya pada tautan link berikut ini.

Download File

Demikian info menegai Olimpiade Qur’an Se-Indonesia Jilid 2 oleh LTTQ Fathullah. Semoga bermanfaat.

Panduan Aplikasi SisPenA
SisPenA atau Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah merupakan aplikasi berbasis web yang diakses melalui laman resmi BAN-S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah). Melalui panduan ini rekan guru akan dituntun bagaimana menggunkan sistem penilaian ini. File ini bisa diunduh dalam postingan ini dalam bentuk pdf yang bisa mempermudah untuk mempelajarinya.
Berikut ini kutipan keterangan dari isi Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah:

Panduan SisPenA S/M untuk Sekolah

Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.

Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu :
Buka url: http://bansm.or.id/sispena di halaman browser.
Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id

Baca Juga : Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 entang Ijasah dan SHUN

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah ini silahkan lihat di bawah ini:


Lebih lengkapnya mengenai Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah ini, silakan bisa mengunduhnya pada link berikut.

Download File :

Semoga informasi ini bermanfaat buat rekan guru madrasah yang kebetulan akan menghadpai akreditasi dalam waktu dekat ini. Jangan lupa berkunjung kembali di Blog Guru Madrasah ini.

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget