2017-03-12

surat edaran dirjen tentang inpassing 2017
Sahabat dan rekan guru madrasah, akhirnya Dirjen Pendis mengeluarkan surat edaran terkait Persiapan Pelaksanaan Verifikasi TPG Nomor : 212/Dj.I/Dt.I.I/Kp.07.6/03/2017 Tentang Persiapan Verifikasi Pembayaran Tunjangan Profesi (Inpassing) Bagi Guru Madrasah Tahun 2017.

Adapun sasaran verifikasi TPG Nasional adalah Guru bukan PNS yang belum diverifikasi Tim Inspekturat Jenderal yang meliputi :
  • Guru bukan PNS yang lulus sertifikasi dan telah menerima SK Inpassing dari Kementerian Agama namun belum diverifikasi oleh Itjen tahun 2016
  • Guru bukan PNS yang lulus sertifikasi dan belum menerima SK inpassing dari Kementerian Agama
  • Guru bukan PNS yang lulus sertifikasi dan telah menerima SK Inpassing dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tertanggal 2 Maret 2017 ada empat Kanwil Kementerian Agama yang akan di Verifikasi Pembayaran Tunjangan Profesi  bagi guru madrasah tahun 2017 di antaranya adalah :
  1. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur
  2. Kanwil Kementerian AgamaProvinsi Jawa Tengah
  3. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat
  4. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi  Selatan
Untuk lebih lengkapnya mengenai Surat Edaran Dirjen Pendis Tentang Pelaksanaan Verifikasi Pembayaran Inpassing Tahun 2017 bisa rekan guru download pada tautan atau link berikut ini :

Download File :

Demikian informasi penting mengenai surat edaran Dirjen Pendis tentang Pelaksanaan Verivikasi Pembayaran Impassing Tahun 2017. Semog ainformasi ini bermanfaat bagi rekan dan sahabat guru madrasah yang kebetulan sedang mencari infonya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog Guru Madrasah yang insya Allah akan selalu memberikan informasi yang rekan guru madrasah perlukan.

aplikasi database format excel
Database adalah kumpulan struktur data (informasi) yang disimpan secara terorganisir sehingga dapat dengan mudah diakses, dikelola dan diperbaharui. Dalam satu tampilan, database dapat diklasifikasikan menurut jenis konten: bibliografi, teks, numerik, atau gambar. Seperti halnya facebook, mereka menyimpan data para user-nya berdasarkan klasifikasi tertentu, seperti profile (termasuk nama, usia/tanggal lahir, dll.), koleksi file multimedia (seperti foto, video, dll.), negara, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Indonesia, pengertian data base diartikan sebagai basis data. Yang menunjukan kepada sumber atau tempat dikumpulkannya banyak data yang berbeda. Hingga saat ini istilah tersebut di adopsi di berbagai lini. Seperti di universitas, ada database mahasiswa, dosen, pekerja, dll. Di dunia bisnis atau perusahaan, mencakup database produk, karyawan, catatan keuangan, dll. Setiap bidang ini akan memiliki berbagai kategori yang relevan dengan informasi yang tersimpan di dalamnya.

Baca Juga : Format Laporan Individu (LI) Tahun Pelajaran 2016/2017

Menyinggung tentang database, maka pada kesempatan kali ini, blog Guru Madrasah akan berbagi tentang database madrasah. Aplikasi database madrasah ini dilengkapi dengan fitur yang sangat menunjang dalam pengelolaan berkas dan dokumen penting. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh saudara Wayit Eko Purnomo. Dalam aplikasi ini terdapat fitur seperti input data sekolah, input data siswa, input data guru, cetak nilai, cetak kartu ujian, SK yayasan, Jurnal kelas, daftar hadir siswa dan lain sebagainya.

Download dan bagikan aplikasi database madrasah tersebut untuk memudahkan proses penyimpanan data sekolah karena sangat direkomendasikan. Silakan bagi rekan guru yang memerlukan database ini bisa mendownloadnya melalui tutan link berikut ini :

Doenload File :

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru madrasah dalam melaksanakan tugas serta kewajibannya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog Guru Madrasah dan daaptkan informasi dan aplikasi yang dapat dengan mudah diakses dan didownload.

administrasi guru lengkap dalam format word
Rekan guru madrasah yang selalu setia mnegunjungi blog Guru Madrasah,  salah satu hal terpenting dalam kemajuan sekolah atau madrasah adalah tertibnya administrasi. Tolak ukur dari bagus atu tidaknya administrasi adalah dengan adanya file-file pendukung yang bisa mempermudah dalam proses kegiatan sekolah/madrasah. Sehingga apda kesempatan ini, admin blog Guru Madrasahah akan membagiakan sebuah file format administrasi kepala Sekolah dan guru. Administarsi Guru dan Kepala Sekolah ini dapat diperguankan untuk melengkapi semua kebutuhan Administarsi Pengajaran di sekolah.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pengertian dari Administrasi itu sendiri adalah  kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi (drafting and recording data + information) secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain.

Rekan guru madrasah tidak usah repot lagi dalam mencari file administrasi guru ini, karena hanya dalam satu file saja semua dokumen bisa rekan guru contoh. Kelebihan dari contoh Format Administrasi Guru Dalam 1 File Format Words ini dapat diperguankan untuk semua jenjang sekolah mulai dari TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK , dan mudah untuk diedit kembali disesuaikan dengan data sekolah dimana bapak/ibu guru mengajar.

Baca Juga : Aplikasi RKAS/M dalam Format Excel Terbaru

Contoh format Administrasi guru tahun ajaran baru ini merupakan salah satu penunjang tingkat keberhasilan proses administrasi di sekolah. Untuk itu dalam membuat administrasi tersebut harus sesuai dengan dasar serta pedoman yang ada agar tidak keliru dalam pelaksanaannya. Berikut ini adalah contoh format administrasi kepala sekolah/madrasah lengkap tahun ajaran baru gratis untuk bapak dan ibu guru. Untuk mendownloadnya silakan mengklik pada tautan berikut ini :

Download File :

Demikianlah mengenai contoh lengkap administrasi guru dan kepala sekolah yang dapat kami bagikan untuk rekan guru madrasah yang kebetulan sedang membutuhkannya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog Guru Madrasah yang selalu mencoba memberikan yang terbaik buat rekan guru dimanapun berada dan demi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

aplikasi rkas/m terbaru
RKAS merupakan singkatan dari Rencana Kerja Anggaran Sekolah yang mana didalamnya berisi dokumen rencana pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang berpedoman dan berdasarkan RKAS untuk mengtatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk semua jenjang Sekolah Mulai dari tingkat SD/MI SMP/MTs SMA/MA dan SMK, tinggal merubah disesuaikan dengan jenjang sekolah atau madasah masing-masing.

Untuk itu untuk mebantu rekan-rekan guru dalam melaksanakan program - program RKAS dibawah ini admin bagikan sebuah aplikasi terbaru dengan format Excel yang dapat digunakan untuk mengelola dan menyusun sekaligus membuat laporan hasil akhir dari rencana kerja Anggran Sekolah/Madrasah atau yang disingkat RKAS/M.

Baca Juga : Aplikasi Cetak Kartu NISN dan NUPTK

Baiklah bagi rekan guru madrasah yang kebetulan sedang mencari format aplikasi RKAS/M ini silakan bisa mengunduhnya dengan gratis melalui tautan link berikut ini :

Download File :

Demikian sharing mengenai RKAS/M yang bisa admin sampaikan. Semoga aplikasi ini bisa menbantu bapak/ibu guru dalam menyusun program sekolah/madrasah di tempatnya masing-masing. Jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog Guru Madrasah untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan, khususnya pendidikan madrasah.

sumber : sekolah kita

aplikasi cetak kartu nisn dan nuptk
Sahabat dan rekan guru madrasah dmanapun Anda berada, sebagaimana yang kita ketahui. Nomor induk siswa nasional (NISN) adalah nomor identitas seorang siswa yang bersifat/berlaku secara nasional. Nomor induk ini didapatkan siswa pada saat sekolah dasar (SD) dan akan terus digunakan/berlaku hingga selesai menempuh pendidikan sampai tingkat SMA. NISN merupakan salah satu data identitas siswa yang penting dan sering kali dijadikan salah satu kelengkapan identitas siswa yang harus diisi ketika mengikuti suatu kegiatan. Adapun NISN yang telah divalidasi biasanya digunakan untuk:
  • Salah satu persyaratan untuk mendaftarkan siswa ke jenjang sekolahyang lebih tinggi untuk pendataan pada data dapodik sekolah.
  • Identitas pada rapor
  • Identitas pada kartu pelajar
  • Identitas pada kartu ujian
  • Identitas pada buku induk
  • Surat keterangan siswa
  • Data siswa pada piagam/penghargaan tertentu
  • Ijazah/ SKHU
  • Dan lain-lain
Namun terkadang terjadi kekeliruan pada saat pengecekan NISN. Biasanya antara identitas siswa dan nomor induk tidak sama, misalnya nomor induk yang diinput pada laman cek NISN muncul identitas siswa lain.Dan permasalahan ini sering sekali terjadi pada operator sekolah yang akan sinkronisasi data dapodik sekolah. Kesalahannya mungkin kurangnya digit nomor induk atau kesalahan penulisan salah satu angka pada 10 digit nomor induk siswa nasional. Dan masalah lain adalah kadang ada satu nama yang mempunyai dua NISN, padahal data yang tertera sama, baik itu nama, jenis kelamin dan tempat tanggal lahir, tapi NISN yang muncul sama persis.

Baca Juga : Aplikasi Data Siswa/Stambuk untuk Sekolah/Madrasah

Dan agar tidak terjadi kesalahan sebaiknya jika nomor induk siswa nasional telah dipastikan benar dan telah valid sebaiknya segera dicetak supaya suatu saat jika diperlukan bisa lebih cepat melengkapi data dan tidak perlu lagi menanyakannya kepada operator sekolah hanya untuk memastikan validnya data NISN.

Nah oleh karena itu untuk membantu para guru di sekolah, maka pada kesempatan kali ini admin Guru Madrasah akan memberikan solusi untuk permasalahan cetak NISN dengan menggunakan aplikasi cetak kartu NISN. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan cetak kartu NUPTK yang dapat bapak/ibu guru pergunakan untuk mencetak kartu NUPTK masing-masing. Silahkan download aplikasi cetak kartu NISN dan NUPTK pada link berikut :

CETAK KARTU NISN DAN NUPTK

Itulah mengenai cetak kartu NISN dan NUPTK. Semoga aplikasi ini bisa membantu rekan-rekan guru madrasah dimanapun Anda berada.

laporan individu 2016/2017
Laporan Individu atau yang dikenal dengan nama LI meruipakan laporan rutin baga lembaga negeri atau swasta setiap awal ajaran baru tidak terkecuali tahun pelajaran 2014/2015 ini. LI merupakan format laporan tentang keadaan kondisi sekolah/madrasah terkini yang meliputi identitas sekolah/madrasah, jumlah peserta didik lama maupun baru, jumlah PTK, sarana dan prasarana, serta kondisi keuangan.

LI sangat dibutuhkan oleh instansi terkait untuk mengevaluasi dan acuan dalam menentukan sebuah kebijakan serta seluruh yang terkait dengan pendaan terutama BOS baik reguler maupun BOSDA.
Oleh sebab itu format LI ini segera ditindaklanjuti dan diisi sesuai dengan petunjuk.

Dibawah ini kami sediakan link untuk download, silahkan didownload sesuai dengan lembaga masing-masing. Adapun file berikut terdiri dari :
  • Format Laporan Individu (LI) untuk TK/RA
  • Format Laporan Individu (LI) untuk SD/MI
  • Format Laporan Individu (LI) untuk SMP/MTs
  • Format Laporan Individu (LI) untuk SMA/MA
Dan untuk memudahkan rekan guru semua, kami sediakan dalam satu file. Silakan unduh Laporan Individu (LI) untuk tahun Pelajaran 2016/2017 melalui tautan link berikut ini :

LAPORAN INDIVIDU (LI) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Demikian infomasi mengenai Laporan Inividu atau LI yang bisa kami sampaikan. Semoga format laporan ini bisa bermanfaat buat rekan guru semua.

aplikasi data siswa/stambuk
Stambuk adalah buku yang berisi data seluruh anggota perkumpulan, komunitas, sekolah atau organisasi seperti nama, nomor indu atau nomor stambuk, daerah asal dan data-data lainnya.
Istilah stambuk masih jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan bahkan mungkin masih banyak yang asing dengan istilah ini. Namun dalam percakapan sehari-hari istilah stambuk ini digunakan untuk menyebutkan tahun angkatan siswa atau mahasiswa.

Pada stambuk siswa biasanya dimasukkan data prestasi siswa selama sekolah. Stambuk dapat juga dikatakan sebagai buku induk yang memuat data-data anggotanya seperti siswa, mahasiswa atau anggota organisasi yang dikelompokkan pertahun angkatan.

Buku induk merupakan catatan yang berisi data seluruh anggota selama sekolah atau organisasi tersebut berdiri. karena memuat begitu banyak data sehingga buku ini biasanya berukuran besar dan tebal. Buku ini biasanya dipegang oleh pihak sekolah, kampus atau organisasi sebagai arsip atau dokumentasi jika sewaktu-waktu diperlukan. Misalnya jika sekolah atau organisasi akan mengadakan reuni maka buku ini bisa dijadikan panduan untuk mendata dan menghubungi mantan anggota atau siswa.

Baca Juga : Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Sekolah

Dahulu buku ini dibuat dalam bentuk tertulis, akan tetapi saat ini juga sudah dibuat versi digitalnya sebagai cadangan jika suatu saat buku tersebut rusak. Bahkan ada juga stambuk dimasukkan dalam website sekolah atau organisasi sehingga dapat diakses lebih mudah.

Untuk versi digitalnya banyak bentuknya, dan pada kesempatan ini Guru Madrasah juga akan mencoba berbagi versi digital stambuk ini. Buat rekan guru semua bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :

BUKU DATA SISWA/STAMBUK UNTUK SEKOLAH/MADRASAH

Demikianlah informasi mengenai aplikasi buku induk siswa atau stambuk untuk sekolah. Semoga aplikasi ini bisa membantu dalam pencatatan data data siswa di sekolah/madrasah. [sumber]

beasiswa tahfizh kemenag-turki
Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) akan kembali memberikan beasiswa bagi para penghafal (Tahfizh) Al Quran. Beasiswa ini diberikan bekerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey/ UICCI).

Plt Direktur PD Pontren Imam Safei dalam edarannya menjelaskan, Program Beasiswa Tahfizh Al-Quran (PBTQ) dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi peserta yang lulus seleksi untuk mengikuti program pendidikan non degree di Indonesia dan di Turki, dengan ketentuan waktu sebagia berikut :
  1. Pendaftaran calon peserta seleksi dilakukan mulai tanggal 13 Maret - 13 Mei 2017 secara online di website www.uicci.org.
  2. Seleksi PBTQ akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap dengan jadwal sebagai berikut :
    • Seleksi tahap I, berupa tes tertulis dan hafalan pada tanggal 26 Mei 2017 di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi yang ditunjuk. Hasil seleksi tahap I akan diumumkan pada 1 Juni melalui Kanwil Kemenag Provinsi dan website Kementerian Agama (www.kemenag.go.id).
    • Seleksi tahap II berupa masa orientasi di Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang ditunjuk dari 7 - 11 Juni 2017. Mereka yang dinyatakan lulus dan mendapatkan beasiswa akan diumumkan melalui Kanwil dan website Kemenag pada 15 Juni 2017.
  1. Pelaksanaan pendidikan PBTQ ini akan dimulai pada 9 Juli 2017.
Untuk lebih lengkapnya mengenai info beasiswa ini silakan klik surat edaran melalui tautan berikut ini :

Surat Edaran Seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al Quran Tahun 2017

Peserta seleksi PBTQ terbagi menjadi dua, yaitu: kelompok usia 18 - 22 Tahun dan 14 - 18 Tahun. Untuk kelompok pertama, peserta yang lulus seleksi akan memperoleh layanan pendidikan selama setahun di Indonesia untuk memantapkan tahfizh Al-Quran 30 juz, Bahasa Arab, dan Bahasa Turki. Setelah itu, mereka akan memperoleh pendidikan di Turki selama tiga tahun untuk mendalami tahfizh Al-Quran, pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki.

Beasiswa untuk kelompok usia 14 - 18 tahun diberikan kepada mereka yang minimal sudah hafal 1 juz Al Quran. Mereka akan diberi layanan pendidikan selama dua tahun terlebih dahulu pada lembaga pendidikan yang telah ditetapkan Kementerian Agama untuk kemudian pada awal tahun ketiga, kembali diseleksi untuk program lanjutan ke Turki. Menurut Muhtadin, mereka yang lulus diwajibkan mengikuti pendidikan kesetaraan Paket C selama setahun guna memperoleh ijazah jenjang Madrasah Aliyah (MA/ sederajat) untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya di Turki.

Alumni program ini wajib mengabdi selama setahun dalam rangka mengembangkan pengetahuannya di pondok pesantren Tahfizh Al-Quran, baik di Indonesia maupun lembaga pendidikan yang dikerjasamakan oleh UICCI di sejumlah negara.

Berikut ini daftar Pesantren Sulaimaniyah yang bisa dipilih oleh peserta sebagai tempat penyelenggaraan program pendidikan di Indonesia:
  1. DKI Jakarta: Pesantren Walidah Sultan (Pasar Minggu), Pesantren Sulaimaniyah Jakarta (Pulogadung), Pesantren Sulaimaniyah Duren Sawit (Jakarta Timur)
  2. Banten: Pesantren Sulaimaniyah La Tahzan Bintaro (Pondok Aren), Pesantren Sulaimaniyah Misykatul Ardhi Bintaro (Pondok Pucung)
  3. Jawa Barat: Pesantren Sulaimaniyah Nur Ali (Sukabumi), Pesantren Sulaimaniyah Puncak (Cisarua)
  4. Jawa Tengah: Pesantren Sulaimaniyah Al Hidayah (Klaten), Pesantren SulaimaniyahNida Al Quran (Temanggung), Pesantren Sulaimaniyah Al Hikmah (Jogja)
  5. Jawa Timur: Pesantren Sulaimaniyah Surabaya (Wonocolo), Pesantren Sulaimaniyah Hidayatul Hasan (Lumajang), Pesantren Sulaimaniyah Al Karimiyah (Sumenep), Pesantren Sulaimaniyah Al Munir (Situbondo), Pesantren Sulaimaniyah Al Ikhlas (Pasuruan)
  6. Aceh: Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center (Koto Baro, Aceh)
  7. Sumatera Utara: Pesantren Sulaimaniyah Syarief (Medan), Pesantren Sulaimaniyah Farhan Sultan (Medan)
  8. Sumatera Selatan: Pesantren Sulaimaniyah Palembang (Ilir Barat I)
  9. Kalimantan Selatan: Pesantren Sulaimaniyah Nurul Fikri (Banjarmasin)
  10. NTB: Pesantren Sulaimaniyah Nur Aisyah (Mataram)
Demikian infomasi mengenai program beasiswa tahfizh Kemnag-Turki yang admin dapatkan dari web resmi Kemenag di www.kemenag.go.id. Semoga info ini bermanfaat bagi yang memerlukannya

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget