2017-02-26

jadwal upload emis online tp 2016/2017
Jadwal upload Emis online ini admin dapatkan dari grup Wathsapp operator emis madrasah, namun admin rasa ini adalah informasi yang valid dan mudah-mudahan benar adanya. Karena sebenarnya admin Guru Madrasah sendiri belum mendapatkan surat edaran resmi dari Dirjen Pendis terkait jadwal upload Emis Online semester ini. Yang ada adalah surat tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017. Dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama hanya menyebutkan waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS yang dimulai semenjak dikeluarkannya surat pengantar tersebut dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017.

Adapun jadwal upload Emis di Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, diberlakukan berdasarkan wilayah provinsi (kanwil Kemenag) yang tentunya memperhitungkan jumlah RA dan Madrasah yang terdapat di setiap Provinsi.

Baca Juga : Aplikasi Emis Desktop Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Baca Juga : Juknis Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Pada jadwal upload emis online semster genap tahun Pelajaran 2016/2017 ini terdapat 4 kelompok provinsi dalam jadwal tersebut dimana masing-masing kelompok diberi waktu selama 5 hari untuk melakukan upload emis. Berikut ini adalah keempat kelompok dan waktu pelaksanaan jadwal upload emis tersebut selengkapnya adalah :

Kelompok I; 2 - 6 Maret 2017, meliputi Provinsi:
  1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  2. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
  3. Bali
  4. Nusa Tenggara Barat
  5. Nusa Tenggara Timur
  6. Kalimantan Barat
  7. Kalimantan Selatan
  8. Kalimantan Tengah
  9. Kalimantan Timur
  10. Kalimantan Utara
  11. Sulawesi Barat
  12. Sulawesi Selatan
  13. Sulawesi Tengah
  14. Sulawesi Tenggara
  15. Sulawesi Utara
  16. Gorontalo
  17. Papua
  18. Papua Barat
  19. Maluku
  20. Maluku Utara
Kelompok II; 7 - 11 Maret 2017, meliputi Provinsi:
  1. Jawa Tengah
  2. Banten
  3. Sumatera Selatan
  4. Bengkulu
  5. Sumatera Barat
Kelompok III; 12 - 16 Maret 2017, meliputi Provinsi:
  1. Jawa Barat
  2. Aceh
  3. Riau
  4. Lampung
  5. Sumatera Utara
  6. Jambi
Kelompok IV; 17 - 21 Maret 2017, meliputi Provinsi:
  1. Jawa Timur
  2. Bangka Belitung
  3. Kepulauan Riau
Demikian informasi mengenai jadwal upload emis online untuk semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya buat para operator emis dimanapun berada. Dan dengan adanya jadwal ini para operator bisa mempersiapkan sebaik mungkin data data emis untuk semester ini dan bisa upload sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Juknis Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
EMIS Pendis  atau singkatan dari Education Management Information System, Pendidikan Islam. merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. Dengan adanya sistem yang dikembangkan tersebut, sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan sekolahnya. Selama ini, sistem yang lama cukup merepotkan khususnya untuk mengetahui perkembangan terakhir dan data terkini yang di madrasah-madrasah di seluruh indonesia. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan akan lebih memudahkan di dalam menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Rekan guru madrasah dan khususnya kepada rekan operator emis dimanapun berada, seperti sudah dijelaskan di paragraf awal bahwa dalam penggarapan EMIS, dari awal pengentrian data pada Form Excel EMIS, pemback up-an database EMIS, sampai ke proses Upload online. Semua proses tersebut memerlukan proses dan aturan-aturan yang sangat harus dipatuhi, jika salah sedikit saja maka akan berakibat fatal pada proses selanjutnya, sehingga harus mengulang dari awal, dan itu memerlukan kesabaran dan ketelitian dari para operator emis.

Baca Juga : Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016/2017

Seperti pada pengalaman input data semester ganjil yang lalu, proses upload ternyata tidak cukup hanya sekali dua kali saja, tapi bisa lebih dari itu karena banyak perbaikan yang harus dilakukan demi validnya data yang diinput. Namun untuk semester kedua ini sepertinya tidak serumit proses upload data seperti semester ganjil yang lalu. Karena format excel yang ada mungkin tinggal penyermpurnaan saja.

Dan pada kesempatan kali ini, Guru Madrasah akan berbagi tentang juknis Update Emis untuk semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengunduhnya silakan bisa mengklik tautan link berikut ini :
Demikian informasi mengenai juknis update emis untuk semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga info ini bermanfaat, khususnya untuk para operator emis. Selamat bekerja...

contoh rencana kerja madrasah untuk MI
Rencana Kerja Madrasah dibuat untuk menyusun perencanaan Madrasah selama lima tahun kedepan. Untuk itu agar mutu Madrasah ada peningkatan, maka perlu membuat perencanaan yang baik. Rencana Kerja Madrasah dibuat berdasarkan Evaluasi Diri Madrasah untuk mengukur kinerja serta kemampuan Madrasah, khususnya Madrasah Ibtidaiyah. Demi suksesnya dalam membuat Rencana Kerja Madrasah maka harus melibatkan semua jabatan yang berkepentingan, seperti Ketua Yayasan, Komite Madrasah, Kepala Madrasah, dan Dewan Guru. Jika dirasa sangat perlu, gunakan juga Tokoh Masyarakat sekitar.

Tentunya dengan dibuatnya Rencana Kerja Madrasah ini akan sangat banyak manfa’at yang akan dirasakan yang antara lain diantaranya, Rencana Kerja Madrasah adalah sebagai tolak ukur keberhasilan Madrasah untuk mengimplementasikan berbagai macam program Madrasah. Selanjutnya Rencana Kerja Madrasah bisa dijadikan acuan demi mecapai target sasaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

Rencana Kerja Madrasah (RKM) sebagaimana Evaluasi Diri Madrasah sangat disarankan agar Madrasah setiap lima tahun sekali menyusunnya. Diharapkan dengan dibuatnya Rencana Kerja Madrasah khusus Madrasah Ibtidaiyah mencapai target pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan. Dengan begitu sasaran dan tujuan Madrasah bisa tercapai karena semua kegiatan dalam lima tahun kedepan telah direncanakan dalam Rencana Kerja Madrasah.

Dan untuk bapak/ibu guru madrasah khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI), pada kesempatan ini Guru Madasah akan berbagi file contoh rencana kerja madrasah secara lengkap. Adapun isi file tersebut adalah sebagai berikut :
  • Format Rencana Remedial Test.xls
  • Format Jurnal dan Presentasi Remedial Teaching.xls
  • Manajemen kelas mengguanakan aplikasi panitia.pptx
  • Model Dokumen 1 KTSP Madrasah Final.doc
  • Model RKM.doc
  • Model RKT.xls
  • Pedoman RKM.doc
  • Peraturan Akademik Madrasah.doc
  • Rencana Anggaran RKM.xls
Untuk memudahkan pengunduhan, bapak/ibu bisa mengunduhnya hanya dalam satu file saja, silakan klik tautan berikut :
Demikian info mengenai contoh Rencana Kerja Madrasah untuk MI. Semoga info ini bisa bermanfaat buat rekan guru Madrasah dimanapun berada..


juknis PIP untuk siswa madrasah 2017
Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program prioritas sebagai perwujudan komitmen pemerintah di bidang pendidikan dalam memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan pendidikan untuk semua (education for all). Hal ini sejalan dengan 9 agenda prioritas (nawa cita) pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan melakukan revolusi karakter bangsa.

Hak memperoleh pendidikan bagi seluruh seluruh warga negara merupakan hak dasar (fundamental right) manusia hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 31 ayat (2) “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”. Upaya pemerintah dalam hal memberikan kemudahan mengakses layanan pendidikan kepada masyarakat terus digulirkan diantaranya melalui pemberian bantuan kepada siswa dari keluarga tidak mampu. Terkait hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Agama melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa madrasah.

Baca Juga : Juknis dan Tools EDS/M dan RKS/M

Program Indonesia Pintar adalah program pemberian bantuan tunai kepada seluruh anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu. Penerima manfaat Program Indonesia Pintar mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai identitas/penanda dan diberikan kepada seluruh anak usia sekolah ( 6 s/d 21 tahun) dari keluarga kurang mampu penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Tujuan PIP :
Program Indonesia Pintar adalah salah satu program perlindungan sosial nasional (tercantum dalam RPJMN 2015-2019) yang bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah.
  2. Meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka
  3. putus sekolah dan angka melanjutkan.
  4. Menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok masyarakat, terutama
  5. antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk
  6. perempuan, antara wilayah perkotaan dan perdesaan, dan antar daerah.
Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Manfaat PIP :
Manfaat bantuan Program Indonesia Pintar digunakan untuk keperluan pendukung biaya pendidikan siswa yang meliputi:
a. Pembelian buku dan alat tulis;
b. Pembelian pakaian/seragam dan perlengkapan sekolah;
c. Pembayaran transportasi ke madrasah; dan
d. Keperluan lain yang berkaitan dengan pembelajaran siswa di madrasah.
Pihak madrasah ikut mengawasi penggunaan manfaat Program Indonesia Pintar sesuai peruntukannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai Juknis PIP untuk siswa madrasah dari Kementerian Agama ini, bapak/ibu guru madrasah bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut :

JUKNIS PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SISWA MADRASAH TAHUN 2017

Demikian informasi mengenai juknis PIP untuk siswa madrasah tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat

contoh surat perpanjangan akreditasiPerpanjangan masa akreditasi hanya diberikan waktu 1 tahun lamanya, misalnya sekolah tersebut terakreditasi di tahun 2010 berarti masa berlaku selesai pada tahun 2015.  Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk mengajukan permohonan untuk perpanjang 1 tahun karena itu melalui aturan, jika masa selesainya akreditasi dan lewat dari 2 tahun maka dengan sendirinya sekolah tersebut akan turun peringkat.

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian oleh pemerintah atau lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program sekolah melalui satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagai bentuk akuntabilitas publik yang penilaiannya dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan kompr
ehensif. Sebab itu, dalam menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Mengacu kepada hal tersebut diatas maka sekolah atau madrasah yang sudah habis masa aktifnya sebaiknya segera mengajukan diri untuk perpanjangan akreditasi agar sekolah atau madrasah bapak/ibu tidak turun peringkat nantinya.

Diawal tahun 2017 ini badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) telah mengeluarkan surat edaran tentang perpanjangan akreditasi dengan nomor surat 030/BAN-SM/LL/I/2017 tertanggal 31 Januari 2017. Surat ini ditujukan kepada seluruh Ketua Badan Akreditasi Propinsi Sekolah/madrasah (BAP-SM). Adapun isi surat tersebut adalah :
  1. Sekolah/Madrasah yang habis masa berlaku akreditasinya dan sudah mengajukan akreditasi ulang, dapat diberikan surat keterangan perpanjangan akreditasi oleh BAP-S/M. Data Sekolal/Madrasah atau prograrn keahlian yang diperpanjang masa berlakunya dikirimkan ke BAN-S/M sebagai basis data penetapan kuota dan sasaran akreditasi;
  2. Jika dalam masa satu tahun setelah mendapatkan surat keterangan akreditasi sekolah/madrasah atau program keahlian belum dapat diakreditasi ulang, maka sekolah/madrasah atau program keahlian tersebut dapat mengajukan perpanjangan untuk satu tahun berikutnya;
  3. Sekolah/Madrasah yang habis masa berlaku akreditasinya dan tidak mengajukan akreditasi ulang, dinyatakan tidak terakreditasi terhitung sejak masa berlaku akreditasinya berakhir;
  4. Sekolah/Madrasah atau program keahlian SMK yang sudah meluluskan dan belum terakreditasi, segera melakukan pendaftaraan untuk diakreditasi ke BAP-S/M.
Untuk mempermudah prosesnya, pada kesempatan ini Guru Madrasah akan berbagi contoh surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi yang dapat diunduh pada tautan link berikut :
Demikian info mengenai contoh surat untuk perpanjangan akreditasi. Semoga info ini bermanfaat, khususnya kepada sekolah/madrasah yang sedang membutuhkan untuk proses perpanjangan akreditasi.

master tools eds-rks
Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat dalam mendidik dan mengajar demi terwujudnya generasi yang berprestasi, sudah kita ketahui bersama bahwa Sekolah atau Madrasah sebagai suatu lembaga yang mempunyai satu tujuan atau lebih. Langkah mencapai tujuan tersebut, perlu disusun rencana, tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut agar apa yang menjadi visi dan misi bisa tercapai sesuai dengan target yang diinginkan oleh semua komponen dalam lembaga penididkan tersebut. Dan untuk mencapai visi dan misinya Sekolah/Madrasah menyusun perencanaan program dan kegiatan yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS) atau Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M).

Namun sayangnya kebanyakan Sekolah/Madrasah cenderung statis dan mulai bergerak setelah masalah muncul ke permukaan. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatan kinerja Sekolah/Madrasah atau untuk mengantisipasi perubahan dan tuntutan jaman. Pada umumnya Sekolah/Madrasah lebih mengutamakan pengembangan fisik, padahal pengembangan non fisik jauh lebih penting, karena salah satu tujuan utama Sekolah/Madrasah adalah menghasilkan anak didik yang bermutu.

Baca Juga : Juklak Program Indonesia Pintar (PIP) 2017

Sudah dijelaskan pada paragraf awal bahwa salah satu untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah atau Madrasah, salah satunya adalah dengan adanya perangkat RKS/M. Dan sebaiknya RKS/M ini dibuat bersama secara partisipatif antara pihak Sekolah/Madrasah (KS dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan seperti Komite Sekolah/Madrasah, tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, maka hal ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab dan rasa memiliki dari semua pihak terhadap perkembangan pendidikan di lembaga tersebut.

Dalam penyusunan RKS/M harus berdasarkan kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan manajemen berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) yang dirumuskan sebagai evaluasi diri Sekolah/Madrasah (EDS/M), dikaitkan dengan praktek dan peran kelembagaan yang memang sudah berjalan seperti: (1) Manajemen Sekolah/Madrasah (2)Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah (3) Akreditasi Sekolah/Madrasah (4) Implementasi SPM dan SNP dan (5) Peran Pengawas Sekolah/Madrasah

Untuk lebih lengkapnya mengenai bagaimana penyusunan RKS/M, RKAS/M dan EDS/M ini, silakan rekan guru madrasah bisa mendownload Juknis dan toolsnya pada link tautan berikut:
Demikian informasi mengenai juknis penggunaan Tools EDS dan RKS yang tentunya tiap sekolah atau madrasah harus memilikinya demi untuk meningkatkan kualitas sekolah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat...

instrumen akreditasi sekolah/madrasah terbaru
Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk menyelenggarakan program-programnya

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang. untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan., berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

BAN-S/M telah melakukan review dan revisi terhadap perangkat akreditasi sekolah. Review dan revisi tersebut dilakukan terhadap empat elemen akreditasi, yaitu: (1) Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, serta (4) Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi ini hanya dilakukan pada jenjang SMA/MA.

Review dan revisi perangkat akreditasi dilakukan karena beberapa alasan berikut: (1) adanya butir instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan, (2) adanya butir petunjuk teknis yang multitafsir, (3) adanya butir instrumen yang belum lengkap, serta (4) teknik penskoran maupun pemeringkatan hasil akreditasi jenjang SMA/MA yang belum dibedakan pembobotann maupun belum adanya pembulatan nilai akhirnya.

Download Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

Setiap sekolah atau madrasah yang akan melaksanakan akreditasi harus memiliki dan memahami perangkat akreditasi sekolah/madrasah. Perangkat akreditasi sekolah/madrasah digunakan sebagai pedoman dan instrumen penetapan kelayakan suatu sekolah. Dari perangkat akreditasi ini selanjutnya sekolah/madrasah dapat mempersiapkan bukti fisik yang dibutuhkan untuk setiap komponen atau setiap standar.

Dan untuk bapak/ibu guru madrasah yang kebetul akan mempersiapkan madrasahnya untuk akreditasi, silakan bisa mendownload perangkat akreditasi terbaru pada link berikut:
  • PerangkatAkreditasi Sekolah SD/MI - Download
  • PerangkatAkreditasi Sekolah SMP/MTs - Download
  • Perangkat Akreditasi SMA/MA - Downlaod
  • PerangkatAkreditasi SMK/MAK - Download
Demikian informasi mengenai perangkat akreditasi atau instrumen akreditasi sekolah/madrasah yang terbaru. Pastikan setiap sekolah/madrasah sudah memilikinya. Dan semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat madrasah-madrasah yang akan diakreditasi.

POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017
Berikut ini adalah informasi Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 dari BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) yang kami kutip dari laman resminya Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah di bansm.or.id. Adapun informasi lengkapnya mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) akreditasi sekolah/madrasah aladah sebagai berikut :

Penyelenggaraan akreditasi sekolah/madrasah yang bervariasi mengakibatkan perbedaan proses dan hasil sehingga tidak menggambarkan pencapaian standar yang objektif. Selain itu, diperlukan standar, mekanisme, dan proses akreditasi yang baku sehingga secara normatif dapat menjadi pedoman dalam sistem penyelenggaraan akreditasi bermutu guna menjamin pendidikan bermutu. Hal ini disampaikan Sekretaris BAN-S/M, Syamsir Alam, M.A., dalam Sesi II pada kegiatan Rakornas-I BAN-S/M dan BAP-S/M. POS Akreditasi ini diperlukan untuk memastikan proses dan hasil-hasil akreditasi yang bermutu sebagai panduan bagi pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan akreditasi.

Dalam tahapan pelaksanaannya, Syamsir Alam, M.A. menuturkan bahwa POS Akreditasi sekolah/madrasah ini disusun dan ditetapkan serta disosialisasikan oleh BAN-S/M sebagai lembaga yang bertugas untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan. Segera setelah itu, BAP-S/M akan mempelajarinya dan menindaklanjuti kebijakan dan prosedur yang diterbitkan oleh BAN-S/M tersebut. BAN-S/M, dalam tahapan terakhir akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap tahapan pelaksanaan POS.

Pada tahun 2017, tegasnya, Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/madrasah mengalami penyederhanaan dari 15 langkah menjadi 10 langkah. Adapun 10 langkah Mekanisme Akreditasi Sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:

Langkah ke-1: Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah

Langkah ke-2: Sosialisasi dan Penyampaian Perangkat Akreditasi

Langkah ke-3: Pengisian dan Pengiriman Instrumen Akreditasi

Langkah ke-4: Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah dan Penugasan Asesor

Langkah ke-5: Visitasi ke Sekolah/Madrasah

Langkah ke-6: Validasi Proses dan Hasil Visitasi

Langkah ke-2: Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi

Langkah ke-8: Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi

Langkah ke-9: Penerbitan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi      

Langkah ke-10: Sosialisasi Hasil Akreditasi

Demikian informasi mengenai 10 Langkah Prosedur Operasional Standar atau POS pelaksanaan akreditasi untuk Sekolah ataupun Madrasah Tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat, khusunya buat madrasah/sekolah yang pada tahun 2017 akan melaksanakan akrediatsi.


Administrasi Wali Kelas Lengkap Dalam Format Excel
Rekan guru madrasah dimanapun berada, pada postingan kali ini, blog Guru Madrasah sedikit mencoba berbagi aplikasi yang berhubungan dengan wali kelas. Karena sebenarnya wali kelas itu sama dengan wali siswa, atau orang tua siswa ketika di rumah. Bedanya wali kelas itu menjadi orang tua siswa ketika di sekolah. Tanggungjawabnya sama, mengayomi, mengarahkan siswa, dan memperhatikan siswa. Dari aktivitas mengarahkan, dan memperhatikan siswa tersebut nantinya ada report yang medeskripsikan masing-masing siswa. Mulai dari data nama, sampai ke nilai, wali kelas harus tahu persis siswanya. Untuk hal tersebut maka dibutuhkanlah yang namanya administrasi kelas, administrasi wali siswa.

Jelas, bahwa manajemen kelas sangat perlu untuk dipahami lebih dalam oleh guru secara umum, dan wali kelas yang ingin kita bicarakan dalam artikel ini. Seorang wali kelas harus tahu bentul apa itu manajemen kelas, berikut empat proses yang harus dilakukan oleh seorang manajer, leader, pemimpin yaitu memanfaatkan orang lain yang memiliki potensi untuk mencapai segala tujuannya. Tujuannya jelas, pengelolaan kelas yang baik, beserta target-target yang ingin dicapai.

Baca Juga ; Administrasi Guru Lengkap dan Terbaru untuk SD/MI

Administrasi wali kelas merupakan hal yang wajib dilaksanakan agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tertib administrasi. Dalam kesempatan ini admin akan share Administrasi Wali Kelas Lengkap Dalam Format Aplikasi Excel yang dapat digunakan untuk menghandle kelengkapan administrasi kelas pada umumnya.

Contoh program wali kelas ini dapat membantu melengkapi administrasi yang masih kurang yang terdapat di dalam kelas. Dan berikut ini beberapa administrasi wali kelas yang harus dipenuhi :
  1. Data Siswa
  2. Program Kerja
  3. Jadwal Pelajaran
  4. Jadwal Piket
  5. Struktur Kelas
  6. Denah Temat Duduk
  7. Inventaris Kelas
  8. Diagram Absen
  9. Jadwal Pelajaran
  10. Denah Tempat Duduk Siswa
  11. Leger Nilai
Baiklah buat rekan guru yang memerlukan aplikasi administrasi wali kelasnya bisa mendownload pada tautan berikut dengan gratis dan tanpa ribet :


Demikian mengenai administrasi wali kelas lenghkap dalam format excel yang bisa rekan guru madrasah download guna memperlancar dan mempermudah dalam memenej kelas dan anak didiknya. Semoga bermanfaat..


administrasi guru lengkap untuk sd/mi
Administrasi merupakan salah satu kebutuhan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran Guru di Sekolah. Administrasi berisi pencatatan berbagai perangkat yang mendukung dan digunakan sebagai penunjang teknis maupun non teknis dalam pembelajaran. Administrasi Guru banyak sekali jenisnya, sehingga bagi seorang Guru tentu akan membutuhkan banyak waktu jika harus membuat dokumen dan administrasi Guru secara keseluruhan dari awal pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal dalam tertib administrasi guru.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, pada kesempatan kali ini kami bagikan Conton Administrasi dan Dokumen Lengkap untuk Guru pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai bahan referensi sekaligus contoh Administrasi untuk pembuatan Tahun Pelajaran baru.

Buku atau format administrasi Guru ini kiranya cukup penting demi tatanan administrasi yang baik bagi seorang Guru, baik Guru Kelas,Guru Mapel atau Guru BK, secara garis besar administrasi guru ini berisikan hal apa yang biasa dilakukan seorang guru, namun karena bentuknya aplikasi atau format administrasi guru guna baiknya kualitas data dan fakta yang telah dilakukan dibukukan dengan administrasi ini.

Baca Juga : Aplikasi Buku Induk Siswa untuk SD/MI

Tentunya kita tak ingin terlupa apa yang telah kita lakukan sebagai guru, atau apa rencana yang bakal kita lakukan, dari kegiatan belajar mengajar, evaluasi, remedial hingga membuat soal dengan kisi-kisi dan menghasilkan kartu soal, ditambahkan pula analisis. Semoga dengan adanya administrasi guru untuk SD/MI ini bisa membantu apra rekan guru khususnya guru madrasah dalam penyusunan administrasi.

Dan bagi rekan guru yang memerlukan administrasi guru ini silakan bisa mendownloadnya pada tautan link berikut ini :

ADMINISTRASI GURU UNTUK SD/MI LENGKAP

Demikian mengenai administrasi guru untuk SD/MI yang sekiranya bisa membantu para guru dimanapun berada. Semoga artikel ini bisa bermanfaat..


MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget