2017-04-09

permendikbud nomor 14 tahun 2017
Dengan pertimbangan bahwa dalam rangka pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan, peserta didik berhak memperoleh ijazah; bahwa dalam rangka pengakuan atas atas capaian ujian nasional pada suatu jenjang pendidikan, peserta didik berhak memperoleh sertifikat hasil ujian nasional; serta bahwa dalam rangka pengaturan penerbitan ijazah dan sertifikat hasil ujian nasional, perlu peraturan mengenai ijazah dan sertifikat hasil ujian nasional.

Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy telah menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional ditetapkan Mendikbud Muhadjir Effendy pada tanggal 31 Maret 2017, dan diundangkan oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Widodo Ekatjahjana pada tanggal 5 April 2017.


Selengkapnya untuk melihat dan mengunduh salinan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 yang memuat aturan tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional yang selanjutnya disingkat SHUN ini silahkan kunjungi link tautan di bawah ini.

Downlaod File :

Demikian info mengenai Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 yang dapat admin blog Guru Madrasah sampaikan. Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa berkunjung kembali untuk mendapatkan info baru seputar dunia pendidiakan.

juknis penulisan ijasah 2017
Petunjuk Teknis Pengisian Blanko Ijasah untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017 telah diterbitkan oleh Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan badan Penelitian dan Pengembangan dengan nomor 018/H/EP/2017 tanggal 6 April 2017. Diantara isi dari petunjuk tersebut adalah :
  1. Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, SPK, Paket A, Paket B, dan Paket C diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. Terdapat tiga jenis Ijazah yaitu; Ijazah untuk sekolah yang menggunakan
  2. Kurikulum 2006, Ijazah untuk sekolah yang menggunakan 2013, dan Ijazah untuk satuan pendidikan kerjasama (SPK). Perbedaan tersebut terletak pada Daftar Nilai yang terletak di halaman belakang dan kode blangko yang terletak di halaman muka.
  3. Ijazah terdiri dari 2 muka dicetak bolak-balik, dimana identitas dan redaksi di halaman muka, hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
  4. Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, diisi oleh panitia penulisan Ijazah yang dibentuk Kepala Sekolah.
  5. Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C diisi oleh panitia penulisan Ijazah yang dibentuk oleh Kepala SKB/Ketua PKBM.
  6. Pengisian Ijazah menggunakan tulisan tangan dengan tulisan huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus. Dalam kondisi tertentu dapat diisi dengan sistem komputer (dicetak).
  7. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau dihapus (tipe-ex), melainkan harus diganti dengan blangko yang baru. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.

Lebih Jelasnya mengenai Petunjuk Teknis Pengisian Blanko Ijasah untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017 ini, silakan rekan-rekna guru bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini.

Download File :

Demikian info mengenai Petunjuk Teknis Pengisian Blanko Ijasah untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga bermanfaat buat bapak/ibu guru madrasah dimanapun berada.

Pemutakhiran Simpatika Berbasis Juknis TPG 2017
Sahabat dan rekan guru madrasah, kabar diulangnya proses verval dan upgate simpatika di semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 ternyata memang benar adanya. Hal ini untuk penyesuaian dengan Juknis TPG tahun 2017 yang mengalami perubahan. Hal ini tentunya membuat kerja dua kali para operator madrasah karena harus menyusun ulang isian jadwal mengajar bagi para guru agar bisa memenuhi S25, SKMT dan SKBK yang sesuai dengan persyaratan terbaru pada Juknis TPG 2017 di SIMPATIKA. Info selengkapnya admin ambil dari fanspage resmi simpatika kemanag yang baru-baru ini merilis mengenai hal tersebut. Berikut info selengkapnya :

PEMUTAKHIRAN SIMPATIKA BERBASIS JUKNIS TPG 2017

Kepada Pengguna SIMPATIKA yth.
Assalammualaikum wr.wb
Dengan hormat,

Kami informasikan bahwa Layanan SIMPATIKA telah dibuka dengan pemutakhiran aturan dan regulasi baru menyesuaikan dengan Juknis TPG 2017. Untuk menyeleraskan terhadap aturan dan regulasi terbaru dimaksud, maka semua SKBK, SKMT dan S25 yang terlanjur diproses hingga sebelum 4 April 2017 akan di reset otomatis oleh sistem.

Untuk itu, dipersilahkan menyusun ulang isian jadwal mengajar bagi para guru agar bisa memenuhi S25, SKMT dan SKBK yang sesuai dengan persyaratan terbaru pada Juknis TPG 2017 di SIMPATIKA. Proses transaksi isian jadwal mengajar guru dilakukan oleh Akun Kamad/Admin Madrasah dan secara otomatis dihitung sebagai JTM setiap guru yang tercanutm pada jadwal tersebut. Setiap guru dapat memonitor kalkulasi perhitungan JTM dimaksud termasuk status syarat TPG lainnya secara Online Real Time melalui akun individu guru masing-masing pada menu Analisa Kelayakan Tunjangan di SIMPATIKA.

Dengan fitur Analisa Kelayakan Tunjangan secara Online Real Time tersebut, diharapkan para guru madrasah dapat memonitor proses perhitungan beban kerja masing-masing berbasis isian jadwal mengajar secara langsung online. Fitur ini mewujudkan proses yang lebih transparan, cepat, mudah dan akuntabel tanpa ada waktu tunggu (delay) tertentu untuk mengetahui status Kelayakan Tunjangan Profesi masing-masing.

Demikian informasi ini disampaikan, semoga banyak membantu.


Wassalam,
Admin Pusat


lulus man ic
Rekan guru madrasah dimanapun berada, proses penerimaan pesertta didik baru Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN Insan Cendekia) diseluruh Indoneisa sudah memasuki tahap akhir hingga pengumuman calamon peserta didik baru utnuk Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dan pada tanggal 10 Apeil 2017, telah dikeluarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam dengan nomor : 2041 Tahun 2017 tentang Penetapan Nama-nama Calon Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang Diyatakan Lulus Seleksi Tahun 2017/2018.

Dan untuk lebih jelasnya dan agar rekan guru serta adik-adik yang sudah daftar di MAN Insan Cendekia tidak penasaran, silakan bisa lihat daftar peserta yang lulus pada seleksi penerimaan MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2017/2018 berikut ini


Lebih lengkapnya silakan bisa diunduh melalui link berikut;

Download File :

Demikian info singkat mengenai daftar nama peserta yang lulus di MAN Insan Cendekia, semoga info ini bermanfaat.

aplikasi leger ijasah mts dan ma
Setiap akhir tahun tentunya rekan guru madrasah khususnya administrasi madrasah disibukkan dengan pembuatan dan pengumpulan nilai akhir dari siswa akhir disekolah atau madrasah-masing-masing. Untuk mempermudah dalam merekap nilai tentunya diperlukan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan kerja rekan guru madrasah semua. Sehingga pada kesempatan kali ini, blog Guru Madrasah akan mencoba berbagi aplikasi pembuatan leger nilai akhir madrasah.

Aplikasi Leger Ijasah ini menggunakan Macro Microsoft Excel. Salah satu tujuan dalam pembuatana aplikasi leger Ijasah ini adalah untuk memudahkan dalam penulisan blanko ijasah serta untuk mengurangi resiko kesalahan pada penulisan nya. Aplikasi ini buat dalam dua Versi: Versi aplikasi untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan versi Apliaksi untuk Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga : Aplikasi Program Penilaian dan Analisis

Pada aplikasi leger ijasah ini terdiri dari :
  1. Rekap nilai semester (dari semester 1 sampai dengan 5)
  2. Rekap Rata-rata nilai Raport
  3. Rekap Nilai Ujian Madrasah (UM)
  4. Rekap Nilai persentasi Nilai Madrasah (NM)
  5. Rekap Nilai Ujian Nasional (UN)
  6. Rekap Nilai Akhir (NA)
  7. Leger Ijasah
  8. Surat Pengumuman Kelulusan
Bagi rekan guru mdrasah yang memerlukan aplikasi nilai ijasah ini bisa mengunduhnya pada tautan link yang kami sematkan dibawah ini.

Download File :

Demikian mengenai aplikasi untuk leger ijasah dalam format macro excel utnuk memudahkan kerja rekan guru madrasah semua. Jangan lupa berkunjung kembali di Blog Guru Madrasah ini.

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget