Kabar Terbaru

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

By On February 28, 2017

instrumen akreditasi sekolah/madrasah terbaru
Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk menyelenggarakan program-programnya

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang. untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan., berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

BAN-S/M telah melakukan review dan revisi terhadap perangkat akreditasi sekolah. Review dan revisi tersebut dilakukan terhadap empat elemen akreditasi, yaitu: (1) Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, serta (4) Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi ini hanya dilakukan pada jenjang SMA/MA.

Review dan revisi perangkat akreditasi dilakukan karena beberapa alasan berikut: (1) adanya butir instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan, (2) adanya butir petunjuk teknis yang multitafsir, (3) adanya butir instrumen yang belum lengkap, serta (4) teknik penskoran maupun pemeringkatan hasil akreditasi jenjang SMA/MA yang belum dibedakan pembobotann maupun belum adanya pembulatan nilai akhirnya.

Download Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

Setiap sekolah atau madrasah yang akan melaksanakan akreditasi harus memiliki dan memahami perangkat akreditasi sekolah/madrasah. Perangkat akreditasi sekolah/madrasah digunakan sebagai pedoman dan instrumen penetapan kelayakan suatu sekolah. Dari perangkat akreditasi ini selanjutnya sekolah/madrasah dapat mempersiapkan bukti fisik yang dibutuhkan untuk setiap komponen atau setiap standar.

Dan untuk bapak/ibu guru madrasah yang kebetul akan mempersiapkan madrasahnya untuk akreditasi, silakan bisa mendownload perangkat akreditasi terbaru pada link berikut:
  • PerangkatAkreditasi Sekolah SD/MI - Download
  • PerangkatAkreditasi Sekolah SMP/MTs - Download
  • Perangkat Akreditasi SMA/MA - Downlaod
  • PerangkatAkreditasi SMK/MAK - Download
Demikian informasi mengenai perangkat akreditasi atau instrumen akreditasi sekolah/madrasah yang terbaru. Pastikan setiap sekolah/madrasah sudah memilikinya. Dan semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat madrasah-madrasah yang akan diakreditasi.

Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

By On February 27, 2017

POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017
Berikut ini adalah informasi Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 dari BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) yang kami kutip dari laman resminya Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah di bansm.or.id. Adapun informasi lengkapnya mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) akreditasi sekolah/madrasah aladah sebagai berikut :

Penyelenggaraan akreditasi sekolah/madrasah yang bervariasi mengakibatkan perbedaan proses dan hasil sehingga tidak menggambarkan pencapaian standar yang objektif. Selain itu, diperlukan standar, mekanisme, dan proses akreditasi yang baku sehingga secara normatif dapat menjadi pedoman dalam sistem penyelenggaraan akreditasi bermutu guna menjamin pendidikan bermutu. Hal ini disampaikan Sekretaris BAN-S/M, Syamsir Alam, M.A., dalam Sesi II pada kegiatan Rakornas-I BAN-S/M dan BAP-S/M. POS Akreditasi ini diperlukan untuk memastikan proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu sebagai panduan bagi pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi.

Dalam tahapan pelaksanaannya, Syamsir Alam, M.A. menuturkan bahwa POS Akreditasi sekolah/madrasah ini disusun dan ditetapkan serta disosialisasikan oleh BAN-S/M sebagai lembaga yang bertugas untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan. Segera setelah itu, BAP-S/M akan mempelajarinya dan menindaklanjuti kebijakan dan prosedur yang diterbitkan oleh BAN-S/M tersebut. BAN-S/M, dalam tahapan terakhir akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap tahapan pelaksanaan POS.

Pada tahun 2017, tegasnya, Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/madrasah mengalami penyederhanaan dari 15 langkah menjadi 10 langkah. Adapun 10 langkah Mekanisme Akreditasi Sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:

Langkah ke-1: Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah

Langkah ke-2: Sosialisasi dan Penyampaian Perangkat Akreditasi

Langkah ke-3: Pengisian dan Pengiriman Instrumen Akreditasi

Langkah ke-4: Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah dan Penugasan Asesor

Langkah ke-5: Visitasi ke Sekolah/Madrasah

Langkah ke-6: Validasi Proses dan Hasil Visitasi

Langkah ke-2: Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi

Langkah ke-8: Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi

Langkah ke-9: Penerbitan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi      

Langkah ke-10: Sosialisasi Hasil Akreditasi

Demikian informasi mengenai 10 Langkah Prosedur Operasional Standar atau POS pelaksanaan akreditasi untuk Sekolah ataupun Madrasah Tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat, khusunya buat madrasah/sekolah yang pada tahun 2017 akan melaksanakan akrediatsi.


Administrasi Wali Kelas Lengkap Dalam Format Excel

By On February 26, 2017

Administrasi Wali Kelas Lengkap Dalam Format Excel
Rekan guru madrasah dimanapun berada, pada postingan kali ini, blog Guru Madrasah sedikit mencoba berbagi aplikasi yang berhubungan dengan wali kelas. Karena sebenarnya wali kelas itu sama dengan wali siswa, atau orang tua siswa ketika di rumah. Bedanya wali kelas itu menjadi orang tua siswa ketika di sekolah. Tanggungjawabnya sama, mengayomi, mengarahkan siswa, dan memperhatikan siswa. Dari aktivitas mengarahkan, dan memperhatikan siswa tersebut nantinya ada report yang medeskripsikan masing-masing siswa. Mulai dari data nama, sampai ke nilai, wali kelas harus tahu persis siswanya. Untuk hal tersebut maka dibutuhkanlah yang namanya administrasi kelas, administrasi wali siswa.

Jelas, bahwa manajemen kelas sangat perlu untuk dipahami lebih dalam oleh guru secara umum, dan wali kelas yang ingin kita bicarakan dalam artikel ini. Seorang wali kelas harus tahu bentul apa itu manajemen kelas, berikut empat proses yang harus dilakukan oleh seorang manajer, leader, pemimpin yaitu memanfaatkan orang lain yang memiliki potensi untuk mencapai segala tujuannya. Tujuannya jelas, pengelolaan kelas yang baik, beserta target-target yang ingin dicapai.

Baca Juga ; Administrasi Guru Lengkap dan Terbaru untuk SD/MI

Administrasi wali kelas merupakan hal yang wajib dilaksanakan agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tertib administrasi. Dalam kesempatan ini admin akan share Administrasi Wali Kelas Lengkap Dalam Format Aplikasi Excel yang dapat digunakan untuk menghandle kelengkapan administrasi kelas pada umumnya.

Contoh program wali kelas ini dapat membantu melengkapi administrasi yang masih kurang yang terdapat di dalam kelas. Dan berikut ini beberapa administrasi wali kelas yang harus dipenuhi :
  1. Data Siswa
  2. Program Kerja
  3. Jadwal Pelajaran
  4. Jadwal Piket
  5. Struktur Kelas
  6. Denah Temat Duduk
  7. Inventaris Kelas
  8. Diagram Absen
  9. Jadwal Pelajaran
  10. Denah Tempat Duduk Siswa
  11. Leger Nilai
Baiklah buat rekan guru yang memerlukan aplikasi administrasi wali kelasnya bisa mendownload pada tautan berikut dengan gratis dan tanpa ribet :


Demikian mengenai administrasi wali kelas lenghkap dalam format excel yang bisa rekan guru madrasah download guna memperlancar dan mempermudah dalam memenej kelas dan anak didiknya. Semoga bermanfaat..


Administrasi Guru Lengkap dan Terbaru Untuk SD/MI

By On February 26, 2017

administrasi guru lengkap untuk sd/mi
Administrasi merupakan salah satu kebutuhan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran Guru di Sekolah. Administrasi berisi pencatatan berbagai perangkat yang mendukung dan digunakan sebagai penunjang teknis maupun non teknis dalam pembelajaran. Administrasi Guru banyak sekali jenisnya, sehingga bagi seorang Guru tentu akan membutuhkan banyak waktu jika harus membuat dokumen dan administrasi Guru secara keseluruhan dari awal pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal dalam tertib administrasi guru.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, pada kesempatan kali ini kami bagikan Conton Administrasi dan Dokumen Lengkap untuk Guru pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai bahan referensi sekaligus contoh Administrasi untuk pembuatan Tahun Pelajaran baru.

Buku atau format administrasi Guru ini kiranya cukup penting demi tatanan administrasi yang baik bagi seorang Guru, baik Guru Kelas,Guru Mapel atau Guru BK, secara garis besar administrasi guru ini berisikan hal apa yang biasa dilakukan seorang guru, namun karena bentuknya aplikasi atau format administrasi guru guna baiknya kualitas data dan fakta yang telah dilakukan dibukukan dengan administrasi ini.

Baca Juga : Aplikasi Buku Induk Siswa untuk SD/MI

Tentunya kita tak ingin terlupa apa yang telah kita lakukan sebagai guru, atau apa rencana yang bakal kita lakukan, dari kegiatan belajar mengajar, evaluasi, remedial hingga membuat soal dengan kisi-kisi dan menghasilkan kartu soal, ditambahkan pula analisis. Semoga dengan adanya administrasi guru untuk SD/MI ini bisa membantu apra rekan guru khususnya guru madrasah dalam penyusunan administrasi.

Dan bagi rekan guru yang memerlukan administrasi guru ini silakan bisa mendownloadnya pada tautan link berikut ini :

ADMINISTRASI GURU UNTUK SD/MI LENGKAP

Demikian mengenai administrasi guru untuk SD/MI yang sekiranya bisa membantu para guru dimanapun berada. Semoga artikel ini bisa bermanfaat..


Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling

By On February 25, 2017

panduan bimbingan dan konseling
Bimbingan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup.

Manfaat Bimbingan dan Konseling bagi peserta didik adalah sebagai berikut :
  • Bimbingan konseling akan membuat diri kita merasa lebih baik, merasa lebih bahagia, tenang dan nyaman karena bimbingan konseling tersebut membantu kita untuk menerima setiap sisi yang ada di dalam diri kita.
  • Bimbingan konseling juga membantu menurunkan bahkan menghilangkan tingkat tingkat stress dan depresi yang kita alami karena kita dibantu untuk mencari sumber stress tersebut serta dibantu pula mencari cara penyelesaian terbaik dari permasalahan yang belum terselesaikan itu.
  • Bimbingan konseling membantu kita untuk dapat memahami dan menerima diri sendiri dan orang lain sehingga akan meningkatkan hubungan yang efektif dengan orang lain serta dapat berdamai dengan diri sendiri.
  • Perkembangan personal akan meningkat secara positif karena adanya bimbinga konseling.
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menerbitkan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling baik itu untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Panduan tersebut harus dijadikan acuan dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SD karena Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan bagian integral dalam layanan pendidikan.

Melalui Surat Kemendikbud Nomor 4681/B/KS/2017, Kemendikbud meminta semua sekolah mendownload buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK. Buku Panduan Bimbingan dan Konseling Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK (dalam satu file rar) dapat disini :

PANDUAN OPERASIONAL BK UNTUK SD, SMP DAN SMA

Demikian informasi mengenai panduan operasional bimbingan dna konseling untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat guru BK di sekolah atau madrasah.



Juklak Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2017

By On February 24, 2017

juklak pip 2017
PIP diselenggarakan dalam rangka melaksanakan ketentuan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat Untuk Membangun Keluarga Produktif.

Program Indonesia Pintar, yang selanjutnya disebut PIP adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kartu Indonesia Pintar, yang selanjutnya disebut KIP adalah kartu yang diberikan kepada anak dari keluarga pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai penanda/identitas untuk mendapatkan manfaat PIP. Dan Pemangku Kepentingan adalah pihak-pihak yang mempunyai komitmen dan kepentingan terhadap kemajuan pendidikan baik formal maupun non formal.

Baca Juga : Juknis Lomba Karya Ilmiah Siswa Madrasah
Baca Juga : Juknis BOS 2017

Tujuan PIP (Program Indonesia Pintar)

Tujuan PIP (Program Indonesia Pintar) adalah:
  1. Meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 (dua belas) Tahun;
  2. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi; dan
  3. Menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah/Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)/Lembaga Kursus Pelatihan (LKP)/satuan pendidikan nonformal lainnya dan Balai Latihan Kerja (BLK).

Prinsip Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

Prinsip Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di antaranya adalah :
  1. Efisien, yaitu harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang ada untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggung jawabkan;
  2. Efektif, yaitu harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan;
  3. Transparan, yaitu menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai PIP;
  4. Akuntabel, yaitu pelaksanaan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan;
  5. Kepatutan, yaitu penjabaran program/kegiatan harus dilaksanakan secara realistis dan proporsional; dan
  6. Manfaat, yaitu pelaksanaan program/kegiatan yang sejalan dengan prioritas nasional.

Sasaran PIP (Program Indonesia Pintar)

Sasaran PIP adalah anak berusia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Siswa/anak dari keluarga pemegang Kartu Perlindungan Sosial/Kartu Keluarga Sejahtera (KPS/KKS);
  2. Siswa/anak dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH);
  3. Siswa/anak yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari panti sosial/panti asuhan;
  4. Siswa/anak yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah;
  5. Siswa/anak yang terkena dampak ekonomi akibat bencana alam; atau
  6. Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin yang terancam putus sekolah.

Dan bagi rekan guru madrasah yang memerlukan Juklak PIP tahun 2017 ini silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :


Demikian mengenai download juknis PIP terbaru tahun 2017. Semoga info ini bisa bermanfaat, khususnya buat rekan guru madrasah yang memerlukannya..


Syarat Program Beasiswa Santri Berprestasi Dari Kemenag Tahun 2017

By On February 23, 2017

syarat pbsb 2017
Kementerian Agama dalam memperluas kesempatan pendidikan bagi para santri di perguruan tinggi terus meningkat. Lewat Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kemenag menganggarkan Rp36miliar untuk membiayai Program Beasiswa Santri Berprestasi atau yang biasa disebut PBSB.

Rp36M tersebut dialokasikan untuk membiayai beasiswa bagi 1.138 santri yang masih berlangsung dan 250 lagi santri baru yang akan diterima di tahun in. Hal itu dikatakan Kasubdit Pendidikan Pesantren Direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kemenag Ainur Rofiq.

Program Beasiswa Santri Berprestasi untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2005.Semula hanya bermitra dengan dua pergurun tinggi yaitu IPB dan UIN Syarif Hidayatullah. Sampai dengan tahun 2013 menjadi 17perguruan tinggi, yaitu: IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,ITB Bandung, UPI Bandung, UGM Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, ITS Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya,UNAIR Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Mataram, Universitas Indonesia, Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Surya Serpong, dan Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Jakarta

Baca Juga : Beasiswa CIMSA 2017

Jadwal Pendaftaran:

Jadwal pendaftaran PBSB akan dibukapada bulan Maret sampai April

Syarat Pengajuan  :

Pondok Pesantren yang ingin mengusulkan santrinya untuk mengikuti seleksi wajib terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat, dibuktikan dengan telah memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dan telah terdata di kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

Syarat Pendaftaran:

  1. Santri yang bersekolah pada tingkat  Madrasah Aliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren; atau
  2. Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dan ijazah paket C pada tahun 2016  dan 2017 yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;
  3. Santri yang bersekolah pada tingkat akhir di  MA yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pondok Pesantren akan melakukan seleksi untuk menentukan santri untuk mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2017, dengan kriteria umum sebagai berikut:
  1. Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut;
  2. Berusia maksimal (per 1 Juli 2016):
  3. 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MA (lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya);
  4. 20 tahun untuk santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren(lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya).
  5. Memiliki prestasi akademik yang baik dan akhlaq yang terpuji, untuk kriteria khusus bisa kalian cek di website masing-masing universita.

Berkas Pengajuan Santri

Berkas pengajuan disusun dalam satu map, terpisah untuk masing-masing santri dengan ketentuan, yang terdiri dari:
  1. Printout Formulir Registrasi;
  2. Tanda Peserta Ujian CBT;
  3. Salinan KTP/Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/Surat Keterangan Lahir (minimal dikeluarkan oleh Pemerintah Desa/Kelurahan);
  4. Salinan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Paket C untuk santri pondok pesantren salafiyah dengan ijazah Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren atauSalinan Tanda Kelulusan yang dikeluarkan oleh pondok pesantren, untuk santri lulusan pesantren muadalah

Ketentuan warna map:

  • BIRU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPA
  • KUNING, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPS
  • HIJAU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi KEAGAMAAN

Materi seleksi :

  1. Tes Potensi Akademik (70 menit dengan 60 soal pilihan ganda). Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggidapat dievaluasi.
  2. Tes Kemampuan Bidang Studi (120 menit)
    • Materi MIPA untuk Bidang Pilihan Studi IPA, mencakup Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi
    • Materi IPS untuk Bidang Pilihan Studi IPS, mencakup Matematika IPS, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi
    • Materi Keagamaan untuk Bidang Pilihan Studi KEAGAMAAN mencakup Fiqih, Tafsir, Hadist, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam
  3. Tes Bahasa dan Kepesantrenan (60 menit). Bahasa Inggris 20 soal pilihan ganda, Bahasa Arab 20 soal pilihan ganda, Kepesantrenan 20 soal pilihan ganda.
  4. Wawancara (150 menit, 10 Juz). Test lisan/wawancara hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan untuk memastikan hafalan Al Qur’an adalah minimal 10 juz sebagai syarat masuk
Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa membuka website berikut ini:

pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Demikian informasi mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat khusunya buat adik-adik yang sekarang sedang duduk di kelas 12 Madrasah Aliyah yang dalam naungan Pondok Pesantren.

Aplikasi UNBK Android Tahun 2017 Untuk Jenjang SMP, SMA Dan SMK

By On February 22, 2017

aplikasi unbk android 2017
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Tahun ini pelaksanaan UNBK semakin baik dengan perbaikan kekurangan-kekurangan yang ada. Bahkan akses UNBK semakin mudah dengan hadirnya aplikasi yang dapat di akses lewat android. Maka dari itu melalui postingan ini, Guru Madrasah mencoba berbagi link unduk aplikasi UNBK berbasis android. Silakan bisa langsung disimak dibawah ini.

Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP-SMA

1#. Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk SMP/MTs, yang terdiri atas 4 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi ini membutuhkan aplikasi pendukung lain seperti Adobe AIR, agar aplikasi ini berjalan dengan semestinya.
Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP DOWNLOAD

2#. Aplikasi UNBK SMA IPA
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA/MA untuk program studi IPA/MIPA, yang terdiri atas 6 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMA IPA DOWNLOAD

3#. Aplikasi UNBK SMA IPS
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA/MA untuk program studi IPS, yang terdiri atas 6 mata pelajaran yaitu Ekonomi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Matematika IPS. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMA IPS DOWNLOAD

4#. Aplikasi UNBK SMK
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMK/MAK untuk Kelompok Teknik, Kesehatan, dan Pertanian, yang terdiri atas 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMK DOWNLOAD

Panduan Cara Download Apliaksi Play Store

Adapun cara mendownload aplikasi APK di google play atau play store, ada dua alternatif yang bisa digunakan, bisa langsung mendownloadnya menggunakan HP atau smartphone kamu. Cara ini bisanya lebih mudah bila dibandingkan cara mendownload menggunakan PC atau laptop. Namun, anda tak perlu hawatir kami akan mencoba membuat panduannya dengan lengkap agar bisa mempermudah anda dalam mendownload aplikasi ini, baik menggunakan HP maupun menggunakan PC atau laptop.

1. Cara Mendownload Aplikasi di Play Store Menggunakan HP

Untuk mendownload aplikasi APK di Play Store menggunakan HP sangatlah mudah, cukup  mudah.
  • Buka situs https://play.google.com
  • Kemudian mencari aplikasi yang kamu inginkan dan selanjutnya klik "Instal" pada aplikasi yang terpilih.
  • Tunggu hingga proses download selesai.
2. Cara Mendowload Apliaksi di Play Store Menggunakan PC
  1. Silahkan buka https://apkpure.com/app
  2. Kopi link apk yang ingin kamu download di Play Store, pada bagian atas aplikasi yang terbuka. Contoh link APK: https://play.google.com/store/apps/details?id=tryout.sun.smaipa2015&hl=en
  3. Pastekan pada kolom search untuk mencari aplikasi yang akan kamu download, kemudian tekan "Enter" atau klik "Search".
  4. Kemudian klik "Download APK"
  5. Kemudian tunggu hingga muncul apk yang akan kamu download, jika sudah mucncul klik "Oke"
Demikian mengenai aplikasi UNBK 2017 android untuk SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Semoga aplikasi ini bisa membantu adik-adik pelajar yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini khususnya buat yang sudah berbasis UNBK.


Soal Latihan Ujian Nasional SMP/MTs 2017 Beserta Kunci Jawabannya

By On February 21, 2017

soal latihan un smp 2017Pada kesempatan kali ini Guru Madrasah akan berbagi berbagi informasi tentang prediksi "soal dan kunci jawaban siap Ujian Nasional/UN 2017. Dan perlu diingat bahwa ini adalah sekedar latihan dan bukan acuan untuk suksenya Ujian para peserta didik semua, namun ketika kita berusaha dan memiliki tekad yang kuat maka hasil positif pasti akan mengiringi langkah adik-adik semua khususnya dalam menghadapi ujian nanti. Dan tentunya untuk bisa sukses dalam mengerjakan UN 2017 nanti, sangat diperlukan usaha yang keras semisal semakin rajin belajar, memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal, dan bagian terpenting adalah perbanyak berdoa.

Baca Juga : Latihan Soal UN SMP/MTs 2017

Sebagai rasa peduli terhadap kemajua pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan madrasah, maka blog Guru Madrasah merasa berkewajiban untuk sekedar sedikit berbagi informasi seputar kumpulan soal latihanUjian Nasional 2016/2017. Pada dasarnya, soal-soal ini hampir sama dengan soal-soal pada UN sebelumnya. Tapi tidak ada salahnya jika rekan guru madrasah mencoba untuk membahasnya dengan peserta didik agar semakin memperkaya bentuk-bentuk soal yang ada.

Dan bagi rekan guru madrasah yang ingin memiliki soal -soal untuk latihan, langsung saja Anda mengunduhnya secara gratis pada tulisan Download, berikut link yang kami sajikan :
  • Bahasa Indonesia Versi A - Download
  • Bahasa Indonesia Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Versi A dan Versi B - Download
  • Bahasa Inggris Versi A - Download
  • Bahasa Inggris Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris Versi A dan Versi B - Download
  • IPA Versi A - Download
  • IPA Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal IPA Versi A dan Versi B - Download
  • Matematika Versi A - Download
  • Matematika Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Matematika Versi A dan Versi B - Download
Demikian info mengenai soal latihan Ujian Nasional 2017. Semoga dengan adanya soal ini bisa membantu para rekan guru madrasah untuk menjadi bahan latihan atau try out Ujian Nasional di madrasah masing-masing.


Info Beasiswa CIMSA 2017 (CIMSA Scholarship)

By On February 21, 2017

beasiswa cimsa 2017
Curtin Indonesian Muslim Students Association (CIMSA) merupakan organisasi mahasiswa pascasarjana muslim di Curtin University, Perth, Western Australia. Selain aktif dalam dinamika dakwah pendidikan Islam di Perth, CIMSA juga memiliki misi untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas generasi muda bangsa Indonesia melalui program “Beasiswa CIMSA”.

Beasiswa CIMSA adalah bantuan pendidikan bagi siswa-siswi Indonesia yang memiliki potensi akademik, namun kurang mampu secara ekonomi. Program ini telah berjalan sejak tahun 2015, dan didistribusikan ke lebih dari 100 siswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sebagai komitmen untuk terus mewujudkan visi tersebut, CIMSA kembali menyalurkan beasiswa di tahun 2017 ini.

Ketentuan umum Beasiswa CIMSA:
  1. Siswa/siswi SLTA/SMK/MA, SLTP/MTs, SD/MI.
  2. Prioritas diberikan kepada anak yatim/piatu/yatim-piatu dan dari keluarga kurang mampu.
  3. Berprestasi : nilai rata-rata raport minimum 7 dan/atau aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler/kompetisi/mengaji/memiliki hafalan Qur’an minimal 1 juz.
  4. Membutuhkan bantuan untuk biaya pendidikan (SPP, pembelian buku/seragam, kursus, biaya pondok, dan lain-lain).
  5. Beasiswa akan diberikan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, jika siswa/siswi memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu:
    • Nilai rata-rata raport semester terakhir harus sama/lebih baik daripada semester sebelumnya.
    • Tetap aktif dalam kegiatan diluar aktivitas akademik: ekstra kurikuler/kompetisi/menambah hafalan Qur’an.
    • Memanfaatkan dana beasiswa sesuai peruntukannya.
    • Jika syarat tersebut tidak dipenuhi, maka beasiswa hanya diberikan 1 kali dalam 1 tahun.
  6. Pengumuman tahap 1 : 13 Maret 2017 dan Pengumuman tahap 2: 15 Juli 2017
  7. Besaran beasiswa:
    • SLTA/SMK/MA : Rp 1,000,000/6 bulan
    • SLTP/MTs : Rp 750,000/6 bulan
    • SD/MI: Rp 500,000/6 bulan
Prosedur pengajuan Beasiswa CIMSA : 
  1. Mengisi Formulir Permohonan Beasiswa CIMSA beserta Surat Keterangan Sekolah secara lengkap (Formulir dan Surat Keterangan Sekolah dapat diunduh di sini).
  2. Menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang terdiri atas:
    • copy Kartu Keluarga
    • copy raport satu tahun terakhir. (Dokumen-dokumen pendukung ini disiapkan dalam bentuk soft-file format PDF agar bisa dikirim melalui email).
  3. Formulir yang telah diisi serta semua dokumen pendukung dikirim ke CIMSA melalui; email: mycimsa@gmail.com dengan judul/subyek email: Beasiswa CIMSA 2017(nama siswa-kota     asal), paling lambat 25 Februari 2017, pukul 22.00 WIB.
  4. Syarat pencairan tahap 2:
    • Mengirimkan dokumen berikut
    • Copy formulir pendaftaran (yang sudah dikirimkan sebelumnya).
    • Copy raport semester terakhir.
    • Bukti partisipasi dalam kegiatan di luar akademik, misalnya foto, sertifikat, surat keterangan dari guru/ustadz/penyelenggara aktivitas, dll.
    • Tanda terima penggunaan dana beasiswa di tahap 1, misalnya kwitansi/nota pembayaran yang ditandatangani oleh guru/ustadz yang bersangkutan, dll. melalui email mycimsa@gmail.com dengan subyek : Perpanjangan Beasiswa Cimsa 2017 (nama siswa-kota asal) paling lambat 25 Juni 2017, pukul 22.00 WIB.
Demikian mengani info beasiswa CIMSA 2017. Silakan bisa ikut menyebarkan kebaikan ini agar anak-anak yang kurang beruntung mengenyam pendidikan bisa merasakan kebahagiaan dengan pendidikan yang lebih baik.

Cara Menonaktifkan PTK Pada Layanan Simpatika

By On February 21, 2017

Cara Menonaktifkan PTK Pada Layanan Simpatika
Kadangkala PTK di tiap madrasah mengalami perubahan karena berbagai alasan, enath itu mengundurkan diri, pensiun dan lain sebagainya. Sehingga operator madrasah harus segera memutasi atau menonaktifkan PTK yang bersangkutan agar tidak menjadi ganjalan dalam proses update simpatika selanjutnya. Dalam alur ini nantinya akan melibatkan Petugas di lokasi Madrasah/Sekolah maupun di lokasi Kantor Kemenag yang ingin menonaktifkan PTK dikarenakan PTK tersebut Pensiun, Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri, Duplikasi, Tidak Memenuhi Syarat dan lain-lain.

Baiklah rekan guru madrasah dan khusunya buat para operator simpatika dimanapun anda berada, pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba untuk menjelaskan bagamana proses mutasi PTK dari sekolah atau madrasah induk dengan alasan yang telah kami sebutkan diatas.

Untuk Non-Aktif PTK Guru, Pegawai, Kepala Madrasah/Sekolah :
  1. Petugas Madrasah/Sekolah mengajukan Non-Aktif PTK dengan login pada http://simpatika.kemenag.go.id/ dan mencetak surat SM04a untuk PTK Guru dan Pegawai atau SM04b untuk PTK Kepala Madrasah/Sekolah, dengan cara :
    • Masuk di Simpatika dengan login masing-masing operator
    • Klik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    • Selanjutnya klik PTK Non Aktif (sebelah kiri dasbord)
    • Klik Laporkan PTK Non Aktif
    • Pilih PTK yang akan di Non Aktifkan
    • Kemudian isi alasan penon aktifannya dan klik simpan
    • Selanjutnya cetak surat pengajuan penon aktifan atau SM04a bagi gutu atau SM04b bagi kepala madrasah
  2. Petugas Madrasah/Sekolah membawa surat pengajuan non-aktif PTK disertai syarat dokumen pendukung ke Petugas Kantor Kemenag
  3. Petugas Kantor Kemenag melakukan pemeriksaan berkas dan menyetujui non-aktif PTK
  4. Petugas Kantor Kemenag mencetak Surat Tanda Bukti Penonaktifan PTK (SM05)
  5. Untuk Non-Aktif PTK Pengawas Madrasah/Sekolah langsung dinon-aktifkan oleh Petugas Kantor Kemenag.
Berikut ini alur lengkapnya :

DIAGRAM 14 – ALUR PENGAJUAN PENONAKTIFAN PTK (Penerimaan Surat SM04a/SM04b)

diagram 14
Selanjutnya admin kemenag kabupaten akan melakukan verifikasi sebagai berikut :
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Kantor Kemenag setelah menerima Surat SM04a / SM04b dari Petugas Madrasah/Sekolah. Dan juga oleh Petugas di lokasi Kanwil Kemenag setelah menerima Surat SM04c dari Petugas Kantor Kemenag.
  2. Petugas memeriksa kelengkapan berkas pengajuan non-aktif, jika sudah sesuai petugas mencari data PTK menggunakan PegID atau NUPTK untuk melakukan persetujuan non-aktif PTK. Petugas mencetak Surat Tanda Bukti Penonaktifan PTK (SM05)
Untuk Non-Aktif PTK Pengawas Madrasah/Sekolah langsung dinon-aktifkan oleh Petugas Kantor Kemenag

DIAGRAM-15 ALUR PENERIMAAN PENGAJUAN PENONAKTIFAN PTK (SM05)


diagram 15
Demikan mengenai cara menonaktifkan PTK atau kepala Madrasah pada layanan simpatika kemenag. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk rekan guru madrasah.

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Reguler dan Keagamaan Revisi 2016

By On February 19, 2017

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Revisi 2016
Silabus dan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembejaran adalah satu jenis perangkat yang paling sering membuat guru gelisah. Selain juga prota dan promes. Sementara untuk Silabus, buku siswa, prota, promes, kaldik biasanya sudah banyak disediakan dan tersebar di dunia maya. Bahkan untuk Kurikulum 2013, guru tidak perlu lagi memusingkan Silabus, karena itu memang sudah disediakan oleh negara.

Namun demikian untuk memudahkan para rekan guru madrasah menemukan Silabus dan RPP untuk mata pelajaran PAI maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba berbagi tentang Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Reguler dan Keagamaan Edisi Revisi 2016 lengkap mulai dari Kelas 10 sampai dengan kelas 12 Madrasah Aliyah. Semua file yang ada dalam Silabus ini dalam format Microsoft Word sehingga memudahkan rekan guru madrasah dalam penggunaan maupun untuk keperluan pengeditan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi rekan guru madrasah yang memerlukan dokumen silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah , kami sajikan dengan isi berikut :

Kelas 10
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus Ushul Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 11
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 12 Reguler
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 12 Keagamaan
  • Silabus Hadis dan Ilmu Hadis
  • Silabus Akhlak
  • Silabus Fikih Ushul Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
  • Silabus Tafsir Keagamaan
  • Silabus Ilmu Kalam
Bagi rekan guru madrasah dimanapun berada yang kebetulan membutuhkan file ini, silahkan diunduh pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini secara gratis.

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Edisi Revisi 2016

Itulah artikel menganai Slabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah atau MA yang sudah mengalami revisi di tahun 2016. Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan guru madrasah dimanapun Anda berada. Teruslah berkarya dan mengabdi demi terwujudnya generasi yang lebih baik. Salam madrasah..

Promes dan Prota Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013

By On February 19, 2017

Promes dan Prota Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013
Rekan guru madrasah yang senantiasa selalu semagat untuk mendidikan siswa/siswi madrasah, pada posting sebelumnya blog guru Madrasah sudah membagikan beberapa dokumen pendukung perangkat pembelajaran SD/MI khusus kurikulum 2013 seperti contoh kurikulum 2013 untuk SD/MI. Dan pada kesemaptan kali ini, kami mencoba untuk membagikan perangkat pembelajaran lainnya yaitu, promes dan prota Kurikulum 2013 edisi revisi atau yang terbaru.

Hal ini demi untuk membantu bapak/ibu guru rekan guru madrasah dalam mempermudah pengerjaan dan melengkapi perangkat pembelajaran untuk kurikulum 2013 agar para guru tidak perlu bersusah payah membuat perangkat pembelajaran yang terlihat rumit, tidak perlu mengetik panjang lebar yang memakan waktu yang lama karena penulis telah menyiapkan contoh dokumen perangkat pembelajaran Prota dan PromesKurikulum 2013 Revisi Untuk Kelas 1 SD/MI. Para rekan guru madrasah hanya perlu sedikit mengeditnya. Dengan demikian, para guru bisa mempelajari perangkat pembelajaran 2013 yang belum dipahami atau dimengerti sembari mengeditnya.

Buat rekan guru madrasah yang memerlukan contoh prota, promes dan KKM Kurikulum 2013. khusunya kelas 1, silakan bisa mendownloadnya melalui link download berikut ini :
  • Prota Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Pomes Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 - DOWNLOAD
  • Promes Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 - DOWNLOAD
Demikian artikel mengenai promes dan prota Kurikulum 2013 ini. Semoga dengan ini para guru masih bisa mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan hal yang lainnya karena tidak harus membuat perangkat pembelajaran dari nol lagi. Tetap semangat dan salam madrasah







Madrasah Baik Swasta Maupun Negeri Boleh Menarik Dana Dari Masyarakat

By On February 19, 2017

madrasah boleh tarik dana dari masyarakat
Setelah beberapa waktu lalu dunia pendidikan dihebohkan dengan larangan pungutan liar atau pungli dan keluarnya peraturan mengenai pungli tersebut, maka untuk saat ini Kementerian Agama sudah mengeluarkan peraturan baru mengenai boleh tidaknya madrasah mengambil pungutan dari orang tua murid atau masyarakat.

Dan Kementerian Agama telah secara resmi menetapkan aturan baru yang memperbolehkan madrasah baik swasta maupun negeri menarik dana dari masyarakat maupun dari orang tua/wali murid. Sesuai yang disampaikan oleh sekretaris Direktur Jendral Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis) Kementerian Agama, Isom Yusqi, mengatakan madrasah boleh memungut dana dari masyarakat meski mendapat Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah.

Peraturan tersebut telah tertuang melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 66 Tahun 2016, Tujuan diperbolehkannya dana masyarakat yang masuk ke madrasah adalah dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan madrasah, diantaranya adalah untuk peningkatan akses, mutu, dan daya saing serta relevansi madrasah,

Melalui PMA yang ditandatangani Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pada 29 Desember 2016 ini, Sesditjen Pendis kembali menegaskan bahwa dana dari masyarakat tersebut harus dikelola oleh Komite Madrasah dan dipergunakan semuanya demi kepentingan pendidikan di madrasah yang bersangkutan.

Adapaun pembiayaan madrasah dari masyarakat harus fokus dipergunakan untuk:
  1. Menutupi kekurangan biaya pendidikan dari pemerintah
  2. Kegiatan peningkatan mutu pendidikan yang tidak dianggarkan pemerintahH
  3. Honor guru untuk kegiatan ekstra kurikuler
  4. Pembayaran guru honorer (Non-PNS)
  5. Pengadaan sarana dan prasarana
  6. Living cost murid berasrama
  7. Beasiswa murid berprestasi; dan 
  8. Menunjang peningkatan akses, mutu dan daya saing
Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu tentang hal-hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan terkait dengan penarikan dan pentasharufannya adalah sebagai berikut :
  1. Tidak dibebankan untuk wali murid yang tidak mampu. 
  2. Pembiayaan digunakan untuk tolok ukur penerimaan siswa baru, hasil belajar murid dan kelulusan. Digunakan untuk kesejahteraan komite dan lembaga/sekolah
Untuk lebih jelasnya mengenai peraturan tentang bolehnya sekolah atau madrasah menarik iuran dari masyarakat, silakan rekan guru madrasah bisa mengunduh tentang perubahan peraturan pada tautan lingk berikut ini :
Demikian info mengenai Kementerian Agama telah secara resmi menetapkan aturan baru yang memperbolehkan madrasah baik swasta maupun negeri menarik dana dari masyarakat maupun dari orang tua/wali murid. Semoga bermanfaat...

Prediksi dan Pembahasan Soal UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017

By On February 18, 2017

prediksi soal un smp/mts tahun 2017
Tidak terasa beberapa saat lagi siswa kelas 9 SMP/MTs akan menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017, yang tentunya harus sudah mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional 2016/2017 ini. Dengan harapan saat Ujian Nasional nanti bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah dan lancar dan tentunya dengan benar. Dan untuk membantu adik-adik kelas 9, maka pada kesempatan kali ini kami dari Guru Madrasah akan membantu anda yang sedang membutuhkan soal prediksi UN tahun 2017 ini sebagai latihan try out untuk memperkaya diri dengan kesiapan yang matang, soal-soal prediksi berikut semoga akan ada manfaatnya.

Soal-soal yang kami sajikan hanyalah sekedar prediksi belaka, selebihnya silakan adik-adik SMP/MTs bisa mencari referensi yang lebih banyak lagi mengenai prediksi Ujian NASional Tahun 2017 ini. Semakin banyak berlatih dalam mengerjakan soal Ujian maka akan semakin terasah kemampuannya untuk menghadapi Ujian Nasional 2017 yang akan datang.

Dan bagi rekan-rekan guru madrasah yang memerlukan prediksi Soal Ujian Nasional tahun Pelajaran 2016/2017 yang nantinyaakan diberikan kepada kelas 9 SMP/MTs, silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini :
  • Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2017 - DOWNLOAD
  • Pembahasan Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2017 - DOWNLAOD
Semoga artikel tentang prediksi soal UN SMP/MTs dan pembahasannya ini bisa bermanfaat, khusunya kepada rekan-rekan guru madrasah dan adik-adik kelas 9 SMP/MTs yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 ini. Selamat mengerjakan dan semoag sukses dalam ujiannya.

sumber : www.unsmp.com

Kabar Gembira, Kemenag Alokasikan 14 Triliun Untuk Tunjangan Profesi Guru

By On February 18, 2017

Kemenag Alokasikan 14 Triliun Untuk Tunjangan Profesi Guru
Lebih dari 440ribu guru madrasah dan pendidikan agama Islam (PAI) pada sekolah yang sudah mengikuti program sertifikasi dan berhak mendapatkan tunjangan profesi. Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Kementerian Agama pada tahun 2017 ini telah mengalokasikan lebih dari Rp14 Triliun untuk membayar tunjangan profesi guru.

"Lebih dari Rp9,6 triliun kita alokasikan untuk membayar tunjangan profesi guru madarasah, baik PNS maupun bukan PNS. Adapun untuk guru PAI PNS dan bukan PNS, sudah dialokasikan tidak kurang dari Rp5,2 triliun," kata Kamaruddin Amin dalam kesempatan rapat Panitia Kerja (Panja) tentang Sertifikasi Guru dan Inpassing di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Jakarta, Selasa (07/02).

Baca Juga : Beasiswa S2 Bagi Guru Madrasah Dari Kemenag

Meski demikian, doktor lulusan Jerman ini mengaku bahwa alokasi anggaran yang tersedia belum sepenuhnya mencover kebutuhan anggaran pembayaran tunjangan profesi guru. Menurutnya, Kemenag masih membutuhkan anggaran tidak kurang dari Rp5,4 triliun untuk lima pos pembayaran. Kelima pos pemayaran itu adalah :
  1. Pembayaran tunjangan guru bukan PNS madrasah yang sudah inpassing terhutang sejak tahun 2016. Kebutuhan anggaran untuk pos ini, menurut Kamaruddin Amin sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan berikut dengan hasil review yang dilakukan Itjen Kemenag.
  2. Pembayaran tunjangan profesi guru madrasah dan PAI terhutang tahun 2014 dan 2015. Kebutuhan anggarannya lebih dari Rp1,48 triliuan. Kamaruddin optimis anggaran ini akan dialokasikan Kemenkeu karena datanya sudah diverifikasi melaluai audit sensus oleh BPKP.
  3. Pembayaran tunjangan guru bukan PNS belum diverifikasi Itjen. Jumlahnya mencapi 39.000. dengan total perkiraan kebutuhan anggaran Rp1,86 triliun.
  4. Guru PAI Bukan PNS Inpasssing yang sudah diverifikasi oleh Itjen. Jumlah gurunya sekitar 1.500 dengan kebutuhan anggaran lebih dari Rp50,16 miliar.
  5. Usulan tambahan pembayaran TPG madrasah dan PAI dari daerah untuk tahun anggaran 2017. Perkiraan kebutuhan anggarannya mencapai Rp863,91 miliar.
Menurutnya dari kelima item, yang memungkinkan untuk diupahkan agar bisa diberikan pada tahun ini adalah item pertama, kedua, keempat, dan kelima. Sedangkan untuk item ketiga masih diverifikasi,

Semoga artikel kami ini tentang Kemenag Siap Alokasikan 14 Triliun Untuk Tunjangan Profesi Guru dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya, khusunya rekan guru madrasah dimanapaun Anda berada.

Sumber: http://ceksini.info/c/tunjangankemenag 


Download Contoh RPP Kurikulum 13 untuk SD/MI

By On February 18, 2017

contoh rpp kurikulum 2013 sd/mi
Salah satu upaya untuk mempersiapkan diri menghadapi kegiatan belajar mengajar adalah penyususnan RPP oleh masing -masing guru mata pelajaran. dan saat ini model-model RPP dapat kita dapatkan dengan mudah didunia maya. Di antara yang perlu diketahi oleh guru mengenai Kurikulum 13 adalah adanya perubahan dalam penyusunan RPP dan silabus. Di antara yang mengalami perubahan adalah kompetensi dan metode membuat penyusunan RPP. Khusus silabus, meskipun ada perubahan, guru tidak perlu repot karena Silabus Kurikulum 2013 dibuatkan oleh Kemdikbud.

Pada tingkat Sekolah Dasar baik itu SD ataupun MI, Kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran yang bersifat tematik intergratif. Dalam penggunaan metode ini maka materi yang dipelajari akan dikaitkan satu sama lain dengan pendekatan tema (tematik). Sehingga sistem mata pelajaran tidak lagi terasa. Pada setiap tingkatan kelas disediakan tema pada kisaran delapan tema yang harus diajarkan oleh guru.

Baca Juga : Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs

RPP Kurikulum 2013 mengandung hal-hal yang langsung berhubungan dengan aktivitas KBM dalam usaha pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Belum banyak pelatihan yang dilakukan oleh Kementrian Agama bagi guru-guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, termasuk dalam menyusun RPP yang sesuai Silabus Kurikulum 2013.

Dan bagi rekan-rekan guru SD atau MI yang memerlukan contoh penyusunan RPP Kurikulum 2013, silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini:
  • Contoh RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Contoh RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
Semoga contoh RPP SD/MI Kurikulum 2013 ini bermanfaat bagi rekan guru semua dimanapun Anda berada

Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

By On February 17, 2017

surat pengantar pemutakhiran data emis semster genap 2016/2017
Semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan beberapa waktu yang lalu, dan tentunya para operator diharapkan segera melakukan pemutakhiran data EMIS untuk semester genap ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sebagai penyelenggara EMIS, baru-baru ini mengeluarkan Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Surat dengan nomor 531/DJ.I/Set.I/OT.01.01/02/2017 tertanggal 10 Februari 2017 ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Rektor UIN/IAIN, Ketua STAIN, dan Koordinator Kopertais Wilayah I-XIII di seluruh Indonesia. Sesuai dengan pokok surat, melalui surat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberitahukan bahwa akan dimulainya pemutakhiran data Pendidikan Islam periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui sistem pendataan EMIS.

Baca Juga : Aplikasi Desktop Emis Semster Genap 2016/2017

Beberapa point penting yang terdapat dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. M. Isom Yusqi, M.Ag tersebut antara lain:
  1. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan di bawah binaan Dirjen Pendis, yang meliputi:
    • Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Pengawas Madrasah.Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al Quran (LTQ), Pesantren penyelenggara Program Wajar Dikdas, Satuan pendidikan Diniyah Formal, dan Satuan Pendidikan Diniyah formal dan Satuan Pendidikan Muadalah.
    • Pendataan Guru PAI pada sekolah dan Pengawas PAI dibawah koordinasi bidang PAKIS/Pendis ditingkat Kanwil Kemenag Tingkat Propinsi.
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta(PTKIS)
  2. Setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, dan tenaga kependidikan di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, diwajibkan melakukan pemutakhiran data EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjet Pendis secara lengkap dan akurat.
  3. Setiap satuan  pendidikan (RA, MI, MTs, MA, Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, LPQ, Diniyah Formal, Muadalah, PTKIN, dan PTKIS), Guru PAIS, Pengawas PAIS, dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran dara EMIS, tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI. Sehingga secara otomatis tidak berhak untuk memperoleh pelayanan dalam bentuk apapun dari Ditjen Pendis. Hal ini secara otomatis berlaku bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya.
  4. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan sejak 31 Maret 2017 namun tidak mendukung pencairan dan BOS Madrasah Triwulan I Tahun 2017. Namun tiap satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan updating data sebelum bulan Februari 2017 berakhir.
  5. Instrumen dan aplikasi pendataan EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dapat diunduh pada halaman web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm.
Untuk lebih jelasnya mengenai surat pengantar pemutakhiran data EMIS semster genap Tahun Pelajaran 2016/2017, rekan guru madrasah khususnya para operator Emis, dapat mengunduhnya melalui tautan link berikut ini :

SURAT PENGANTAR PEMUTAKHIRAN DATA EMIS SEMSTER GENAP 2016/2017

Demikian info mengenai surat pengantar pemutakhiran data Emis semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga srtikel ini bermanfaat, khusunya buat para rekan operator Emis dimanapun Anda berada. Salam madrasah dan selamat berkerja.



Aplikasi Qur'an Kemenag Versi Android dan IOS

By On February 15, 2017

Aplikasi Qur'an Kemenag Versi Android dan IOS
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah. saat ini sepertinya sudah banyak beredar aplikasi Al Quran, baik itu untuk Android, iOS, maupun web. Dan salah satu yang patut Anda miliki adalah aplikasi Quran Kemenag karena admin kira aplikasi ini adalah yang terbaik diantara aplikasi digital Quran lainnya. Lalu apakah aplikasi Qur'an Kemenag itu? Aplikasi Qur’an Kemenag merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dibuat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama Republik Indonesia. Dan bagi rekan-rekan guru madrasah, aplikasi ini tampaknya wajib ada dalam smartphone.

Selain dikeluarkan oleh lembaga resmi, yakni Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kemenag, aplikasi Quran Kemenag memiliki berbagai kelebihan dibanding aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Android, IOS, maupun PC (web). Diantara kelebihan dari aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital buatan Kementerian Agama ini antara lain:
  • Menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani
  • Tersedia dalam format Android, Web, dan IOS.
  • Tersedianya menu Download Semua Halaman, sehingga dapat digunakan secara offline
  • Layar aplikasi tidak mati sehingga memudahkan saat membaca (tadarus)
  • Menu pencarian yang mudah berdasarkan kata, halaman, juz, ataupun surah
  • Dilengkapi teks terjemah, teks tafsir, suara murottal, penanda baca terakhir
  • Tafsir terdiri atas dua varian yakni tafsir ringkas dan tahlili
  • Suara murattal oleh Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.
  • Bisa melakukan share teks Al-Quran, terjemah, maupun tafsir dengan mudah ke facebook, twitter, whatsapp, email, dan message.
  • Bisa menyalin (copy) ayat Al Quran dengan mudah.
Apliaksi ini tersedia dalam versi web, Android, dan IOS. Untuk mengakses dan mendownload aplikasisi Quran Kemenag kunjungi:
Demikianlah aplikasi Quran Kemenag yang sudah selayaknya ada dalam setiap smartphone milik guru-guru madrasah. Semoga aplikasi ini bermanfaat buat rekan guru semua.


RPP dan Silabus PAI dan Bahasa Arab MTs Kelas VII Kurikulum 2013

By On February 15, 2017

silabus PAI dan bahasa arab kelas VII K13
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan amdrasah, sudah kita ketahui bersama bahwa dari sekian banyak perangkat pembelajaran yang ada, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembejaran adalah satu jenis perangkat yang paling sering membuat guru gelisah. Selain juga prota dan promes. Sementara untuk Silabus, buku siswa, prota, promes, kaldik biasanya sudah banyak disediakan dan tersebar di dunia maya. Bahkan untuk Kurikulum 2013, guru tidak perlu lagi memusingkan Silabus, karena itu memang sudah disediakan oleh negara.

Namun demikian untuk memudahkan para rekan guru madrasah menemukan Silabus dan RPP untuk mata pelajaran PAI maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba berbagi RPP dan Silabus untuk mata pelajaran PAI khusus kelas VII saja. Setelah sebelumnya kami sudah membagikan Silabus dan RPP mata pelajaran umum. Semoga ini bisa membantu para rekan guru madrasah dalam menyusun program pengajaran.

RPP PAI MTs Kurikulum 2013 Kelas VII Terbaru ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

Baiklah buat guru rekan madrasah yang memerlukan RPP dan silabus mata pelajaran PAI silakan bisa mengklik tautan berikut ini :
  • RPP Akidah Akhlak Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Al-Qur’an Hadist Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Fiqih Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP SKI Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Bahasa Arab Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
Untuk silabus dari mata pelajaran diatas, silakan bisa mendownloadnya pada tauan berikut :

DOWNLOAD SILABUS BAHASA ARAB DAN PAI MTs KELAS VII

Demikian tadi mengenai Silabus dan RPP untuk mata pelajaran bahasa arab dan PAI untuk MTs kelas VII. Besar harapan kami postingan ini bisa bermanfaat buat rekan guru mdrasah dimanapun berada.



Contoh RPP dan Silabus Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013

By On February 14, 2017

contoh rpp dan silabus kurikulum 2013 smp-mts
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang senantiasa terus semangat mengabdikan untuk pendidikan madrasah, sebagai seorang guru tentunya sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yah itulah RPP. Namun tidak ada salahnya jika blog Guru Madrasah sebelum membagikan contoh-contoh RPP,ada baiknya menjelaskan sedikit apa itu RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

RPP harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas
dalam mendampingi  peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Soal UTs dan UAS Otomatis

Rekan guru dimanapun berada, kali ini Guru Madrasah[dot]com akan mencoba berbagi contoh RPP Kurikulum 2013 untuk beberapa mata pelajaran, namun untuk MTs/SMP. Jika RPP Kurikulum 2013 SD/MI yang ada perubahan dan bersifat tematik, maka pada Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 juga terdapat perbedaan. Dan perubahan ini diharapkan berdampak pada efektif dan efisiennya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Berikut ini adalah link download Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 yang dapat rekan guru madrasah download sebagai bahan alternatif pembuatan RPP :
Dan untuk silabus materi-materi diatas bisa rekan guru madrasah download pada tautan berikut ini :
Walaupun Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang tersaji dalam posting ini tidak untuk keseluruhan mata pelajaran dan kelas karena tidak adanya materi-materi PAI,namun setidaknya bisa menjadi gambaran penyusunan RPP untuk materi pelajaran yang lainnya tinggal merubah dan memodifikasi sesuai dengan mata pelajarannya sesuai dengan sistematika dan konten atau isi RPP. Sehingga akan membantu mempermudah rekan-rekan guru madrasah untuk menyusun RPP.

Demikian Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang dapat Guru Madrasah bagikan kepada rekan guru sekalian, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat.


Contoh Terbaru SK Pembagian Tugas Mengajar Guru di Madrasah

By On February 14, 2017

contoh sk pembagian tugas mengajar guru madrasah
Guru Madrasah | Setiap awal tahun pelajaran tentunya hal yang perlu di lakukan oleh tiap madrasah adalah menrbitkan Surat Keputusan atau SK, baik SK untuk pembagian tugas ataupun SK untuk pembagian tugas mengajar. Karena SK Pembagian Tugas Mengajar merupakan salah satu administrasi dasar dalam pelaksanaan tugas guru dalam proses belajar mengajar dan tenaga kependidikan lainnya. Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang Pembagian Tugas Guru dalam Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan, dan Ekstrakurikuler ini tentunya tiap madrasah berbeda formatnya, sehingga MI, MTs atau MA yang ragu dan kebingungan mencari contoh SK Pembagian Tugas Mengajar yang benar.

Salah satu hal dalam pembuatan SK yang sering kali membingungkan adalah penulisan konsideran. Konsideran sendiri merupakan uraian singkat yang memuat pokok-pokok pikiran yang menjadi latar belakang dan alasan pembuatan Peraturan Perundang-undangan yang memuat unsur filosofis, yuridis, dan sosiologis. Salah satunya adalah tentang peraturan perundang-undangan yang melatar belakangi (mendasari) sebuah peraturan yang akan ditetapkan. Sehingga konsideren SK pada madrasah harus dibedakan dengan konsideren pada SK pada sekolah umum lainnya.

Dan melalui artikel ini Guru Madrasah mencoba me-reshare contoh Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang Pembagian Tugas Guru dalam kegiatan Pembelajaran, Bimbingan, dan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah dalam format microsoft word (doc). karena SK Pembagian Tugas Mengajar ini diperuntukkan bagi jenjang Madrasah Ibtidaiyah, maka konsideran yang digunakanpun disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku terhadap Madrasah Ibtidaiyah.

Jika bapak/ibu guru madrasah ada pada jenjang MTs atau MA, silakan bisa disesuaikan kembali konsiderennya sesuai dengan keperluan. Untuk contoh suratnya bisa bapak/ibu rekan guru madrasah bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini :

CONTOH SK PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR GURU MADRASAH

Demikian artikel mengenai contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru di Madrasah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi rekan guru madrasah yang masih kebingungan mencari format SK Pembagian Tugas Mengajar. Selamat beraktifitas dan salam madrasah...

Syarat Terbaru Pendaftaran Serfitikasi Guru Kemenag Tahun 2017

By On February 14, 2017

sertifikasi guru kemenag 2017
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah dimanapun berada, sertifikasi guru tahun 2017 Kemenag (Kementerian Agama) akan segera dibuka dengan beberapa persyaratan baru yang mungkin yang Anda ketahui setelah membaca beberapa informasi dibawah. Syarat peserta sertifikasi guru Kemenag tahun 2017 kemungkinan tetap sama pada tahun sebelumnya, hanya mekanisme saja yang berbeda.

Untuk mendaftar menjadi peserta sertifikasi, pastinya Anda sebagai guru di lingkungan Kemenag sudah mengetahui jauh-jauh hari sebelumnya apa itu persyaratanya. Adapun mungkin info sertifikasi guru Kemenag terbaru belum Anda ketahui. Oleh sebab itu, untuk mencari lebih jauh sampai dimana proses pelaksanaan sertifikasi guru Kemenag silakan ikuti perkembangannya di website resminya.

Dan untuk mempermudah dan membantu rekan guru madrasah, berikut ini adalah syarat yang akan Anda penuhi nanti apabila menjadi calon peserta sertifikasi guru Kemenag tahun 2017 :
  • Bagi Guru PAI yang telah mendaftar sertifikasi tahun 2016 wajib untuk mengupdate/mendaftar kembali sesuai dengan Persyaratan yang berlaku (terlampir);
  • Mengisi Formulir daftar nama Calon peserta sertifikasi guru PAI tahun 2016 Format (A1)Terlampir;
  • Mengisi formulir Program Microsoft Office Excel (Format Terlampir) , dan di masukan ke Flash Disk/CD;
  • Foto Copy KTP;
  • Foto Copy Ijazah terakhir dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  • Foto Copy Print Out NUPTK;
  • Surat pernyataan dibuat sendiri ber-materai 6.000 dan diketahui oleh Kepala Sekolah (Format terlampir);
  • Foto Copy Izin Operasional Sekolah / Pendirian Sekolah;
  • Foto Copy SK Pengangkatan Pertama sebagai GURU TETAP PAI (NON PNS) / SK CPNS, sampai dengan SK terakhir, yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (SECARA TERUS MENERUS SETIAP TAHUN);
  • Foto Copy SK Pembagian Tugas beserta lampirannya/ jadwal Pelajaran tahun 2015/2016 yang telah dilegalisir;
  • Bagi Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik mata pelajaran lain, harus melampirkan fotocopy sertifikat pendidik dan NRGnya;
  • Persyaratan di atas dibuat 2 (dua) rangkap, masing-masing dimasukkan ke dalam map biola snelhekter, untuk Kemenag warna Hijau, Diknas Warna Kuning dan Non PNS warna Merah;
  • Semua berkas yang telah lengkap diserahkan langsung ke panitia dinas masing-masing.
Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan menhenai syarat sertifikasi guru di lingkungan kemenag tahun 2017. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru madrasah dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.

sumber : suarapgri.com, infopgri.tk


Download Aplikasi BIOUN Tahun Pelajaran 2016/2017 dan Panduan Pengisiannya

By On February 13, 2017

boiun 2017
Guru Madrasah | Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2017 sebentar lagi akan di gelar, baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Sebelum Pelaksanaan UN tersebut dilakukan pendaftaran dan pendataan Calon peserta UN yang nantinya akan ditetapkan m enjadi peserta UN tahun 2017. Calon peserta UN merupakan siswa kelas akhir di masing – masing tingkat dan berpacu pada data yang ada di dapodik. Selain itu verifikasi peserta UN juga dilakukan melalui aplikasi BIO UN 2017.

Petunjuk teknis penggunaan BIOUN Tahun 2017

Sambil menunggu kelanjutan kebijakan Ujian Nasional, kami sampaikan bahwa pendataan calon peserta ujian sudah bisa dilaksanakan.

Calon peserta Ujian ini sebagai laporan secara online dari tiap sekolah dan natinya dapat digunakan sebagai dasar penomoran ujian sekolah / madrasah. Berikut ini penggunaan BIOUN Tahun 2017 yang datanya bisa diambil dari verval capesun EMIS :
  1. Siapkan file capesun (downlod di vervalun)
  2. Siapkan aplikasi BIOUN
  3. Buka BIOUN 
  4. Kopi file Capesun, Pilih 30-06, buka Polder Emis, paste
  5. Log in Biodata, Userid :admin, Password : admin
  6. Pilih export/import-pilih kabupaten-pilih madrasah
  7. Klik DAPODIK/EMIS (secara otomatis file capesun akan muncul)
  8. Klik file capesun
  9. Pilih proses
  10. Kalo berhasil klik siswa
  11. Maka bio-un akan terisi otomatis. Selamat mencoba
Untuk lebih mudahnya silakan bisa dapatkan BIOUN di link berikut ini :
Demikian info mengenai BIOUN untuk Tahun 2017. Semoga bermanfaat dan salam madrasah


Aplikasi Pembuat Jadwal Otomatis Terbaru Tanpa Bentrok

By On February 12, 2017

aplikasi pembuat jadwal otomatis
Guru Madrasah | Rekan-rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat menyebar kebaikan, sudah menjadi maklum bahwa setiap awal semester pekerjaan rutin yang selalu dilakukan dan cukup membuat kepala pusing salah satunya adalah membuat jadwal pembagian tugas atau jadwal pelajaran. Dalam pembuatan jadwal pelajaran atau roaster, nah yang menjadi kendala adalah kadang kala dalam membuat jadwal ini sering terjadi bentrok, hal ini dikarenakan banyak hal misalnya jumlah rombel yang banyak, guru yang tidak hanya mengajar pada satu satuan pendidikan dan atau hal lainnya yang sifatnya berbeda-beda di tiap satuan pendidikan. Tak heran jika dalam pembuatan jadwal memerlukan waktu yang tidak sebentar bahkan kadang harus direvisi berulang kali sehingga jadwal pelajaran benar-benar jadi dan siap untuk diterbitkan.

Mengingat hal tersebut, maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba men-share kembali sebuah aplikasi pembuat jadwal otomatis sehingga resiko bentrok jadwal akan bisa dihindari. Dengan aplikasi pembuat pelajaran anti bentrok ini, akan lebih mempermudah pembuatan jadwal pelajaran baik itu untuk SD, SMP maupun SMA. Aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis ini berbasis excel sehingga memudahkan dalam proses penyesuaian dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing.
Aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis dengan excel ini sangat mudah digunakan dan tentunya tidak akan terjadi bentrok pembagian jam di tiap kelas atau roaster.

Aplikasi Jadwal Pelajaran otomatis dengan excel ini dilengkapi daftar mata pelajaran serta nama guru yang mengampu setiap mata pelajaran tersebut dan tentunya dapat di edit dan disesuaikan dengan sekolah masisng-masing sehingga aplikasi ini juga bisa digunakan baik SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA dan yang sederajat. Selain itu juga terdapat rekapitulasi jumlah jam mengajar atau JJM untuk setiap guru dan jumlah jam mengajar tiap kelas. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dalam penyusunan jadwal pelajaran di sekolah bapak / ibu.

Buat rekan-rekan guru madrasah yang ingin mencoba aplikasi ini silahkan di unduh pada tautan di bawah ini :
Itulah aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran terbaru yang dapat Guru Madrasah berikan. Semoga dengan jadwal ini para guru khususnya bapak/ibu guru madrasah bisa terbantu dengan aplikasi ini.

Panduan Penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) Tahun 2017

By On February 09, 2017

panduan penerbitan nism 2017
Guru Madrasah | Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) adalah kode pengenal identitas peserta didik pada stuan pendidikan madrasah yang bersifat unik dan standar untuk dapat membedakan satu peserta didik dengan peserta didik lainnya baik secara internal di lingkungan madrasah yang bersangkutan maupun secara nasional.

Diantara pertimbangan diterbitkannya Panduan Penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) Terbaru 2017 adalah untuk mendukung peningkatan tata kelola dan pelaksanaan administrasi peserta didik pada satuan pendidikan madrasah, dipandang perlu untuk menyusun suatu nomor unik bagi setiap peserta didik pada satuan pendidikan madrasah di seluruh wilayah Indonesia. Nomor unik bagi peserta didik satuan pendidikan madrasah ini, yang selanjutnya diberi istilah Nomor Induk Siswa Madrasah (NSIM).

Panduan ini tentu saja menjadi acuan dan tata cara pelaksanaan Penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) jenjang RA, MI,MTs dan MA.

Latar Belakang Panduan Penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah Terbaru 2017

Pertembingan diterbitkannya panduan penerbitan NISM 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Peningkatan tata kelola dan pelaksanaan administrasi di lingkungan Kementerian Agama yang meliputi bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, ketenagaan serta sarana dan prasarana merupakan upaya yang harus dilakukan secara terus menerus guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan baik di bidang pendidikan maupun bidang agama.
  2. Pesatnya perkembangan satuan pendidikan madrasah yang berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan tata kelola dan pelaksanaan administrasi pad a satuan-satuan pendidikan tersebut.
  3. Seiring dengan semakin tingginya tuntutan akan semakin tertibnya tata kelola satuan pendidikan, peserta didik dan ketenagaan pada satuan pendidikan madrasah di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam, maka perlu dilakukan penertiban adminsitrasi data untuk masingmasing entitas data tersebut.
  4. Dalam rangka mendukung peningkatan tata kelola dan pelaksanaan administrasi peserta didik pada satuan pendidikan madrasah, dipandang perlu untuk menyusun suatu nomor unik bagi setiap peserta didik pad a satuan pendidikan madrasah di seluruh wilayah Indonesia. Nomor unik bagi peserta didik satuan pendidikan madrasah ini, yang selanjutnya diberi istilah Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM)
  5. Untuk penyeragaman pola penyusunan NISM di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang berlaku secara nasional, dipandang perlu untuk menyusun panduan penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM)
Persyaratan Penerbitan dan Formulasi Penyusunan NISM
Siswa dianggap memenuhi syarat diterbitkan NISM untuknya  jika:
  1. Siswa sudah terdaftar dan tercatat sebagai peserta didik pada satuan pendidikan madrasah yang telah memiliki NSM dantelah terdaftar dalam database EMIS Pendis Kemenag.
  2. Siswa mengisi formulir peserta didik yang disediakan oleh satuan pendidikan madrasah secara lengkap dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. 
  3. Operator madrasah secara periodik melaporkan perkembangan data setiap peserta didik kedalam Aplikasi EMIS Pendis Kemenag.

Adapun formulasi penyusunan NISM adalah sebagai berikut:
NISM terdiri dari 18 (delapan belas) digitangka dengan susunan sebagai berikut :
formulasi nism 2017
Keterangan:
XXXXXXXXXXXX = 12 (dua belas) digit Nomor Statistik Madrasah (NSM)

YY      = 2 (dua) digit tahun masuk peserta didik di madrasah bersangkutan
ZZZZ   = 4 (empat) digit nomor urut siswa yang terdaftar di madrasah bersangkutan pada tahun masuk tertentu

Bagi rekan guru madrasah yang ingin memiliki panduan lengkap bagaimana cara penerbitan NISM ini, silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini :

PANDUAN PENERBITAN NOMOR INDUK SISWA MADRASAH (NISM) TAHUN 2017

Demikian mengenai panduan penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) Tahun 2017. Semoga panduan ini bermanfaat buat para guru madrasah agar tata kelola administrasi menjadi semakin baik. Salam madrasah dan selalu semangat menebar kebaikan....