2017-03-19

Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Bagi Guru
Sahabat guru madrasah dimanapun berada, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa guru atau pendidikan merupakan ujung tombak dalam penentu keberhasilan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu Guru harus diberikan perlindungan yang tepat agar dapat mendidik generasi penerus bangsa secara profesional tanpa harus khawatir dengan kasus-kasus yang sebelumnya terjadi seperti guru yang dilaporkan oleh orangtua siswa karena dituduh menganiaya siswa. Semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi dan menjadi perhatian bagi pemerintah untuk lebih bijak lagi membuat peraturan khususnya bagi para pendidik sehingga bisa terlindungi hak-haknya.

Mengenai bentuk-bentuk perlindungan guru ini diantarnya adalah yang tertuang dalam pasal 2 yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Pasal 2
(1) Perlindungan merupakan upaya melindungi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menghadapi permasalahan terkait pelaksanaan tugas.
(2) Perlindungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi perlindungan:
a. hukum;
b. profesi;
c. keselamatan dan kesehatan kerja; dan/atau
d. hak atas kekayaan intelektual.

Baca Juga : Surat Edaran Tentang Verifikasi Pembayaran Inpassing Guru Madrasah

(3) Perlindungan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a mencakup perlindungan terhadap:
a. tindak kekerasan;
b. ancaman;
c. perlakuan diskriminatif;
d. intimidasi; dan/atau
e. perlakuan tidak adil, dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, Masyarakat, birokrasi, dan/atau pihak lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

(4) Perlindungan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b mencakup perlindungan terhadap:
a. pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b. pemberian imbalan yang tidak wajar;
c. pembatasan dalam menyampaikan pandangan;
d. pelecehan terhadap profesi; dan/atau
e. pembatasan atau pelarangan lain yang dapat menghambat Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan tugas.

Untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan file PDF lengkap dan isi dari peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 10 tahun 2017 tentang perlindungan bagi Pendidik dan tenaga kependidikan yang bisa Anda download pada tautan link berikut :

Download File :

Semoga informasi mengenai Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Bagi Guru ini bisa bermanfaat untuk rekan guru dimanapun berada dan menjadi landasan yang kuat agar para guru bisa dengan nyaman mendidik tanpa ada rasa takut berbuat yang benar. Jangan lupa mampir lagi di Blog Guru Madrasah dan dapatkan update informasi seputar dunia pendidikan

Sejak tahun 2012, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menetapkan tagline baru: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Tagline baru tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN- S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka. Setelah mulai mendapatkan pengakuan masyarakat, BAN-S/M senantiasa berusaha menjadikan dirinya sebagai institusi penjaminan mutu pendidikan.

Akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu memiliki empat pilar.
  • Pertama, perangkat yang bermutu. 
  • Pilar kedua adalah asesor yang bermutu. 
  • Pilar ketiga adalah manajemen yang bermutu. 
  • Pilar keempat adalah hasil-hasil yang bermutu
POS yang ada di tangan pembaca dan rekan-rekan guru madrasah berisi langkah-langkah dan mekanisme Akreditasi sebagai bentuk keterbukaan dan akuntabilitas baik proses maupun hasil. Selamat membaca dan mempelajari apa yang terdapat dalam POS Akreditasi ini.

Baca Juga : Instrument Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini silahkan lihat pada file preview di bawah ini:

Download File :

Dalam berkas Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini berisi antara lain:
  • KEPUTUSAN PENGGUNAAN POS PELAKSANAAN AKREDITASI
  • Langkah Ke-1 : PENETAPAN SASARAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH
  • Langkah Ke-2 : SOSIALISASI DAN PENYAMPAIAN PERANGKAT AKREDITASI
  • Langkah Ke-3 : PENGISIAN DAN PENGIRIMAN INSTRUMEN AKREDITASI
  • Langkah Ke-4 : PENETAPAN KELAYAKAN SEKOLAH/MADRASAH DAN PENUGASAN ASESOR
  • Langkah Ke-5 : VISITASI KE SEKOLAH/MADRASAH
  • Langkah Ke-6 : VALIDASI PROSES DAN HASIL VISITASI
  • Langkah Ke-2 : VERIFIKASI HASIL VALIDASI DAN PENYUSUNAN REKOMENDASI
  • Langkah Ke-8 : PENETAPAN HASIL DAN REKOMENDASI AKREDITASI
  • Langkah Ke-9 : PENERBITAN DAN PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI
  • Langkah Ke-10 : SOSIALISASI HASIL AKREDITASI

Demikian informasi mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat buat rekan guru madrasah yang sebentar lagi sekolah atau madrasahnya akan diakreditasi. Dengan adanya POS ini diharapkan akan menjadi acuan agar hasil akreditasinya memuaskan. Jangan lupa untuk selalau berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan informasi,artikel dan aplikasi yang bermanfaat untuk pendidikan khususnya pendidikan madrasah...

Pedoman Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017
Berbagai jenis beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dari dunia usaha atau industri telah diluncurkan. Akan tetapi bantuan yang diberikan relatif belum dapat memenuhi kebutuhan studi, jumlah sasaran dan belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Pemerintah mulai tahun 2010 meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan dari Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kemarin, kepada mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta aktif dalam kehidupan kampus.

Untuk beasiswa Bidik Misi sendiri ialah Beasiswa yang diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di Pergruan Tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif.

Tujuan Beasiswa Bidik Misi
  • Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi keluarga;
  • Meningkatkan sebuah akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi negeri bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik untuk bangsa;
  • Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat waktu;
  • Merangsang / meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  • Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetitif untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi ini;
  • Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Baca Juga : Seleksi Beasiswa Tahfidz Kemenag - Turki Tahun 2017

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2014 adalah sebagai berikut:
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2014;
  • Lulusan tahun 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  • Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut: a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir. b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
PTN dengan pilihan seleksi masuk:
  • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN.
PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Tahun 2017 inipun program beasiswa Bidikmisi telah dibuka, maka buat rekan guru madrasah yang kebetulan sedang mengarahkan peserta didikanya untuk mengikuti kegiatan ini, silakan bisa mendownload juknis dari program ini melalui tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi mengenai pedoman biaya bantuan program beasiswa Bidikmisi tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat buat rekan guru madrasah dimanapun berada. Dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog guru madrasah untuk mendapatkan update informasi seputar aplikasi dan informasi pendidikan.

bahasa indonesia kelas 12
Buku pegangan guru dan siswa di sekolah atau madrasah sangatlah penting demi keberlangsungan proses belajar mengajar. Perubahan jaman dan majunya sistem informasi di Indonesia mulai merubah peranan buku pada sebuah lembaga pendidikan. saat ini ketersediaan buku tidak hanya berupa lembaran kertas-kertas hasil cetakan semata, namun bisa juga diakses melalui dunia maya alias internet.

Ketersediaannya buku elektronik ini semakin memberikan angin sega bagi sekolah atau madrasah yang keulitan untuk mendapatkan buku pegangan siswa atau guru ini. Dan untuk semakin memudahkan rekan guru madrasah, setelah dahulu berbagi file buku Bahasa Inggris MA kelas 11, maka kali ini blog Guru Madrasah akan membagikan buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 12 Madrasah Aliyah. Adapun spesifikasi buku Bahasa Inggris ini adalah sebagai berikut :

Judul: BAHASA INDONESIA SEMESTER 1
Edisi: 1
Pengarang: Maryanto, Anik Muslikah Indriastuti, Dessy Wahyuni, dan Nur Hayati
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
ISBN / ISSN: 978-602-282-099-4 / 978-602-282-101-4
Tahun Terbit: 2014
Kelas: MA / Kelas 11
Jenis File: .pdf


Judul: BAHASA INDONESIA SEMESTER 2
Edisi: 1
Pengarang: Maryanto, Anik Muslikah Indriastuti, Dessy Wahyuni, dan Nur Hayati
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
ISBN / ISSN: 978-602-282-099-4 / 978-602-282-102-1
Tahun Terbit: 2014
Kelas: MA / Kelas 11
Jenis File: .pdf

Untuk rekan guru madrasah yang sedang mencari referensi buku Bahasa Inggris MA kelas 11 ini, silakan bisa mengunduhnya pada tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi mengenai buku bahasa Indonesia MA Kelas 12 Kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2 yang bisa di unduh secara gratis dan mudah di blog Guru Madrasah ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog ini untuk mendapatkan aplikasi dan info yang bermanfaat...


bahasa inggris k 13 ma kelas 11
Kebutuhan akan adanya buku pegangan guru dan siswa di sekolah atau madrasah sangatlah penting demi keberlangsungan proses belajar mengajar. Perubahan jaman dan majunya sistem informasi di Indonesia mulai merubah peranan buku pada sebuah lembaga pendidikan. saat ini ketersediaan buku tidak hanya berupa lembaran kertas-kertas hasil cetakan semata, namun bisa juga diakses melalui dunia maya alias internet.

Ketersediaannya buku elektronik ini semakin memberikan angin sega bagi sekolah atau madrasah yang keulitan untuk mendapatkan buku pegangan siswa atau guru ini. Dan untuk semakin memudahkan rekan guru madrasah, kali ini blog Guru Madrasah akan membagikan buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 11 Madrasah Aliyah. Adapun spesifikasi buku Bahasa Inggris ini adalah sebagai berikut :

Judul: BAHASA INGGRIS SEMESTER 1
Edisi: 1
Pengarang: Mahrukh Bashir.
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
ISBN / ISSN: 978-602-282-479-4 / 978-602-282-482-4
Tahun Terbit: 2014
Kelas: MA / Kelas 11
Jenis File: .pdf

Baca Juga : Contoh RPP dan Silabus K 13 untuk SMP/MTs

Judul: BAHASA INGGRIS SEMESTER 2
Edisi: 1
Pengarang: Mahrukh Bashir.
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
ISBN / ISSN: 978-602-282-479-4 / 978-602-282-483-1
Tahun Terbit: 2014
Kelas: MA / Kelas 11
Jenis File: .pdf

dan untuk rekan guru madrasah yang sedang mencari referensi buku Bahasa Inggris MA kelas 11 ini, silakan bisa mengunduhnya pada tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi mengenai buku bahasa Inggris MA Kelas 11 Kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2 yang bisa di unduh secara gratis dan mudah di blog Guru Madrasah ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog ini untuk mendapatkan aplikasi dan info yang bermanfaat...


form skp dari pkg 2016
SKP adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Perbedaan antara DP3 dengan SKP adalah kalau DP3 yang dinilai lebih pada perilaku kerja PNS yang bersangkutan, sedangkan kalau SKP lebih pada capaian kinerja PNS yang bersangkutan dalam setiap targetnya.

Adapun untuk ketentuan SKP itu sendiri adalah sebagi berikut:
  1. Setiap PNS wajib menyusun SKP.
  2. SKP memuat tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur.
  3. SKP harus disetujui dan ditetapkan oleh pejabat penilai
  4. Dalam hal SKP yang disusun oleh PNS tidak disetujui oleh pejabat penilai maka keputusannya diserahkan kepada atasan pejabat penilai dan bersifat final.
  5. SKP ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari.
  6. Dalam hal terjadi perpindahan pegawai setelah bulan Januari maka yang bersangkutan tetap menyusun SKP pada awal bulan sesuai dengan surat perintah melaksanakan tugas atau surat perintah menduduki jabatan.
  7. PNS yang tidak menyusun SKP dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS.
  8. SKP memuat kegiatan tugas jabatan dan target yg harus dicapai. Setiap kegiatan tugas jabatan yg akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugas yg telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).
Setiap PNS wajib menyusun SKP berdasarkan RKT instansi. Dalam menyusun SKP harus memperhatikan hal-hal sbb:
  • Jelas
  • Dapat diukur
  • Relevan
  • Dapat dicapai
  • memiliki target waktu
Menyinggung hal tersebut diatas, maka pada kesempatan kali ini, blog Guru Madrasah akan berbagi file aplikasi SKP dari PKG 2016. Dimana file yang admin upload dan berbagi untuk semua guru PNS dapat menggunakan file excel Aplikasi SKP dari Aplikasi PKG 2016 full versi baru. Karena aplikasi seperti ini akan digunakan setiap tahun sekali untuk mengajukan angka kredit sesuai dengan pangkat dan golongan bagi guru pegawai negeri sipil.

Aplikasi SKP dari Aplikasi PKG 2016 secara lengkap bagi guru yang akang mengajukan angka kredit kepegawaian, dimana dari file microsoft excel aplikasi SKP dari Aplikasi PKG 2016 ini memberikan keistimewaan dari menu yang telah disediakan di dalamnya, dan adapun menu yang terdapat dari aplikasi SKP dari PKG 2016 antara lain;
  • Petunjuk penggunaan Aplikasi SKP dari PKG
  • Halaman Depan aplikasi SKP
  • Data Guru
  • Perhitungan Angka Kredit
  • SKP Kolektif
  • Pengukuran
  • Format Dp3 
  • Format Rujukan
Dari menu yang terdapat pada aplikasi SKP di atas merupakan format secara otomatis yang dapat digunakan bila bapak/ibu menggunakan aplikasi tersebut, sehingga dengan menginput data guru pada bagian shaeet data guru maka akan secara otomatis di shaet yang lain pun akan terisi sendiri apa bila pengisian tersebut benar dan tidak ada kesalahan dalam menginput datanya.

Bagi rekan dan sahabat guru yang memerlukan aplikasi SKP dari PKG 2016 ini dipesilakan bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :

Download File :
Aplikasi SKP Dari PKG 2016 Full Versi Baru

Demikian informasi mengani sebauh aplikasi SKP dari PKG 2016 full terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat, khusunya kepada rekan-rekan guru PNS yang kebetulan sedang mencari formatnya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di Blog Guru Madrasah dan dapatkan informasi seputar dunia pendiikan.

format buku induk pegawai ptk
Buku induk merupakan catatan yang berisi data seluruh anggota selama sekolah atau organisasi tersebut berdiri. karena memuat begitu banyak data sehingga buku ini biasanya berukuran besar dan tebal. Buku ini biasanya dipegang oleh pihak sekolah, kampus atau organisasi sebagai arsip atau dokumentasi jika sewaktu-waktu diperlukan. Misalnya jika sekolah atau organisasi akan mengadakan reuni maka buku ini bisa dijadikan panduan untuk mendata dan menghubungi mantan anggota atau siswa.

Tiap tahun pelajaran baru, setiap sekolah atau madrasah biasanya ada saja guru atau pegawai yang keluar masuk sesuai dengan kebutuhan pribadi masing-masing guru atau pegawai yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu adanya buku untuk mencatat data kelaur masuk dari guru atau pegawai suatu lembaga pendidikan. Dan pada kesempatan kali ini, blog Guru Madrasah menyajikan Buku Induk Pegawai Guru PTK Format Excel Dan Word ini sebagai file dokumen sekolah yang memang sekolah/madrasah belum memiliki atau mencetak format buku induk administrasi kepala sekolah.

Diantara fungsi adanya buku induk pegawai adalah sebagai berikut;
  • Sebagai Indetitas Pribadi untuk Sekolah
  • Sebagai Indentitas guru yang menjadikan guru PTK sebagai Induk sekolah tersebut
  • Sebagai dokumentasi Sekolah di masa yang akan datang
  • Sebagai Alat administrasi Operator sekolah sebagai data pokok guru
Dari fungsi -fungsi buku induk pegawai diatas yang kami sebutkan, tentunya masih ada fungasi yang lainnya yang merupakan suatu kewajiban untuk sekolah memiliki buku induk pegawai guru ptk. Dan dengan adanya buku induk tersebut dapat mempermudah kepala sekolah/madrasah untuk mencari data pribadi setiap guru dari tahun ketahun.

Baca Juga : Aplikasi Data Siswa/Stambuk untuk Sekolah/Madrasah

Selain penting untuk sebuah lembaga pendidikan, buku induk juga sangat penting sebagai dasar untuk akreditasi di tahun yang akan datang atau pada saat sekolah/madrasah melaksanakan akreditasi sekolah. Demi memberikan kemudahan kepada sekola/madrasah yang akan mencetak buku induk pegawai guru ptk ini, kami menyediakan dua pilihan, yaitu berbentuk file Microsoft excel dan Microsoft Word.

Bagi rekan guru madrasah yang kebetulan sedang mencari format buku induk pegawai, silahkan bisa mengunduhnya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini ;

Download File :

Demikian informasi mengenai format buku induk guru dan pegawai dalam format word dan excel yang bisa bapak/ibu guru madrasah gunakan untuk keperluan administrasi di sekolah masing-masing. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan informasi terbaru dan aplikasi yang bermanfaat dan dengan mudah untuk mendownloadnya.

aplikasi cetak kartu ujian
Aplikasi cetak kartu peserta ujian sekolah atau madrasah ini sudah disertai dengan foto anak didik yang akan mengikuti ujian. Karena pada beberapa seri aplikasi cetak kartu peserta ujuan yang telah rilis sebelumnya ada beberapa yang belum memakai bingkai photo di dalamnya.

Untuk itu di dalam postingan artikel admin ini kami akan memberikan informasi mengenai Aplikasi cetak kartu ujian sekolah/madrasah lengkap dengan fitur foto. Jika Anda bapak ibu guru dan tenaga kependidikan sudah resmi menjadi panitia ataupun kordinator Peserta Ujian sekolah, maka sudah seharusnya bapak/ibu guru sejak dini untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya serta administrasi yang akan digunakan dalam ujian yang termasuk didalamnya adalah mempersiapkan kartu peserta ujian.

Dahulu sebelum ada teknologi yang canggih seperti saat ini, panitia administrasi ujian sekolah atau nasional akan selalu mengerjakan administrasi yang berkaitan dengan Ujian Nasional akan membutuhkan waktu yang lama, bahkan terkadang juga sampai berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk dapat menyelesaikannya. Hal tersebut terjadi karena saat dulu segala bentuk administrasi masih dikerjakan dengan manual.

Baca Juga : Aplikasi Cetak Kartu NISN dan NUPTK Terbaru

Akan tetapi saat ini, dengan hadirnya teknologi semacam komputer dan yang lainnya, maka pembuatan administrasi ujian dapat kita kerjakan hanya dalam hitungan jam saja dan tentunya cepat terlesaikan. Misalnya saja dalam hal ini adalah proses dalam pembuatan kartu peserta ujian, maka kita dapat dengan mudah membuat dan menyelesaikan pembuatan kartu peserta ujian dalam waktu singkat dan cepat dengan menggunakan aplikasi cetak kartu peserta ujian terbaru walaupun banyak jumlahnya.

Nah pada kesempatan kali ini blog Guru Madrasah akan mencoba membagikan sebuah aplikasi pembuat kartu ujian sekolah atau madrasah yang bapak/ibu guru bisa gunakan untuk kegiatan pembuatan administrasi ujian sekolah atau madrasah.

Silahkan bagi bapak dan ibu semua yang ingin mencoba dan menggunakan aplikasi cetak kartu peserta ujian nasional dapat Anda unduh di link tautan berikut ini :

Download File :

Sekian postingan artikel kali ini tentang aplikasi cetak kartu peserta ujian sekolah/madrasah terbaru dilengkapi foto siswa. Semoga dengan aplikasi ini dapat mempermudah dan meringankan pekerjaaan administrasi Bapak ibu dalam pembuatan kartu peserta ujian sekolah masing-masing. semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget