2017-02-19

panduan bimbingan dan konseling
Bimbingan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup.

Manfaat Bimbingan dan Konseling bagi peserta didik adalah sebagai berikut :
  • Bimbingan konseling akan membuat diri kita merasa lebih baik, merasa lebih bahagia, tenang dan nyaman karena bimbingan konseling tersebut membantu kita untuk menerima setiap sisi yang ada di dalam diri kita.
  • Bimbingan konseling juga membantu menurunkan bahkan menghilangkan tingkat tingkat stress dan depresi yang kita alami karena kita dibantu untuk mencari sumber stress tersebut serta dibantu pula mencari cara penyelesaian terbaik dari permasalahan yang belum terselesaikan itu.
  • Bimbingan konseling membantu kita untuk dapat memahami dan menerima diri sendiri dan orang lain sehingga akan meningkatkan hubungan yang efektif dengan orang lain serta dapat berdamai dengan diri sendiri.
  • Perkembangan personal akan meningkat secara positif karena adanya bimbinga konseling.
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menerbitkan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling baik itu untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Panduan tersebut harus dijadikan acuan dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SD karena Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan bagian integral dalam layanan pendidikan.

Melalui Surat Kemendikbud Nomor 4681/B/KS/2017, Kemendikbud meminta semua sekolah mendownload buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK. Buku Panduan Bimbingan dan Konseling Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK (dalam satu file rar) dapat disini :

PANDUAN OPERASIONAL BK UNTUK SD, SMP DAN SMA

Demikian informasi mengenai panduan operasional bimbingan dna konseling untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat guru BK di sekolah atau madrasah.



juklak pip 2017
PIP diselenggarakan dalam rangka melaksanakan ketentuan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat Untuk Membangun Keluarga Produktif.

Program Indonesia Pintar, yang selanjutnya disebut PIP adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Kartu Indonesia Pintar, yang selanjutnya disebut KIP adalah kartu yang diberikan kepada anak dari keluarga pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai penanda/identitas untuk mendapatkan manfaat PIP. Dan Pemangku Kepentingan adalah pihak-pihak yang mempunyai komitmen dan kepentingan terhadap kemajuan pendidikan baik formal maupun non formal.

Baca Juga : Juknis Lomba Karya Ilmiah Siswa Madrasah
Baca Juga : Juknis BOS 2017

Tujuan PIP (Program Indonesia Pintar)

Tujuan PIP (Program Indonesia Pintar) adalah:
  1. Meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 (dua belas) Tahun;
  2. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi; dan
  3. Menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah/Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)/Lembaga Kursus Pelatihan (LKP)/satuan pendidikan nonformal lainnya dan Balai Latihan Kerja (BLK).

Prinsip Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

Prinsip Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di antaranya adalah :
  1. Efisien, yaitu harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang ada untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggung jawabkan;
  2. Efektif, yaitu harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan;
  3. Transparan, yaitu menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai PIP;
  4. Akuntabel, yaitu pelaksanaan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan;
  5. Kepatutan, yaitu penjabaran program/kegiatan harus dilaksanakan secara realistis dan proporsional; dan
  6. Manfaat, yaitu pelaksanaan program/kegiatan yang sejalan dengan prioritas nasional.

Sasaran PIP (Program Indonesia Pintar)

Sasaran PIP adalah anak berusia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Siswa/anak dari keluarga pemegang Kartu Perlindungan Sosial/Kartu Keluarga Sejahtera (KPS/KKS);
  2. Siswa/anak dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH);
  3. Siswa/anak yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari panti sosial/panti asuhan;
  4. Siswa/anak yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah;
  5. Siswa/anak yang terkena dampak ekonomi akibat bencana alam; atau
  6. Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin yang terancam putus sekolah.

Dan bagi rekan guru madrasah yang memerlukan Juklak PIP tahun 2017 ini silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link berikut ini :


Demikian mengenai download juknis PIP terbaru tahun 2017. Semoga info ini bisa bermanfaat, khususnya buat rekan guru madrasah yang memerlukannya..


syarat pbsb 2017
Kementerian Agama dalam memperluas kesempatan pendidikan bagi para santri di perguruan tinggi terus meningkat. Lewat Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kemenag menganggarkan Rp36miliar untuk membiayai Program Beasiswa Santri Berprestasi atau yang biasa disebut PBSB.

Rp36M tersebut dialokasikan untuk membiayai beasiswa bagi 1.138 santri yang masih berlangsung dan 250 lagi santri baru yang akan diterima di tahun in. Hal itu dikatakan Kasubdit Pendidikan Pesantren Direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kemenag Ainur Rofiq.

Program Beasiswa Santri Berprestasi untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2005.Semula hanya bermitra dengan dua pergurun tinggi yaitu IPB dan UIN Syarif Hidayatullah. Sampai dengan tahun 2013 menjadi 17perguruan tinggi, yaitu: IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,ITB Bandung, UPI Bandung, UGM Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, ITS Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya,UNAIR Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Mataram, Universitas Indonesia, Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Surya Serpong, dan Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Jakarta

Baca Juga : Beasiswa CIMSA 2017

Jadwal Pendaftaran:

Jadwal pendaftaran PBSB akan dibukapada bulan Maret sampai April

Syarat Pengajuan  :

Pondok Pesantren yang ingin mengusulkan santrinya untuk mengikuti seleksi wajib terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat, dibuktikan dengan telah memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dan telah terdata di kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

Syarat Pendaftaran:

  1. Santri yang bersekolah pada tingkat  Madrasah Aliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren; atau
  2. Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dan ijazah paket C pada tahun 2016  dan 2017 yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;
  3. Santri yang bersekolah pada tingkat akhir di  MA yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pondok Pesantren akan melakukan seleksi untuk menentukan santri untuk mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2017, dengan kriteria umum sebagai berikut:
  1. Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut;
  2. Berusia maksimal (per 1 Juli 2016):
  3. 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MA (lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya);
  4. 20 tahun untuk santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren(lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya).
  5. Memiliki prestasi akademik yang baik dan akhlaq yang terpuji, untuk kriteria khusus bisa kalian cek di website masing-masing universita.

Berkas Pengajuan Santri

Berkas pengajuan disusun dalam satu map, terpisah untuk masing-masing santri dengan ketentuan, yang terdiri dari:
  1. Printout Formulir Registrasi;
  2. Tanda Peserta Ujian CBT;
  3. Salinan KTP/Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/Surat Keterangan Lahir (minimal dikeluarkan oleh Pemerintah Desa/Kelurahan);
  4. Salinan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Paket C untuk santri pondok pesantren salafiyah dengan ijazah Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren atauSalinan Tanda Kelulusan yang dikeluarkan oleh pondok pesantren, untuk santri lulusan pesantren muadalah

Ketentuan warna map:

  • BIRU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPA
  • KUNING, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPS
  • HIJAU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi KEAGAMAAN

Materi seleksi :

  1. Tes Potensi Akademik (70 menit dengan 60 soal pilihan ganda). Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggidapat dievaluasi.
  2. Tes Kemampuan Bidang Studi (120 menit)
    • Materi MIPA untuk Bidang Pilihan Studi IPA, mencakup Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi
    • Materi IPS untuk Bidang Pilihan Studi IPS, mencakup Matematika IPS, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi
    • Materi Keagamaan untuk Bidang Pilihan Studi KEAGAMAAN mencakup Fiqih, Tafsir, Hadist, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam
  3. Tes Bahasa dan Kepesantrenan (60 menit). Bahasa Inggris 20 soal pilihan ganda, Bahasa Arab 20 soal pilihan ganda, Kepesantrenan 20 soal pilihan ganda.
  4. Wawancara (150 menit, 10 Juz). Test lisan/wawancara hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan untuk memastikan hafalan Al Qur’an adalah minimal 10 juz sebagai syarat masuk
Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa membuka website berikut ini:

pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Demikian informasi mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat khusunya buat adik-adik yang sekarang sedang duduk di kelas 12 Madrasah Aliyah yang dalam naungan Pondok Pesantren.

aplikasi unbk android 2017
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Tahun ini pelaksanaan UNBK semakin baik dengan perbaikan kekurangan-kekurangan yang ada. Bahkan akses UNBK semakin mudah dengan hadirnya aplikasi yang dapat di akses lewat android. Maka dari itu melalui postingan ini, Guru Madrasah mencoba berbagi link unduk aplikasi UNBK berbasis android. Silakan bisa langsung disimak dibawah ini.

Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP-SMA

1#. Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk SMP/MTs, yang terdiri atas 4 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi ini membutuhkan aplikasi pendukung lain seperti Adobe AIR, agar aplikasi ini berjalan dengan semestinya.
Aplikasi UNBK 2017 untuk SMP DOWNLOAD

2#. Aplikasi UNBK SMA IPA
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA/MA untuk program studi IPA/MIPA, yang terdiri atas 6 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMA IPA DOWNLOAD

3#. Aplikasi UNBK SMA IPS
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA/MA untuk program studi IPS, yang terdiri atas 6 mata pelajaran yaitu Ekonomi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Matematika IPS. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMA IPS DOWNLOAD

4#. Aplikasi UNBK SMK
Aplikasi Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMK/MAK untuk Kelompok Teknik, Kesehatan, dan Pertanian, yang terdiri atas 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Aplikasi ini berisi soal-soal latihan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Dengan demikian, Anda akan lebih terlatih untuk memahami soal-soal UN dan mengerjakan soal UN berbasis komputer.
Aplikasi UNBK SMK DOWNLOAD

Panduan Cara Download Apliaksi Play Store

Adapun cara mendownload aplikasi APK di google play atau play store, ada dua alternatif yang bisa digunakan, bisa langsung mendownloadnya menggunakan HP atau smartphone kamu. Cara ini bisanya lebih mudah bila dibandingkan cara mendownload menggunakan PC atau laptop. Namun, anda tak perlu hawatir kami akan mencoba membuat panduannya dengan lengkap agar bisa mempermudah anda dalam mendownload aplikasi ini, baik menggunakan HP maupun menggunakan PC atau laptop.

1. Cara Mendownload Aplikasi di Play Store Menggunakan HP

Untuk mendownload aplikasi APK di Play Store menggunakan HP sangatlah mudah, cukup  mudah.
  • Buka situs https://play.google.com
  • Kemudian mencari aplikasi yang kamu inginkan dan selanjutnya klik "Instal" pada aplikasi yang terpilih.
  • Tunggu hingga proses download selesai.
2. Cara Mendowload Apliaksi di Play Store Menggunakan PC
  1. Silahkan buka https://apkpure.com/app
  2. Kopi link apk yang ingin kamu download di Play Store, pada bagian atas aplikasi yang terbuka. Contoh link APK: https://play.google.com/store/apps/details?id=tryout.sun.smaipa2015&hl=en
  3. Pastekan pada kolom search untuk mencari aplikasi yang akan kamu download, kemudian tekan "Enter" atau klik "Search".
  4. Kemudian klik "Download APK"
  5. Kemudian tunggu hingga muncul apk yang akan kamu download, jika sudah mucncul klik "Oke"
Demikian mengenai aplikasi UNBK 2017 android untuk SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Semoga aplikasi ini bisa membantu adik-adik pelajar yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini khususnya buat yang sudah berbasis UNBK.


soal latihan un smp 2017Pada kesempatan kali ini Guru Madrasah akan berbagi berbagi informasi tentang prediksi "soal dan kunci jawaban siap Ujian Nasional/UN 2017. Dan perlu diingat bahwa ini adalah sekedar latihan dan bukan acuan untuk suksenya Ujian para peserta didik semua, namun ketika kita berusaha dan memiliki tekad yang kuat maka hasil positif pasti akan mengiringi langkah adik-adik semua khususnya dalam menghadapi ujian nanti. Dan tentunya untuk bisa sukses dalam mengerjakan UN 2017 nanti, sangat diperlukan usaha yang keras semisal semakin rajin belajar, memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal, dan bagian terpenting adalah perbanyak berdoa.

Baca Juga : Latihan Soal UN SMP/MTs 2017

Sebagai rasa peduli terhadap kemajua pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan madrasah, maka blog Guru Madrasah merasa berkewajiban untuk sekedar sedikit berbagi informasi seputar kumpulan soal latihanUjian Nasional 2016/2017. Pada dasarnya, soal-soal ini hampir sama dengan soal-soal pada UN sebelumnya. Tapi tidak ada salahnya jika rekan guru madrasah mencoba untuk membahasnya dengan peserta didik agar semakin memperkaya bentuk-bentuk soal yang ada.

Dan bagi rekan guru madrasah yang ingin memiliki soal -soal untuk latihan, langsung saja Anda mengunduhnya secara gratis pada tulisan Download, berikut link yang kami sajikan :
  • Bahasa Indonesia Versi A - Download
  • Bahasa Indonesia Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Versi A dan Versi B - Download
  • Bahasa Inggris Versi A - Download
  • Bahasa Inggris Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris Versi A dan Versi B - Download
  • IPA Versi A - Download
  • IPA Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal IPA Versi A dan Versi B - Download
  • Matematika Versi A - Download
  • Matematika Versi B - Download
  • Kunci Jawaban Soal Matematika Versi A dan Versi B - Download
Demikian info mengenai soal latihan Ujian Nasional 2017. Semoga dengan adanya soal ini bisa membantu para rekan guru madrasah untuk menjadi bahan latihan atau try out Ujian Nasional di madrasah masing-masing.


beasiswa cimsa 2017
Curtin Indonesian Muslim Students Association (CIMSA) merupakan organisasi mahasiswa pascasarjana muslim di Curtin University, Perth, Western Australia. Selain aktif dalam dinamika dakwah pendidikan Islam di Perth, CIMSA juga memiliki misi untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas generasi muda bangsa Indonesia melalui program “Beasiswa CIMSA”.

Beasiswa CIMSA adalah bantuan pendidikan bagi siswa-siswi Indonesia yang memiliki potensi akademik, namun kurang mampu secara ekonomi. Program ini telah berjalan sejak tahun 2015, dan didistribusikan ke lebih dari 100 siswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sebagai komitmen untuk terus mewujudkan visi tersebut, CIMSA kembali menyalurkan beasiswa di tahun 2017 ini.

Ketentuan umum Beasiswa CIMSA:
  1. Siswa/siswi SLTA/SMK/MA, SLTP/MTs, SD/MI.
  2. Prioritas diberikan kepada anak yatim/piatu/yatim-piatu dan dari keluarga kurang mampu.
  3. Berprestasi : nilai rata-rata raport minimum 7 dan/atau aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler/kompetisi/mengaji/memiliki hafalan Qur’an minimal 1 juz.
  4. Membutuhkan bantuan untuk biaya pendidikan (SPP, pembelian buku/seragam, kursus, biaya pondok, dan lain-lain).
  5. Beasiswa akan diberikan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, jika siswa/siswi memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu:
    • Nilai rata-rata raport semester terakhir harus sama/lebih baik daripada semester sebelumnya.
    • Tetap aktif dalam kegiatan diluar aktivitas akademik: ekstra kurikuler/kompetisi/menambah hafalan Qur’an.
    • Memanfaatkan dana beasiswa sesuai peruntukannya.
    • Jika syarat tersebut tidak dipenuhi, maka beasiswa hanya diberikan 1 kali dalam 1 tahun.
  6. Pengumuman tahap 1 : 13 Maret 2017 dan Pengumuman tahap 2: 15 Juli 2017
  7. Besaran beasiswa:
    • SLTA/SMK/MA : Rp 1,000,000/6 bulan
    • SLTP/MTs : Rp 750,000/6 bulan
    • SD/MI: Rp 500,000/6 bulan
Prosedur pengajuan Beasiswa CIMSA : 
  1. Mengisi Formulir Permohonan Beasiswa CIMSA beserta Surat Keterangan Sekolah secara lengkap (Formulir dan Surat Keterangan Sekolah dapat diunduh di sini).
  2. Menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang terdiri atas:
    • copy Kartu Keluarga
    • copy raport satu tahun terakhir. (Dokumen-dokumen pendukung ini disiapkan dalam bentuk soft-file format PDF agar bisa dikirim melalui email).
  3. Formulir yang telah diisi serta semua dokumen pendukung dikirim ke CIMSA melalui; email: mycimsa@gmail.com dengan judul/subyek email: Beasiswa CIMSA 2017(nama siswa-kota     asal), paling lambat 25 Februari 2017, pukul 22.00 WIB.
  4. Syarat pencairan tahap 2:
    • Mengirimkan dokumen berikut
    • Copy formulir pendaftaran (yang sudah dikirimkan sebelumnya).
    • Copy raport semester terakhir.
    • Bukti partisipasi dalam kegiatan di luar akademik, misalnya foto, sertifikat, surat keterangan dari guru/ustadz/penyelenggara aktivitas, dll.
    • Tanda terima penggunaan dana beasiswa di tahap 1, misalnya kwitansi/nota pembayaran yang ditandatangani oleh guru/ustadz yang bersangkutan, dll. melalui email mycimsa@gmail.com dengan subyek : Perpanjangan Beasiswa Cimsa 2017 (nama siswa-kota asal) paling lambat 25 Juni 2017, pukul 22.00 WIB.
Demikian mengani info beasiswa CIMSA 2017. Silakan bisa ikut menyebarkan kebaikan ini agar anak-anak yang kurang beruntung mengenyam pendidikan bisa merasakan kebahagiaan dengan pendidikan yang lebih baik.

Cara Menonaktifkan PTK Pada Layanan Simpatika
Kadangkala PTK di tiap madrasah mengalami perubahan karena berbagai alasan, enath itu mengundurkan diri, pensiun dan lain sebagainya. Sehingga operator madrasah harus segera memutasi atau menonaktifkan PTK yang bersangkutan agar tidak menjadi ganjalan dalam proses update simpatika selanjutnya. Dalam alur ini nantinya akan melibatkan Petugas di lokasi Madrasah/Sekolah maupun di lokasi Kantor Kemenag yang ingin menonaktifkan PTK dikarenakan PTK tersebut Pensiun, Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri, Duplikasi, Tidak Memenuhi Syarat dan lain-lain.

Baiklah rekan guru madrasah dan khusunya buat para operator simpatika dimanapun anda berada, pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba untuk menjelaskan bagamana proses mutasi PTK dari sekolah atau madrasah induk dengan alasan yang telah kami sebutkan diatas.

Untuk Non-Aktif PTK Guru, Pegawai, Kepala Madrasah/Sekolah :
  1. Petugas Madrasah/Sekolah mengajukan Non-Aktif PTK dengan login pada http://simpatika.kemenag.go.id/ dan mencetak surat SM04a untuk PTK Guru dan Pegawai atau SM04b untuk PTK Kepala Madrasah/Sekolah, dengan cara :
    • Masuk di Simpatika dengan login masing-masing operator
    • Klik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    • Selanjutnya klik PTK Non Aktif (sebelah kiri dasbord)
    • Klik Laporkan PTK Non Aktif
    • Pilih PTK yang akan di Non Aktifkan
    • Kemudian isi alasan penon aktifannya dan klik simpan
    • Selanjutnya cetak surat pengajuan penon aktifan atau SM04a bagi gutu atau SM04b bagi kepala madrasah
  2. Petugas Madrasah/Sekolah membawa surat pengajuan non-aktif PTK disertai syarat dokumen pendukung ke Petugas Kantor Kemenag
  3. Petugas Kantor Kemenag melakukan pemeriksaan berkas dan menyetujui non-aktif PTK
  4. Petugas Kantor Kemenag mencetak Surat Tanda Bukti Penonaktifan PTK (SM05)
  5. Untuk Non-Aktif PTK Pengawas Madrasah/Sekolah langsung dinon-aktifkan oleh Petugas Kantor Kemenag.
Berikut ini alur lengkapnya :

DIAGRAM 14 – ALUR PENGAJUAN PENONAKTIFAN PTK (Penerimaan Surat SM04a/SM04b)

diagram 14
Selanjutnya admin kemenag kabupaten akan melakukan verifikasi sebagai berikut :
  1. Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Kantor Kemenag setelah menerima Surat SM04a / SM04b dari Petugas Madrasah/Sekolah. Dan juga oleh Petugas di lokasi Kanwil Kemenag setelah menerima Surat SM04c dari Petugas Kantor Kemenag.
  2. Petugas memeriksa kelengkapan berkas pengajuan non-aktif, jika sudah sesuai petugas mencari data PTK menggunakan PegID atau NUPTK untuk melakukan persetujuan non-aktif PTK. Petugas mencetak Surat Tanda Bukti Penonaktifan PTK (SM05)
Untuk Non-Aktif PTK Pengawas Madrasah/Sekolah langsung dinon-aktifkan oleh Petugas Kantor Kemenag

DIAGRAM-15 ALUR PENERIMAAN PENGAJUAN PENONAKTIFAN PTK (SM05)


diagram 15
Demikan mengenai cara menonaktifkan PTK atau kepala Madrasah pada layanan simpatika kemenag. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk rekan guru madrasah.

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Revisi 2016
Silabus dan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembejaran adalah satu jenis perangkat yang paling sering membuat guru gelisah. Selain juga prota dan promes. Sementara untuk Silabus, buku siswa, prota, promes, kaldik biasanya sudah banyak disediakan dan tersebar di dunia maya. Bahkan untuk Kurikulum 2013, guru tidak perlu lagi memusingkan Silabus, karena itu memang sudah disediakan oleh negara.

Namun demikian untuk memudahkan para rekan guru madrasah menemukan Silabus dan RPP untuk mata pelajaran PAI maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba berbagi tentang Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Reguler dan Keagamaan Edisi Revisi 2016 lengkap mulai dari Kelas 10 sampai dengan kelas 12 Madrasah Aliyah. Semua file yang ada dalam Silabus ini dalam format Microsoft Word sehingga memudahkan rekan guru madrasah dalam penggunaan maupun untuk keperluan pengeditan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi rekan guru madrasah yang memerlukan dokumen silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah , kami sajikan dengan isi berikut :

Kelas 10
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus Ushul Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 11
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 12 Reguler
  • Silabus Al Qur'an Hadis
  • Silabus Akidah Akhlak
  • Silabus Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
Kelas 12 Keagamaan
  • Silabus Hadis dan Ilmu Hadis
  • Silabus Akhlak
  • Silabus Fikih Ushul Fikih
  • Silabus SKI
  • Silabus Bahasa Arab
  • Silabus Tafsir Keagamaan
  • Silabus Ilmu Kalam
Bagi rekan guru madrasah dimanapun berada yang kebetulan membutuhkan file ini, silahkan diunduh pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini secara gratis.

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 MA Edisi Revisi 2016

Itulah artikel menganai Slabus PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah atau MA yang sudah mengalami revisi di tahun 2016. Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan guru madrasah dimanapun Anda berada. Teruslah berkarya dan mengabdi demi terwujudnya generasi yang lebih baik. Salam madrasah..

Promes dan Prota Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013
Rekan guru madrasah yang senantiasa selalu semagat untuk mendidikan siswa/siswi madrasah, pada posting sebelumnya blog guru Madrasah sudah membagikan beberapa dokumen pendukung perangkat pembelajaran SD/MI khusus kurikulum 2013 seperti contoh kurikulum 2013 untuk SD/MI. Dan pada kesemaptan kali ini, kami mencoba untuk membagikan perangkat pembelajaran lainnya yaitu, promes dan prota Kurikulum 2013 edisi revisi atau yang terbaru.

Hal ini demi untuk membantu bapak/ibu guru rekan guru madrasah dalam mempermudah pengerjaan dan melengkapi perangkat pembelajaran untuk kurikulum 2013 agar para guru tidak perlu bersusah payah membuat perangkat pembelajaran yang terlihat rumit, tidak perlu mengetik panjang lebar yang memakan waktu yang lama karena penulis telah menyiapkan contoh dokumen perangkat pembelajaran Prota dan PromesKurikulum 2013 Revisi Untuk Kelas 1 SD/MI. Para rekan guru madrasah hanya perlu sedikit mengeditnya. Dengan demikian, para guru bisa mempelajari perangkat pembelajaran 2013 yang belum dipahami atau dimengerti sembari mengeditnya.

Buat rekan guru madrasah yang memerlukan contoh prota, promes dan KKM Kurikulum 2013. khusunya kelas 1, silakan bisa mendownloadnya melalui link download berikut ini :
  • Prota Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Pomes Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 - DOWNLOAD
  • Promes Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 - DOWNLOAD
Demikian artikel mengenai promes dan prota Kurikulum 2013 ini. Semoga dengan ini para guru masih bisa mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan hal yang lainnya karena tidak harus membuat perangkat pembelajaran dari nol lagi. Tetap semangat dan salam madrasah







madrasah boleh tarik dana dari masyarakat
Setelah beberapa waktu lalu dunia pendidikan dihebohkan dengan larangan pungutan liar atau pungli dan keluarnya peraturan mengenai pungli tersebut, maka untuk saat ini Kementerian Agama sudah mengeluarkan peraturan baru mengenai boleh tidaknya madrasah mengambil pungutan dari orang tua murid atau masyarakat.

Dan Kementerian Agama telah secara resmi menetapkan aturan baru yang memperbolehkan madrasah baik swasta maupun negeri menarik dana dari masyarakat maupun dari orang tua/wali murid. Sesuai yang disampaikan oleh sekretaris Direktur Jendral Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis) Kementerian Agama, Isom Yusqi, mengatakan madrasah boleh memungut dana dari masyarakat meski mendapat Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah.

Peraturan tersebut telah tertuang melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 66 Tahun 2016, Tujuan diperbolehkannya dana masyarakat yang masuk ke madrasah adalah dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan madrasah, diantaranya adalah untuk peningkatan akses, mutu, dan daya saing serta relevansi madrasah,

Melalui PMA yang ditandatangani Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pada 29 Desember 2016 ini, Sesditjen Pendis kembali menegaskan bahwa dana dari masyarakat tersebut harus dikelola oleh Komite Madrasah dan dipergunakan semuanya demi kepentingan pendidikan di madrasah yang bersangkutan.

Adapaun pembiayaan madrasah dari masyarakat harus fokus dipergunakan untuk:
  1. Menutupi kekurangan biaya pendidikan dari pemerintah
  2. Kegiatan peningkatan mutu pendidikan yang tidak dianggarkan pemerintahH
  3. Honor guru untuk kegiatan ekstra kurikuler
  4. Pembayaran guru honorer (Non-PNS)
  5. Pengadaan sarana dan prasarana
  6. Living cost murid berasrama
  7. Beasiswa murid berprestasi; dan 
  8. Menunjang peningkatan akses, mutu dan daya saing
Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu tentang hal-hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan terkait dengan penarikan dan pentasharufannya adalah sebagai berikut :
  1. Tidak dibebankan untuk wali murid yang tidak mampu. 
  2. Pembiayaan digunakan untuk tolok ukur penerimaan siswa baru, hasil belajar murid dan kelulusan. Digunakan untuk kesejahteraan komite dan lembaga/sekolah
Untuk lebih jelasnya mengenai peraturan tentang bolehnya sekolah atau madrasah menarik iuran dari masyarakat, silakan rekan guru madrasah bisa mengunduh tentang perubahan peraturan pada tautan lingk berikut ini :
Demikian info mengenai Kementerian Agama telah secara resmi menetapkan aturan baru yang memperbolehkan madrasah baik swasta maupun negeri menarik dana dari masyarakat maupun dari orang tua/wali murid. Semoga bermanfaat...

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget