2017-03-26

Beasiswa S3 Dalam dan Luar Negeri dari Kemenag Tahun 2017
Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendis kembali membuka pendaftaran program beasiswa doktoral (S3). Beasiswa ini diperuntukan bagi dosen dan tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), serta PNS Ditjen Pendidikan Islam. Seperti yang dijelaskan oleh Kasubbag Humas Ditjen Pendidikan Islam Muhtadin di Jakarta bahwa Pembukaan dibuka dari 13 Maret lalu hingga 31 Mei mendatang,

Khusus untuk MoRA-McGill Scholarship on Religion and Society, pendaftaran di tutup pada 1 Mei 2017, sedang Program MoRA-ATN Research and Innovation ditutup pada 22 Mei 2017

Pada program beasiswa S3 ini ada 2 tahapan seleksi, yaitu: seleksi pemberkasan, serta tes tertulis dan wawancara. Peserta yang dinyatakan lolos berkas, akan diikutkan dalam tes tertulis dan wawancara.

Ada 17 PTKI dan 13 PTU (Perguruan Tinggi Umum) yang bisa dijadikan pilihan dalam mengikuti seleksi beasiswa S3 dalam negeri yang tersebar di beberapa provinsi. Untuk pilihan PTKI misalnya, UIN Alauddin Makassar (Kajian Hadits), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Pemikiran Islam), dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Kajian Islam Internasional).

Sedangkan untuk pilihan PTU antara lain: Universitas Negeri Jakarta (Pendidikan Dasar dan PAUD), Universitas Negeri Yogyakarta (Penelitian dan Evaluasi Pendidikan), Universitas Negeri Malang (Teknologi Pendidikan), Universitas Pendidikan Indonesia (Bimbingan Konseling), Universitas Gajah Mada (Sosial Humaniora), dan Institut Teknologi Bandung (Bidang Sains dan Teknologi)

Baca Juga : Info Beasiswa S2 ke Finlandia Bagi Guru Madrasah dari Kemenag

Para peminat program beasiswa ini dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs web http://scholarship.kemenag.go.id terlebih dahulu dengan melampirkan dengan dokumen persyaratan yang diminta. Dan setelah mendaftar secara online, pelamar kemudian mendaftar ke perguruan tinggi tujuan.

Bagi rekan guru yang berminat mengikuti program beasiswa S3 atau doktoral ini, silakan bisa melihat info selengkapnya dengan mengunduh panduannya pada link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi mengenai program beasiswa S3 atau program doktoral dari Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat khusunya bagi rekan guru madrasah dan para dosen yang kebetulan sedang mencari informasi program beasiswa. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di Blog Guru Madrasah untuk mendapatkan update artikel dan informasi yang bermanfaat buat perkembangan pendidikan madrasah | sumber : https://www.kemenag.go.id

juknis bop ra 2017
Bantuan Operasional Pendidikan Raudhatul Athfal yang selanjutnya disingkat BOP RA adalah program pemerintah berupa pemberian dana langsung kepada RA yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa pada masing-masing RA. Program inii merupakan bantuan biaya penyelenggaraan dan/atau pengelolaan pendidikan RA yang dapat digunakan oleh RA untuk memenuhi kebutuhan biaya operasi non personalia dan personalia. Secara rinci  jenis kegiatan yang boleh dibiayai dari dana BOP RA dibahas pada bagian penggunaan dana BOP RA.

Adapun Tujuan program BOP RA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat dalam rangka mendukung Program PAUD. Secara khusus program BOP bertujuan untuk:
  • Membantu biaya operasional RA.
  • Mengurangi angka putus sekolah pada RA.
  • Meningkatkan Angka partisipasi Kasar (APK) siswa RA.
  • Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi siswa RA dari keluarga tidak mampu dengan membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah.
  • Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa kurang mampu pada RA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu.

Silakan bisa lihat screenshoot dari BOP RA dibawah ini :


Selengkapnya mengenai BOP RA ini bisa rekan guru download pada tautan link dibawah ini :

Download File

Demikian indormasi mengenai BOP RA tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat buat rekan guru, khususnya bapak/ibu guru Radhatul Athfal yang kebetulans edang mencari juknis ini. Jangan lupa like fanspage kami Guru Madrasah untuk mendapatkan update info terbaru..

surat dirjenpendis tentang pemanfaatan npk 2017
Dalam rangka mendukung program pengembangan mutu pendidik khususnya satminkal Kementerian Agama (Kemenag), maka pada tahun 2016 telah diluncurkan Nomor Pokok Kemenag (NPK) yang salah satu fungsinya adalah mengendalikan dan memonitoring dinamisasi data pendidik dibawah naungan Kemenag.

Sehubungan hal tersebut diatas baru-baru ini Dirjen Pendis telah mengeluarkan surat edaran tentang pemanfaatan NPK pada tahun 2017 ini. Adapun sebagian isi dari surat edaran tersebut yang bisa rekan guru madrasah baca adalah sebagai berikut :
Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : Dj.I/Dt.II/2/PP.00/211/2016 tanggal 9 Februari 2016 perihal Ketentuan Penerbitan NPK, bersama ini kami sampaikan penjelasan yang terkait dengan pemanfaatan NPK mulai tahun 2017 sebagai berikut :
  1. NPK sebagai syarat penjaringan calon peserta sertifikasi guru bagi guru madrasah yang melaksanakan tugas Satminkal binaan Kementerian Agama;
  2. NPK sebagai syarat penerbitan Nomor Registrasi Guru (NRG) khusus bagi guru madrasah yang melaksanakan tugas di Satminkal binaan Kementerian Agama;
  3. NPK sebagai syarat validasi data dalam keikutsertaan para guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam program yang diselenggarakan Kemnterian Agama.

Untuk lebih lengkapnya mengenai surat Dirjen pendis mengenai Pemanfaatan NPK tahun 2017 ini, silakan guru madrasah bisa mendownloadnya pada tautan berikut.

Download File :

Demikian informasi mengenai surat edaran Dirjen Pendis tentang pemanfaatan NPK tahun 2017. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan info seputar pendidikan madrasah.

Panduan Penyusunan RPP SMP/MTs
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses. Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok. Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

RPP dikembangkan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran.Ini dimaksudkan agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk menerbitkan panduan penyusunan RPP yang secara rinci dapat menjadi petunjuk operasional bagaimana komponen-komponen RPP disusun dalam format yang tertata lengkap.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

Baca Juga : Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan Bagi Pendidik

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP disusun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Berikut komponen terbaru RPP berdasarkan Permendikbud nomor 22 Tahun 2016
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. imetode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran 

Untuk mendownload Permendikbud terbaru nomor 22 Tahun 2016 tentang pedoman penyusunan RPP silakan klik tautan link dibawah ini.

Download File :

Demikian informasi mengenai kumpulan permendikbud tentang panduan penyusunan RPP untuk SMP/MTs yang dapat kami sampakan. Besar harapan kami, file ini bisa bermanfaat buat rekan guru semua sebagai acuan dalam penyususnan RPP pada sekolah/madrasah bapak/ibu guru semua. jangan lupa like fanspage Guru Madrasah untuk mendapatkan info pendidikan terbaru

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tahun 2017
Salah  satu program Direktorat  pembinaan Sekolah Menengah  Atas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian pendidikan dan Kebudayaan(Kemdikbud) tahun 2017 adalah untuk melaksanakan Olimpiade Sains  nasional atau lebih mudah disebunya dengan OSN. Sebelumnya blog Guru Madrasah telah membagikan Pedoman OSN tingkat SMP, maka pada kesempatan kali ini, admin akan mencoba membagiakan pedoman pelaksanaan OSN untuk tingkat SMA. Untuk tingkat SMA ini terdapat 9 (Sembilan) bidang keilmuan, diantaranya adalah :
  • Matematika,
  • Fisika,
  • Kimia,
  • Informatika/Komputer,
  • Biologi,
  • Astronomi,
  • Ekonomi,
  • Kebumian, dan
  • Geografi.
Tujuan pelaksanaan OSN itu sendiri adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa khususnya siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan para siswa sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya dan untuk menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains  tingkat Internasional. Kegiatan ini juga sekaligus untuk membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, dan selalu menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman atau sharing terhadapsesama siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Baca Juga : Silabus dan Pedoman OSN SMP Tahun 2017

Dengan adanya Juknis / Pedoman pelaksanaan (OSN) SMA tahun 2017 ini diharapkan untuk dapat membantu dan mempermudah panitia seleksi pada Tingkat Kabupaten/Kota  dan Provinsi, agar penyelenggaraan seleksi dapat berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan UMUM Peserta OSN SMA 2017 sesuai Juknis Sebagai berikut:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar, KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Ijin Mengemudi), atau Paspor.
  2. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang keilmuan yang dipilih.
  3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali. Bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
  4. Setiap siswa hanya dapat mengikuti salah satu bidang keilmuan saja dan diusulkan langsung oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.
  5. Belum pernah meraih medali emas OSN Tingkat SMA di semua bidang keilmuan pada tahun sebelumnya.
  6. Bersedia mengikuti pembinaan khusus ke tingkat Internasional jika lolos dari Tingkat Nasional.
  7. Tuntas pada semua mata pelajaran dan sikap (minimal Baik) mengacu kepada kurikulum yang berlaku

Untuk lebih jelasnya mengenai pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2017 ini, rekan guru bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian infoemasi mengenai Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Tahun 2017 yang bisa admin sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di Blog Guru Madrasah dan like fanspage facebook kami untuk mendapatkan update informasi terbaru..


Instrumen dan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Penilaian Kinerja Guru (PKG) dimaksudkan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu, menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya yang akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga professional. Penilaian Kinerja Guru dilakukan sekali dalam setahun, tetapi prosesnya dilakukan sepanjang tahun terutama dalam memantau unjuk kerja guru dalam mengimplementasikan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kegiatan penilaian kinerja guru diawali dengan kegiatan evaluasi diri yang dilaksanakan pada awal semester. Rentang waktu antara pelaksanaan kegiatan evaluasi diri dan kegiatan penilaian kinerja guru adalah 2 semester. Di dalam rentang waktu tersebut, guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memperoleh pembinaan keprofesiannya sebelum mengikuti penilaian kinerja guru.

Guru yang dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, tetapi juga mencakup guru yang bekerja di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama. Berdasarkan data di lapangan masih rendahnya pemahaman guru-guru terhadap bagaimana prosedur pelaksanaan PKG di madrasah. Artikel ini disusun agar guru lebih memahami periode, metode dan mekanisme pelaksanaan PKG.

Baca Juga : Aplikasi Database Madrasah Format Excel Terbaru

Berkenaan dengan PKG ini blog Guru Madrasah akan mencoba membagikan file atau format PKG. Adapun Instrumen PKG ini terdiri dari : Guru Kelas (Mata Pelajaran), Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium (bengkel), Kepala Perpustakaan, Ketua Program Keahlian, dan PKG untuk Konselor (Guru BK / Bimbingan Konseling).

Untuk mengunduh format Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini, rekan guru bisa mengklik tautan link berikut ini :

Download File 

Demikian informasi mengenai format aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk para assesor dan rekan guru PNS dimanapun berada. Jangan lupa selalu berkunjung di blog Guru Madrasah ini untuk mendapatkan info dan aplikasi yang bermanfaat..

Aplikasi Pembuatan Administrasi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional
Aplikasi pendidikan khususnya di lingkungan pendidikan madrasah adalah salah satu unsur atau instrumen pendukung yang dapat memudahkan pekerjaan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkaitan dengan data-data dan pembuatan administrasi pendidikan di sekolah atau madrasah. Dan seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, maka aplikasi pendidikan juga mengikuti perkembangannya dari waktu ke waktu sesui dengan kebutuhan sehingga akan semakin memudahkan para pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengolah data yang diperlukan.

Baca Juga : Aplikasi Cetak Kartu Ujian Sekolah/Madrasah Terbaru

Rekan guru madrasah, berkaitan dengan aplikasi pendidikan ini, pada kesempatan ini juga Blog Guru Madrasah akan mencoba membagikan file aplikasi pendiikan berupa Administrasi Ujian Nasional dan Ujian sekolah yang dibuat oleh Bapak Drs. Supriyanto. Aplikasi ini sangat membantu dalam kegiatan Ujian, baik sekolah/madrasah ataupun Ujian Nasional, diantara isi dari aplikasi ini adalah :
  • Data Siswa
  • kartu Peserta
  • Nomor Meja
  • Denah Tempat Duduk
  • Daftar Peserta Peruangan
  • Daftar Hadir Peserta Ujian
  • Tata Tertib Peserta Ujian 
  • Jadwal Pengawas
  • Fakta Integritas, dll
Lebih lengkapnya mengenai aplikasi Administrasi Ujian Nasional dan Sekolah ini bisa rekan guru madrasah unduh pada tautan link berikut secara mudah dan gratis :

Download File :

Demikian mengenai aplikasi ujian Sekolah dan Nasional yang dapat admin Blog Guru Madrasah bagikan. Semoga aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan panitia ujian di sekolah atau madrasah rekan guru semua. Dan jangan lupa like fanspage facebook kami untuk mendapatkan update artikel dan aplikasi yang mudah didapat dan gratis.

Buku IPS Guru dan Siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
Pada kesempatan yang baik ini blog Guru Madrasah kembali akan berbagi media pembelajaran berupa Buku resmi kemdikbud khusus untuk sekolah menengah pertama (SMP/MTs) yang melaksanakan Kurikulum 2013 yait buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dan sebagaimana yang bapak ibu guru madrasah ketahui bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 dan merupakan pelajaran yang berorientasi pada kompetensi yang utuh tersebut.

Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi,ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Baca Juga : Buku Bahasa Inggris SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013

Buku mata pelajaran IPS ini disusun untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mengedepankan aktivitas belajar peserta didik. Karena itu, buku ini dilengkapi dengan aktivitas individu dan kelompok sebagai panduan bagi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Untuk rekan guru madrasah diamanpun berada yang kebetulan sedang mencari buku IPS kelas VII SMP/MTs untuk pegangan guru dan siswa, silakan bisa mengunduhnay secara gratis pada tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi mengenai buku mata pelajaran IPS SMP/MTs Kelas 7 untuk pegangan guru dan siswa. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa like fanspage facebook Guru Madrasah untuk mendapatkan update artikel yang bermanfaat..

contoh kisi-kisi dan soal uas mts
Ujian Akhir Semester atau setelah mengalami peruban ke Kurikulum 2013 menjadi Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan rutin sekolah madrasah yang bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik atau siswa madrasah setiap satu semester sekali. dalam kegiatan PAS ini tentunya banyak berkas dan dokumen yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah adanya soal ulangan atau ujian.

Dalam pembuatan soal ulangan, tiap sekolah atau madrasah biasanya melibatkan kelompok guru atau biasa dikenal dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), sehingga nantinya bentuk soal akan berbeda- beda antara satu sekolah lainnya. Dalam ruang lingkup madrasah biasanya dibentuk Kelompok Kerja Madrasah (KKM) yang mana salah satunya adalah dalam pembuatan soal ujian ini diserahkan kepada MGMP KKM itu sendiri.

Baca Juga : Contoh RPP dan Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013

Dan pada kesempatan kali ini, guru Madrasah akan mencoba membagikan contoh soal Penilaian Akhir Semester atau UAS untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk senua kelas, yaitu kelas 7, 8 dan 9 MTs. Bagi rekan guru madrasah yang kebetulan sedang mencari contoh soal ulangan semester, silakan bisa mengunduhnya pada tautan link berikut ini :
Format contoh soal diatas dalam bentuk file doc. sehingga memungkinkan bapak ibu guru madrasah bisa mengeditnya dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Demikian informasi mengenai contoh soal dan kisi-kisi UAS mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk MTs kelas 7, 8 dan 9. Semoga informasi ini bisa bermnafaat buat bapak ibu guru madrasah yang kebetulan sedang mencari contoh soal UAS ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di Blog Guru Madrasah untuk mendapatkan artikel dan aplikasi yang bermanfaat..

LKI Bidang Sumber Daya Air 2017
Lomba Karya Ilmiah atau yang biasa disingkat LKI bidang sumber daya air untuk siswa SMA/SMK/MA tingkat nasional tahun 2017 mengusung tema “potensi air limbah untuk peningkatan ketahanan air” yang menitik beratkan pada problematika perairan akibat limbah. Dengan tema ini, nantinya para peserta dari kalangan pelajar cerdas dan kreatif mampu menemukan solusi dalam permasalahan perairan. Perlombaan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Lomba karya ilmiah bidang sumber daya air atau yang khusus lomba karya ilmiah pusair kementrian pekerja umum dan perumahan rakyat merupakan salah satu ajang perlombaan untuk pelajar pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas kejuruan (SMA/SMK/MA) yang dimaksudkan untuk mengasah kreativitas para pelajar dalam pemecahan permasalahan atau penemuan hal baru dalam bidang perairan karena seperti kita ketahui bahwa air adalah sumber daya alam yang sangat dibutuhkan umat manusia di muka bumi ini.

Adapun Naskah makalah Lomba karya ilmiah bidang sumber daya air untuk siswa SMA/SMK/MA tingkat nasional yang dikirimkan dalam 2 bentuk yaitu hardcopy dan softfile dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Naskah makalah dalam bentuk hardcopy dikirim kepada panitia LKI bidang SDA untuk siswa SMA/SMK/MA tingkat Nasional X tahun 2017 d/a Bidang SDK Puslitbang SDA Kementrian PUPR, Jl. Ir. H. Juanda No. 193 – Bandung 40135 – Jawa Barat. Makalah yang dikirim sejumlah 2 eksemplar beserta softcopy dalam bentuk CD dengan format MS. Word.
  2. Sedangkan naskah makalah softfile karya ilmiah dikirimkan ke alamat email lki.puslitbangsda@gmail.com dengan melampirkan biodata peserta. Naskah makalah yang diikut sertakan Pengiriman naskah makalah karya ilmiah paling lambat 13 April 2017.
Untuk lebih lengkap silahkan kunjungi website lki.pusair-pu.go.id. atau download melaui tautan link berikut ini :
Downlaod File :

Demikian informasi mengenai  Lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air untuk Siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2017 ini. Semoga bermanfaat buat yang kebetulan sedang mencari info ini. Jangan lupa like fanspage Blog Guru Madrasah



MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget