2017-02-12

prediksi soal un smp/mts tahun 2017
Tidak terasa beberapa saat lagi siswa kelas 9 SMP/MTs akan menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017, yang tentunya harus sudah mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional 2016/2017 ini. Dengan harapan saat Ujian Nasional nanti bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah dan lancar dan tentunya dengan benar. Dan untuk membantu adik-adik kelas 9, maka pada kesempatan kali ini kami dari Guru Madrasah akan membantu anda yang sedang membutuhkan soal prediksi UN tahun 2017 ini sebagai latihan try out untuk memperkaya diri dengan kesiapan yang matang, soal-soal prediksi berikut semoga akan ada manfaatnya.

Soal-soal yang kami sajikan hanyalah sekedar prediksi belaka, selebihnya silakan adik-adik SMP/MTs bisa mencari referensi yang lebih banyak lagi mengenai prediksi Ujian NASional Tahun 2017 ini. Semakin banyak berlatih dalam mengerjakan soal Ujian maka akan semakin terasah kemampuannya untuk menghadapi Ujian Nasional 2017 yang akan datang.

Dan bagi rekan-rekan guru madrasah yang memerlukan prediksi Soal Ujian Nasional tahun Pelajaran 2016/2017 yang nantinyaakan diberikan kepada kelas 9 SMP/MTs, silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini :
  • Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2017 - DOWNLOAD
  • Pembahasan Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2017 - DOWNLAOD
Semoga artikel tentang prediksi soal UN SMP/MTs dan pembahasannya ini bisa bermanfaat, khusunya kepada rekan-rekan guru madrasah dan adik-adik kelas 9 SMP/MTs yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 ini. Selamat mengerjakan dan semoag sukses dalam ujiannya.

sumber : www.unsmp.com

Kemenag Alokasikan 14 Triliun Untuk Tunjangan Profesi Guru
Lebih dari 440ribu guru madrasah dan pendidikan agama Islam (PAI) pada sekolah yang sudah mengikuti program sertifikasi dan berhak mendapatkan tunjangan profesi. Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Kementerian Agama pada tahun 2017 ini telah mengalokasikan lebih dari Rp14 Triliun untuk membayar tunjangan profesi guru.

"Lebih dari Rp9,6 triliun kita alokasikan untuk membayar tunjangan profesi guru madarasah, baik PNS maupun bukan PNS. Adapun untuk guru PAI PNS dan bukan PNS, sudah dialokasikan tidak kurang dari Rp5,2 triliun," kata Kamaruddin Amin dalam kesempatan rapat Panitia Kerja (Panja) tentang Sertifikasi Guru dan Inpassing di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Jakarta, Selasa (07/02).

Baca Juga : Beasiswa S2 Bagi Guru Madrasah Dari Kemenag

Meski demikian, doktor lulusan Jerman ini mengaku bahwa alokasi anggaran yang tersedia belum sepenuhnya mencover kebutuhan anggaran pembayaran tunjangan profesi guru. Menurutnya, Kemenag masih membutuhkan anggaran tidak kurang dari Rp5,4 triliun untuk lima pos pembayaran. Kelima pos pemayaran itu adalah :
  1. Pembayaran tunjangan guru bukan PNS madrasah yang sudah inpassing terhutang sejak tahun 2016. Kebutuhan anggaran untuk pos ini, menurut Kamaruddin Amin sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan berikut dengan hasil review yang dilakukan Itjen Kemenag.
  2. Pembayaran tunjangan profesi guru madrasah dan PAI terhutang tahun 2014 dan 2015. Kebutuhan anggarannya lebih dari Rp1,48 triliuan. Kamaruddin optimis anggaran ini akan dialokasikan Kemenkeu karena datanya sudah diverifikasi melaluai audit sensus oleh BPKP.
  3. Pembayaran tunjangan guru bukan PNS belum diverifikasi Itjen. Jumlahnya mencapi 39.000. dengan total perkiraan kebutuhan anggaran Rp1,86 triliun.
  4. Guru PAI Bukan PNS Inpasssing yang sudah diverifikasi oleh Itjen. Jumlah gurunya sekitar 1.500 dengan kebutuhan anggaran lebih dari Rp50,16 miliar.
  5. Usulan tambahan pembayaran TPG madrasah dan PAI dari daerah untuk tahun anggaran 2017. Perkiraan kebutuhan anggarannya mencapai Rp863,91 miliar.
Menurutnya dari kelima item, yang memungkinkan untuk diupahkan agar bisa diberikan pada tahun ini adalah item pertama, kedua, keempat, dan kelima. Sedangkan untuk item ketiga masih diverifikasi,

Semoga artikel kami ini tentang Kemenag Siap Alokasikan 14 Triliun Untuk Tunjangan Profesi Guru dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya, khusunya rekan guru madrasah dimanapaun Anda berada.

Sumber: http://ceksini.info/c/tunjangankemenag 


contoh rpp kurikulum 2013 sd/mi
Salah satu upaya untuk mempersiapkan diri menghadapi kegiatan belajar mengajar adalah penyususnan RPP oleh masing -masing guru mata pelajaran. dan saat ini model-model RPP dapat kita dapatkan dengan mudah didunia maya. Di antara yang perlu diketahi oleh guru mengenai Kurikulum 13 adalah adanya perubahan dalam penyusunan RPP dan silabus. Di antara yang mengalami perubahan adalah kompetensi dan metode membuat penyusunan RPP. Khusus silabus, meskipun ada perubahan, guru tidak perlu repot karena Silabus Kurikulum 2013 dibuatkan oleh Kemdikbud.

Pada tingkat Sekolah Dasar baik itu SD ataupun MI, Kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran yang bersifat tematik intergratif. Dalam penggunaan metode ini maka materi yang dipelajari akan dikaitkan satu sama lain dengan pendekatan tema (tematik). Sehingga sistem mata pelajaran tidak lagi terasa. Pada setiap tingkatan kelas disediakan tema pada kisaran delapan tema yang harus diajarkan oleh guru.

Baca Juga : Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs

RPP Kurikulum 2013 mengandung hal-hal yang langsung berhubungan dengan aktivitas KBM dalam usaha pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Belum banyak pelatihan yang dilakukan oleh Kementrian Agama bagi guru-guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, termasuk dalam menyusun RPP yang sesuai Silabus Kurikulum 2013.

Dan bagi rekan-rekan guru SD atau MI yang memerlukan contoh penyusunan RPP Kurikulum 2013, silakan bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini:
  • Contoh RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Contoh RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
  • Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 - DOWNLOAD
Semoga contoh RPP SD/MI Kurikulum 2013 ini bermanfaat bagi rekan guru semua dimanapun Anda berada

surat pengantar pemutakhiran data emis semster genap 2016/2017
Semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan beberapa waktu yang lalu, dan tentunya para operator diharapkan segera melakukan pemutakhiran data EMIS untuk semester genap ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sebagai penyelenggara EMIS, baru-baru ini mengeluarkan Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Surat dengan nomor 531/DJ.I/Set.I/OT.01.01/02/2017 tertanggal 10 Februari 2017 ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Rektor UIN/IAIN, Ketua STAIN, dan Koordinator Kopertais Wilayah I-XIII di seluruh Indonesia. Sesuai dengan pokok surat, melalui surat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberitahukan bahwa akan dimulainya pemutakhiran data Pendidikan Islam periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui sistem pendataan EMIS.

Baca Juga : Aplikasi Desktop Emis Semster Genap 2016/2017

Beberapa point penting yang terdapat dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. M. Isom Yusqi, M.Ag tersebut antara lain:
  1. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan di bawah binaan Dirjen Pendis, yang meliputi:
    • Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Pengawas Madrasah.Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al Quran (LTQ), Pesantren penyelenggara Program Wajar Dikdas, Satuan pendidikan Diniyah Formal, dan Satuan Pendidikan Diniyah formal dan Satuan Pendidikan Muadalah.
    • Pendataan Guru PAI pada sekolah dan Pengawas PAI dibawah koordinasi bidang PAKIS/Pendis ditingkat Kanwil Kemenag Tingkat Propinsi.
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)
    • Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta(PTKIS)
  2. Setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, dan tenaga kependidikan di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, diwajibkan melakukan pemutakhiran data EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjet Pendis secara lengkap dan akurat.
  3. Setiap satuan  pendidikan (RA, MI, MTs, MA, Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, LPQ, Diniyah Formal, Muadalah, PTKIN, dan PTKIS), Guru PAIS, Pengawas PAIS, dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran dara EMIS, tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI. Sehingga secara otomatis tidak berhak untuk memperoleh pelayanan dalam bentuk apapun dari Ditjen Pendis. Hal ini secara otomatis berlaku bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya.
  4. Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan sejak 31 Maret 2017 namun tidak mendukung pencairan dan BOS Madrasah Triwulan I Tahun 2017. Namun tiap satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan updating data sebelum bulan Februari 2017 berakhir.
  5. Instrumen dan aplikasi pendataan EMIS Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017 dapat diunduh pada halaman web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm.
Untuk lebih jelasnya mengenai surat pengantar pemutakhiran data EMIS semster genap Tahun Pelajaran 2016/2017, rekan guru madrasah khususnya para operator Emis, dapat mengunduhnya melalui tautan link berikut ini :

SURAT PENGANTAR PEMUTAKHIRAN DATA EMIS SEMSTER GENAP 2016/2017

Demikian info mengenai surat pengantar pemutakhiran data Emis semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Semoga srtikel ini bermanfaat, khusunya buat para rekan operator Emis dimanapun Anda berada. Salam madrasah dan selamat berkerja.



Aplikasi Qur'an Kemenag Versi Android dan IOS
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah. saat ini sepertinya sudah banyak beredar aplikasi Al Quran, baik itu untuk Android, iOS, maupun web. Dan salah satu yang patut Anda miliki adalah aplikasi Quran Kemenag karena admin kira aplikasi ini adalah yang terbaik diantara aplikasi digital Quran lainnya. Lalu apakah aplikasi Qur'an Kemenag itu? Aplikasi Qur’an Kemenag merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dibuat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama Republik Indonesia. Dan bagi rekan-rekan guru madrasah, aplikasi ini tampaknya wajib ada dalam smartphone.

Selain dikeluarkan oleh lembaga resmi, yakni Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kemenag, aplikasi Quran Kemenag memiliki berbagai kelebihan dibanding aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Android, IOS, maupun PC (web). Diantara kelebihan dari aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital buatan Kementerian Agama ini antara lain:
  • Menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani
  • Tersedia dalam format Android, Web, dan IOS.
  • Tersedianya menu Download Semua Halaman, sehingga dapat digunakan secara offline
  • Layar aplikasi tidak mati sehingga memudahkan saat membaca (tadarus)
  • Menu pencarian yang mudah berdasarkan kata, halaman, juz, ataupun surah
  • Dilengkapi teks terjemah, teks tafsir, suara murottal, penanda baca terakhir
  • Tafsir terdiri atas dua varian yakni tafsir ringkas dan tahlili
  • Suara murattal oleh Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.
  • Bisa melakukan share teks Al-Quran, terjemah, maupun tafsir dengan mudah ke facebook, twitter, whatsapp, email, dan message.
  • Bisa menyalin (copy) ayat Al Quran dengan mudah.
Apliaksi ini tersedia dalam versi web, Android, dan IOS. Untuk mengakses dan mendownload aplikasisi Quran Kemenag kunjungi:
Demikianlah aplikasi Quran Kemenag yang sudah selayaknya ada dalam setiap smartphone milik guru-guru madrasah. Semoga aplikasi ini bermanfaat buat rekan guru semua.


silabus PAI dan bahasa arab kelas VII K13
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan amdrasah, sudah kita ketahui bersama bahwa dari sekian banyak perangkat pembelajaran yang ada, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembejaran adalah satu jenis perangkat yang paling sering membuat guru gelisah. Selain juga prota dan promes. Sementara untuk Silabus, buku siswa, prota, promes, kaldik biasanya sudah banyak disediakan dan tersebar di dunia maya. Bahkan untuk Kurikulum 2013, guru tidak perlu lagi memusingkan Silabus, karena itu memang sudah disediakan oleh negara.

Namun demikian untuk memudahkan para rekan guru madrasah menemukan Silabus dan RPP untuk mata pelajaran PAI maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba berbagi RPP dan Silabus untuk mata pelajaran PAI khusus kelas VII saja. Setelah sebelumnya kami sudah membagikan Silabus dan RPP mata pelajaran umum. Semoga ini bisa membantu para rekan guru madrasah dalam menyusun program pengajaran.

RPP PAI MTs Kurikulum 2013 Kelas VII Terbaru ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

Baiklah buat guru rekan madrasah yang memerlukan RPP dan silabus mata pelajaran PAI silakan bisa mengklik tautan berikut ini :
  • RPP Akidah Akhlak Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Al-Qur’an Hadist Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Fiqih Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP SKI Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
  • RPP Bahasa Arab Kelas VII Kurikulum 2013 - Download
Untuk silabus dari mata pelajaran diatas, silakan bisa mendownloadnya pada tauan berikut :

DOWNLOAD SILABUS BAHASA ARAB DAN PAI MTs KELAS VII

Demikian tadi mengenai Silabus dan RPP untuk mata pelajaran bahasa arab dan PAI untuk MTs kelas VII. Besar harapan kami postingan ini bisa bermanfaat buat rekan guru mdrasah dimanapun berada.



contoh rpp dan silabus kurikulum 2013 smp-mts
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah yang senantiasa terus semangat mengabdikan untuk pendidikan madrasah, sebagai seorang guru tentunya sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yah itulah RPP. Namun tidak ada salahnya jika blog Guru Madrasah sebelum membagikan contoh-contoh RPP,ada baiknya menjelaskan sedikit apa itu RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

RPP harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas
dalam mendampingi  peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Soal UTs dan UAS Otomatis

Rekan guru dimanapun berada, kali ini Guru Madrasah[dot]com akan mencoba berbagi contoh RPP Kurikulum 2013 untuk beberapa mata pelajaran, namun untuk MTs/SMP. Jika RPP Kurikulum 2013 SD/MI yang ada perubahan dan bersifat tematik, maka pada Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 juga terdapat perbedaan. Dan perubahan ini diharapkan berdampak pada efektif dan efisiennya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Berikut ini adalah link download Contoh RPP MTS/SMP Kurikulum 2013 yang dapat rekan guru madrasah download sebagai bahan alternatif pembuatan RPP :
Dan untuk silabus materi-materi diatas bisa rekan guru madrasah download pada tautan berikut ini :
Walaupun Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang tersaji dalam posting ini tidak untuk keseluruhan mata pelajaran dan kelas karena tidak adanya materi-materi PAI,namun setidaknya bisa menjadi gambaran penyusunan RPP untuk materi pelajaran yang lainnya tinggal merubah dan memodifikasi sesuai dengan mata pelajarannya sesuai dengan sistematika dan konten atau isi RPP. Sehingga akan membantu mempermudah rekan-rekan guru madrasah untuk menyusun RPP.

Demikian Contoh RPP MTs/SMP Kurikulum 2013 yang dapat Guru Madrasah bagikan kepada rekan guru sekalian, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat.


contoh sk pembagian tugas mengajar guru madrasah
Guru Madrasah | Setiap awal tahun pelajaran tentunya hal yang perlu di lakukan oleh tiap madrasah adalah menrbitkan Surat Keputusan atau SK, baik SK untuk pembagian tugas ataupun SK untuk pembagian tugas mengajar. Karena SK Pembagian Tugas Mengajar merupakan salah satu administrasi dasar dalam pelaksanaan tugas guru dalam proses belajar mengajar dan tenaga kependidikan lainnya. Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang Pembagian Tugas Guru dalam Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan, dan Ekstrakurikuler ini tentunya tiap madrasah berbeda formatnya, sehingga MI, MTs atau MA yang ragu dan kebingungan mencari contoh SK Pembagian Tugas Mengajar yang benar.

Salah satu hal dalam pembuatan SK yang sering kali membingungkan adalah penulisan konsideran. Konsideran sendiri merupakan uraian singkat yang memuat pokok-pokok pikiran yang menjadi latar belakang dan alasan pembuatan Peraturan Perundang-undangan yang memuat unsur filosofis, yuridis, dan sosiologis. Salah satunya adalah tentang peraturan perundang-undangan yang melatar belakangi (mendasari) sebuah peraturan yang akan ditetapkan. Sehingga konsideren SK pada madrasah harus dibedakan dengan konsideren pada SK pada sekolah umum lainnya.

Dan melalui artikel ini Guru Madrasah mencoba me-reshare contoh Surat Keputusan Kepala Madrasah tentang Pembagian Tugas Guru dalam kegiatan Pembelajaran, Bimbingan, dan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah dalam format microsoft word (doc). karena SK Pembagian Tugas Mengajar ini diperuntukkan bagi jenjang Madrasah Ibtidaiyah, maka konsideran yang digunakanpun disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku terhadap Madrasah Ibtidaiyah.

Jika bapak/ibu guru madrasah ada pada jenjang MTs atau MA, silakan bisa disesuaikan kembali konsiderennya sesuai dengan keperluan. Untuk contoh suratnya bisa bapak/ibu rekan guru madrasah bisa mendownloadnya melalui tautan link dibawah ini :

CONTOH SK PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR GURU MADRASAH

Demikian artikel mengenai contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru di Madrasah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi rekan guru madrasah yang masih kebingungan mencari format SK Pembagian Tugas Mengajar. Selamat beraktifitas dan salam madrasah...

sertifikasi guru kemenag 2017
Guru Madrasah | Rekan guru madrasah dimanapun berada, sertifikasi guru tahun 2017 Kemenag (Kementerian Agama) akan segera dibuka dengan beberapa persyaratan baru yang mungkin yang Anda ketahui setelah membaca beberapa informasi dibawah. Syarat peserta sertifikasi guru Kemenag tahun 2017 kemungkinan tetap sama pada tahun sebelumnya, hanya mekanisme saja yang berbeda.

Untuk mendaftar menjadi peserta sertifikasi, pastinya Anda sebagai guru di lingkungan Kemenag sudah mengetahui jauh-jauh hari sebelumnya apa itu persyaratanya. Adapun mungkin info sertifikasi guru Kemenag terbaru belum Anda ketahui. Oleh sebab itu, untuk mencari lebih jauh sampai dimana proses pelaksanaan sertifikasi guru Kemenag silakan ikuti perkembangannya di website resminya.

Dan untuk mempermudah dan membantu rekan guru madrasah, berikut ini adalah syarat yang akan Anda penuhi nanti apabila menjadi calon peserta sertifikasi guru Kemenag tahun 2017 :
  • Bagi Guru PAI yang telah mendaftar sertifikasi tahun 2016 wajib untuk mengupdate/mendaftar kembali sesuai dengan Persyaratan yang berlaku (terlampir);
  • Mengisi Formulir daftar nama Calon peserta sertifikasi guru PAI tahun 2016 Format (A1)Terlampir;
  • Mengisi formulir Program Microsoft Office Excel (Format Terlampir) , dan di masukan ke Flash Disk/CD;
  • Foto Copy KTP;
  • Foto Copy Ijazah terakhir dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  • Foto Copy Print Out NUPTK;
  • Surat pernyataan dibuat sendiri ber-materai 6.000 dan diketahui oleh Kepala Sekolah (Format terlampir);
  • Foto Copy Izin Operasional Sekolah / Pendirian Sekolah;
  • Foto Copy SK Pengangkatan Pertama sebagai GURU TETAP PAI (NON PNS) / SK CPNS, sampai dengan SK terakhir, yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (SECARA TERUS MENERUS SETIAP TAHUN);
  • Foto Copy SK Pembagian Tugas beserta lampirannya/ jadwal Pelajaran tahun 2015/2016 yang telah dilegalisir;
  • Bagi Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik mata pelajaran lain, harus melampirkan fotocopy sertifikat pendidik dan NRGnya;
  • Persyaratan di atas dibuat 2 (dua) rangkap, masing-masing dimasukkan ke dalam map biola snelhekter, untuk Kemenag warna Hijau, Diknas Warna Kuning dan Non PNS warna Merah;
  • Semua berkas yang telah lengkap diserahkan langsung ke panitia dinas masing-masing.
Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan menhenai syarat sertifikasi guru di lingkungan kemenag tahun 2017. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru madrasah dan juga rekan-rekan tenaga pendidik lainnya.

sumber : suarapgri.com, infopgri.tk


boiun 2017
Guru Madrasah | Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2017 sebentar lagi akan di gelar, baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Sebelum Pelaksanaan UN tersebut dilakukan pendaftaran dan pendataan Calon peserta UN yang nantinya akan ditetapkan m enjadi peserta UN tahun 2017. Calon peserta UN merupakan siswa kelas akhir di masing – masing tingkat dan berpacu pada data yang ada di dapodik. Selain itu verifikasi peserta UN juga dilakukan melalui aplikasi BIO UN 2017.

Petunjuk teknis penggunaan BIOUN Tahun 2017

Sambil menunggu kelanjutan kebijakan Ujian Nasional, kami sampaikan bahwa pendataan calon peserta ujian sudah bisa dilaksanakan.

Calon peserta Ujian ini sebagai laporan secara online dari tiap sekolah dan natinya dapat digunakan sebagai dasar penomoran ujian sekolah / madrasah. Berikut ini penggunaan BIOUN Tahun 2017 yang datanya bisa diambil dari verval capesun EMIS :
  1. Siapkan file capesun (downlod di vervalun)
  2. Siapkan aplikasi BIOUN
  3. Buka BIOUN 
  4. Kopi file Capesun, Pilih 30-06, buka Polder Emis, paste
  5. Log in Biodata, Userid :admin, Password : admin
  6. Pilih export/import-pilih kabupaten-pilih madrasah
  7. Klik DAPODIK/EMIS (secara otomatis file capesun akan muncul)
  8. Klik file capesun
  9. Pilih proses
  10. Kalo berhasil klik siswa
  11. Maka bio-un akan terisi otomatis. Selamat mencoba
Untuk lebih mudahnya silakan bisa dapatkan BIOUN di link berikut ini :
Demikian info mengenai BIOUN untuk Tahun 2017. Semoga bermanfaat dan salam madrasah


aplikasi pembuat jadwal otomatis
Guru Madrasah | Rekan-rekan guru madrasah yang semoga selalu semangat menyebar kebaikan, sudah menjadi maklum bahwa setiap awal semester pekerjaan rutin yang selalu dilakukan dan cukup membuat kepala pusing salah satunya adalah membuat jadwal pembagian tugas atau jadwal pelajaran. Dalam pembuatan jadwal pelajaran atau roaster, nah yang menjadi kendala adalah kadang kala dalam membuat jadwal ini sering terjadi bentrok, hal ini dikarenakan banyak hal misalnya jumlah rombel yang banyak, guru yang tidak hanya mengajar pada satu satuan pendidikan dan atau hal lainnya yang sifatnya berbeda-beda di tiap satuan pendidikan. Tak heran jika dalam pembuatan jadwal memerlukan waktu yang tidak sebentar bahkan kadang harus direvisi berulang kali sehingga jadwal pelajaran benar-benar jadi dan siap untuk diterbitkan.

Mengingat hal tersebut, maka pada postingan kali ini Guru Madrasah mencoba men-share kembali sebuah aplikasi pembuat jadwal otomatis sehingga resiko bentrok jadwal akan bisa dihindari. Dengan aplikasi pembuat pelajaran anti bentrok ini, akan lebih mempermudah pembuatan jadwal pelajaran baik itu untuk SD, SMP maupun SMA. Aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis ini berbasis excel sehingga memudahkan dalam proses penyesuaian dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing.
Aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis dengan excel ini sangat mudah digunakan dan tentunya tidak akan terjadi bentrok pembagian jam di tiap kelas atau roaster.

Aplikasi Jadwal Pelajaran otomatis dengan excel ini dilengkapi daftar mata pelajaran serta nama guru yang mengampu setiap mata pelajaran tersebut dan tentunya dapat di edit dan disesuaikan dengan sekolah masisng-masing sehingga aplikasi ini juga bisa digunakan baik SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA dan yang sederajat. Selain itu juga terdapat rekapitulasi jumlah jam mengajar atau JJM untuk setiap guru dan jumlah jam mengajar tiap kelas. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dalam penyusunan jadwal pelajaran di sekolah bapak / ibu.

Buat rekan-rekan guru madrasah yang ingin mencoba aplikasi ini silahkan di unduh pada tautan di bawah ini :
Itulah aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran terbaru yang dapat Guru Madrasah berikan. Semoga dengan jadwal ini para guru khususnya bapak/ibu guru madrasah bisa terbantu dengan aplikasi ini.

MKRdezign

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget